Gaya Hidup

Munculkan Duta Muda Berbudaya, Disparbud Majalengka Gelar Pasanggiri Mojang Jajaka

Selasa, 02 April 2024 - 11:14 | 72.96k
Mojang Jajaka Kabupaten Majalengka. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)
Mojang Jajaka Kabupaten Majalengka. (FOTO: Disparbud Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka (Disparbud Majalengka), Jawa Barat, kembali menggelar pemilihan Pasanggiri Mojang Jajaka.

Kepala Disparbud Majalengka, H. Ida Heryani, menuturkan bahwa Pasanggiri Mojang Jajaka merupakan gambaran dari generasi muda terbaik Majalengka yang berperan sebagai duta penggerak dalam pengembangan kepariwisataan.

"Perannya pun turut aktif bergerak di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif Majalengka, serta gerakan pembangunan seluruh aspek kehidupan pada umumnya," ujar Ida Heryani, Jumat (15/3/2024).

Lebih dari itu, kata dia, Mojang Jajaka Majalengka juga merupakan cerminan sosok ideal generasi muda Majalengka yang modern dan popular, namun tetap mempertahankan jati diri Sunda yang berciri “Masagi” sebagai representatif citra positif Majalengka dari berbagai aspek.

Ida menjelaskan, bahwa kriteria "Masagi" untuk Mojang Jajaka Majalengka mencakup memiliki sikap yang berlandaskan pada iman dan taqwa sesuai dengan agamanya, kecerdasan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berdaya saing.

Mojang-Jajaka-2.jpg

Selanjutnya berprestasi, berperan aktif dalam pengembangan lingkungan dan memiliki etos kerja yang baik serta memiliki kemampuan dan ketertarikan dalam melestarikan budaya.

"Mojang Jajaka Majalengka ini diharapkan dapat menjadi duta yang mampu merangkul dan mewakili seluruh elemen keindahan yang dimiliki daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Majalengka tahun 2024 mengusung tagline "Muda, Kreatif dan Berbudaya", yang menegaskan semangat untuk memelihara tradisi sekaligus berinovasi dengan merangkul generasi muda.

Kegiatan ini berfokus pada keberagaman budaya, tradisi dan keindahan alam daerah. Peserta akan diminta untuk menyajikan penampilan yang mencerminkan keunikan dan keragaman dari setiap wilayah.

Melalui tema ini, Mojang Jajaka diharapkan dapat menjadi duta yang mampu merangkul dan mewakili seluruh elemen keindahan yang dimiliki daerahnya.

Perlu diketahui, pendaftaran Pasanggiri Mojang Jajaka telah dibuka Disparbud Majalengka sejak 26 Februari dan akan ditutup pada 17 Maret 2024. Bagi yang berminat untuk berpartisipasi, informasi lengkap dan formulir pendaftaran dapat diakses di situs resmi https://bit.ly/mokamajalengka2024.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES