Gaya Hidup

Tips Aman Berkendara saat Cuaca Hujan

Minggu, 07 Januari 2024 - 00:39 | 33.63k
Ilustrasi - Berkendara pada saat hujan. (FOTO: pusatkrisis.kemkes.go.id)
Ilustrasi - Berkendara pada saat hujan. (FOTO: pusatkrisis.kemkes.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cuaca hujan dapat menjadi tantangan bagi para pengemudi di seluruh dunia. Ketika hujan turun, risiko kecelakaan dan kesulitan dalam berkendara meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk memahami strategi berkendara yang aman dalam cuaca hujan.

Berikut ini beberapa tips aman berkendara saat cuaca hujan yang dikutip dari Auto2000 yang dapat membantu Anda menghadapi tantangan tersebut:

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin Kendaraan

Penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa seluruh sistem kendaraan berada dalam kondisi baik. Melakukan servis berkala di bengkel resmi dapat membantu menjaga kehandalan kendaraan Anda di jalan raya, terlepas dari kondisi cuaca yang sedang terjadi.

2. Hindari Manuver Tiba-tiba

Ketika hujan turun, hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat karena permukaan jalan menjadi licin. Mengemudi dengan perlahan akan memberikan lebih banyak waktu untuk merespons situasi darurat dan mencegah kehilangan kendali.

3. Gunakan Lampu Kendaraan dengan Bijak

Di bawah kondisi hujan, pastikan untuk menggunakan lampu kendaraan dengan tepat agar visibilitas Anda dan kendaraan Anda tetap jelas di jalan. Hal ini juga membantu kendaraan Anda lebih terlihat oleh pengemudi lain.

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Jaga jarak aman dengan kendaraan lain di jalan. Memiliki jarak aman dapat memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat, membantu mencegah kecelakaan.

5. Hindari Daerah Genangan Air

Hujan dapat menyebabkan terbentuknya genangan air di beberapa bagian jalan. Hindarilah daerah-daerah tersebut karena dapat mengancam keselamatan Anda. Jika memang harus melintasi genangan air, lakukan dengan kecepatan rendah untuk menjaga kendali kendaraan Anda.

6. Waspadai Aquaplaning

Aquaplaning terjadi ketika lapisan air di atas jalan membuat ban kehilangan cengkeraman dengan permukaan jalan. Untuk menghindari risiko ini, pastikan untuk mengendarai dalam kecepatan rendah dan memastikan ban kendaraan dalam kondisi baik.

7. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Selalu ingat untuk menggunakan sabuk pengaman terlepas dari kondisi cuaca. Sabuk pengaman adalah salah satu perlindungan terbaik dalam mengurangi cedera serius akibat kecelakaan.

Dengan memperhatikan dan menerapkan tips ini, Anda dapat meningkatkan keselamatan Anda dalam berkendara saat cuaca hujan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES