Gaya Hidup

Ingin Memulai Usaha di Tahun Baru 2024? Yuk, Simak Tips Berikut!

Minggu, 31 Desember 2023 - 04:29 | 52.29k
Ilustrasi - Memulai usaha di tahun baru. (FOTO: ifahto)
Ilustrasi - Memulai usaha di tahun baru. (FOTO: ifahto)

TIMESINDONESIA, JAKARTATahun baru, semangat baru! Keinginan memiliki usaha sendiri tentu saja menjadi impian banyak orang. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan usaha yang besar pula.

Hal ini yang membuat orang-orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha. Sebelum tahun 2023 berakhir, yuk simak tips memulai usaha yang bisa kamu terapkan untuk membakar semangatmu dalam memulai usaha sendiri di tahun 2024! 

1. Jeli Melihat Peluang

Saat memulai usaha sendiri, kamu harus jeli mengamati tren serta kebutuhan yang sedang berlangsung di masyarakat.

Mudahnya, kamu bisa memulai dengan mengamati dari apa yang dibutuhkan dari masyarakat di lingkungan sekitarmu. Misalnya, di saat pandemi ini, kebutuhan rumah tangga dan makanan yang masih cukup ramai digemari oleh masyarakat. 

Selain itu, tawarkanlah produk yang unik serta berkualitas terlebih dengan harga yang terjangkau. Dengan ini, produkmu akan lebih diminati oleh konsumen. 

2. Fokus pada satu jenis usaha

Jangan terburu-buru ingin menambah keuntungan! Ketika kamu sudah menemukan model usaha yang akan kamu kembangkan, lebih baik untuk kamu fokus pada usaha tersebut dan membesarkannya daripada tergiur keuntungan semata dengan memulai banyak usaha.

Memulai banyak usaha pada saat yang bersamaan dapat membuat perhatianmu terpecah yang berakibat pada hasil yang tidak maksimal. 

3. Kelola keuangan dengan baik

Memulai bisnis sendiri tidaklah mudah, apalagi jika sudah berurusan dengan uang. Meskipun dimulai dengan modal, bahan baku dan produksi yang masih sedikit, kamu sudah harus belajar untuk mengelola keuangan dengan baik.

Pengelolaan keuangan yang sejak awal telah dilakukan secara baik nantinya akan mempermudah dalam mengembangkan bisnismu kedepannya. 

4. Manfaatkan smartphone-mu!

Pandemi yang terjadi mengajarkan kita bahwa segala aktivitas dapat dilakukan dengan di rumah saja, termasuk juga dengan memasarkan produk usahamu.

Melalui smartphone, kamu bisa memasarkan produkmu dengan mengunggahnya di postingan media sosial ataupun mendaftar pada marketplace yang tersedia saat ini.

Hal ini dapat membantu memperluas jangkauan produkmu dan meningkatkan penghasilan melalui beragam fitur yang tersedia. 

5. Jangan takut gagal

Kegagalan memang seringkali menghantui saat memutuskan untuk memulai usaha sendiri.

Hal ini bisa diatasi dengan membentuk pola pikir yang positif dan mengubahnya menjadi kegagalan merupakan hal yang biasa. Dengan begitu, kamu akan dapat selalu bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut. 

Jadi, sudah siap memulai bisnis di tahun baru? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES