Gaya Hidup TIMES Ramadan

Bekerja Seharian? Ini Tips agar Tidak Cepat Haus Saat Berpuasa

Jumat, 15 Maret 2024 - 12:14 | 20.52k
Haus saat berpuasa ketika bekerja. (Foto: freepik)
Haus saat berpuasa ketika bekerja. (Foto: freepik)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Bagi sebagian besar umat Islam yang berpuasa, menjalani aktivitas sehari-hari dengan menjaga kestabilan fisik dan kesehatan menjadi prioritas utama. Salah satu tantangan yang mungkin dihadapi adalah menjaga agar tidak cepat merasa haus, terutama bagi mereka yang bekerja seharian.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tetap segar dan tidak cepat merasa haus selama berpuasa:

1. Konsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Saat berbuka puasa, pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta serat untuk menjaga energi dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jangan lupa untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Hindari makanan dan minuman yang berisiko dehidrasi

Hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi, seperti makanan yang terlalu asin atau pedas, serta minuman yang mengandung kafein atau tinggi gula. Makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan dan membuat kamu lebih cepat merasa haus.

3. Hindari aktivitas yang berat di siang hari

Jika memungkinkan, hindari melakukan aktivitas fisik yang berat di siang hari saat berpuasa. Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan meningkatkan risiko dehidrasi. Sebisa mungkin, atur jadwal aktivitas fisik di waktu yang lebih sejuk, seperti menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa.

4. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan Ramadan. Istirahat yang cukup membantu tubuh untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan fisik. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk tidur siang agar dapat mengatur ulang energi tubuh dan menghindari kelelahan berlebihan.

5. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar

Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak air dan serat, yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan energi yang dibutuhkan. Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu sahur dan berbuka puasa untuk mendapatkan manfaat gizi dan hidrasi yang optimal.

6. Jaga pola makan yang teratur

Jaga pola makan yang teratur selama bulan Ramadan. Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dalam satu waktu. Sebaiknya, bagi makanan menjadi beberapa bagian kecil dan konsumsi secara bertahap selama waktu sahur dan berbuka puasa.

7. Perbanyak minum air putih di waktu yang tepat

Pastikan untuk memperbanyak minum air putih di waktu sahur dan berbuka puasa. Hindari minuman yang terlalu manis atau berkafein, karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup antara waktu sahur dan berbuka puasa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan Kamu dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan selama menjalani ibadah puasa, terutama bagi mereka yang bekerja seharian. Selamat menjalani ibadah puasa, semoga menjadi bulan yang penuh berkah dan keberkahan bagi kita semua.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES