Gaya Hidup

Garut, Terkenal di Indonesia tapi Aslinya Berasal dari Amerika

Senin, 29 Januari 2024 - 05:40 | 38.25k
Garut saat baru dipanen dari dalam tanah. (Foto: Atlas Obscura)
Garut saat baru dipanen dari dalam tanah. (Foto: Atlas Obscura)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGarut, atau yang lebih dikenal sebagai ararut di Indonesia, ternyata memiliki sejarah yang panjang dan asal-usul yang mengejutkan. Tanaman hutan hujan ini, yang memiliki rimpang yang dapat dimakan, telah dibudidayakan di Amerika Selatan dan Karibia selama 7.000 tahun lamanya.

Beberapa sumber menyatakan bahwa nama ararut atau arrowroot (dalam bahasa Inggris) berasal dari istilah asli Arawak, yaitu aru-aru, yang berarti makanan. Namun kebenarannya masih menjadi pertanyaan karena versi lain dari sejarah penamaannya juga muncul saat dilakukan pencarian di beberapa website. 

Sejarah Singkat Garut

Namun dilansir dari Atlas Obscura, tanamnan yang memiliki nama latin Maranta arundinacea tersebut mulai dibudidayakan secara besar-besaran di daerah tropis Amerika pada abad ke-19. Hal ini ditemukan dari sebuah buku masak Amerika abad ke-19 mencantumkan resep-resep untuk puding susu dan blancmanges.

Kedua masakan tersebut mengandung tepung garut. Diketahui tepung garut memiliki cara kerja yang mirip dengan tepung jagung. Tepung ini akan memberikan kekentalan jika ditambahkan pada sayur kuah atau makanan.

Sejak itu, popularitas tanaman ini sebagai sumber pati membuat tanaman lain diberi nama umum yang sama. Jika itu adalah akar yang digunakan untuk menghasilkan pati, mungkin seseorang pada suatu saat telah menyebutnya sebagai arrowroot.

Bahan Makanan

Selain sebagai sumber pati, garut memiliki banyak potensi dalam dunia kuliner. Di Indonesia, garut dahulu dijadikan sumber makanan pengganti makanan pokok. Akarnya yang awet dan tahan lama bisa bertahan saat musim panas tiba tanpa harus mendapatkan perawatan khusus.  

Para pejuang jaman dulu akan memanen garut yang bisa mereka temukan di pinggir sungai atau ladang sebagai dan memakannya mentah-mentah atau sekedar merebusnya untuk beberapa menit.

Namun Selain itu, garut juga dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan tepung maizena, yang umum digunakan sebagai pengental dalam berbagai masakan dan kue. Kandungan nutrisi dari garut membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memperkaya variasi kuliner, baik dalam bentuk kudapan tradisional maupun inovasi kuliner modern.

Produknya Menyebar di Berbagai Negara

Ararut, arrowroot, atau garut memiliki keluarga sejenis yang hampir sama dan tumbuh di beberapa negara di Amerika. Tanaman ini juga lazim ditemukan di Brazil, China, dan Jepang. Bentuknya pun berbeda-beda di setia negara.

Bahkan beberapa perusahaan internasional sudah menjadikan tanaman ini sebagai bahan utama produk mereka. Meskipun bentuknya berbeda namun sifatnya hampir sama saat digunakan memask atau juga bisa dijadikan sebagai cadangan bahan makanan pengganti. 

Sebagai bahan pangan yang telah diakui di Indonesia, pengetahuan mengenai asal-usul garut ini memberikan wawasan yang menarik tentang bagaimana tanaman yang berasal dari Amerika dapat menjadi bagian integral dari budaya kuliner di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES