Gaya Hidup TIMES Ramadan

Mangonada: Minuman Segar dengan Sentuhan Buah Mangga ala Meksiko untuk Berbuka

Kamis, 21 Maret 2024 - 16:47 | 20.73k
Tampilan menarik Mangonada ala Meksiko. (Foto: Marian Vejcik/Freepik)
Tampilan menarik Mangonada ala Meksiko. (Foto: Marian Vejcik/Freepik)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTAMangonada, adalah minuman khas yang berasal dari negara Meksiko. Tetapi popularitas minuman ini telah meluas ke seluruh dunia, terutama di komunitas Latino dan di tempat-tempat dengan populasi yang menghargai makanan dan minuman eksotis.

Dikenal dengan rasa segar dan manisnya, Mangonada adalah campuran yang menyegarkan antara mangga, gula, air jeruk nipis, serta beberapa tambahan bumbu dan saus pedas. Biasanya hidangan ini diberi potongan buah mangga yang segar.

Mangonada memiliki akar yang dalam dalam budaya Meksiko. Tradisi minum Mangonada pada musim panas sebagai cara untuk mengatasi panas yang terik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di Meksiko.

Namun, minuman ini tidak hanya populer di Meksiko, tetapi juga di negara-negara lain di Amerika Latin dan juga menyebar ke Amerika Serikat dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Cara Pembuatan Mangonada

Mangonada dapat disajikan dalam berbagai varian, tetapi komponen dasarnya tetap sama. Proses pembuatannya cukup sederhana. Pertama, buah mangga dipotong dan disiapkan. Selanjutnya, potongan mangga dicampur dengan gula untuk menambah manisnya.

Air jeruk nipis kemudian ditambahkan untuk memberikan sentuhan segar dan sedikit asam. Beberapa versi juga menambahkan saus pedas seperti chamoy, yang memberikan rasa pedas manis yang unik.

Minuman ini kemudian disajikan dalam gelas besar atau cangkir dengan es serut dan kadang-kadang ditambahkan dengan potongan buah mangga atau hiasan lainnya. Memberikan rasa manis pedas manisan ala Meksiko.

Terkenal di Dunia

Mangonada telah menjadi minuman yang sangat dicari di banyak tempat di dunia. Dengan kombinasi rasa manis dan segarnya, serta sentuhan pedas yang unik, Mangonada menawarkan pengalaman minum yang berbeda dan memikat.

Di negara-negara dengan iklim panas, seperti di Amerika Latin dan di bagian-bagian AS yang hangat, Mangonada sering menjadi pilihan utama untuk menyegarkan diri di musim panas. Hal inilah yang membuatnya cocok disajikan saat berbuka puasa.

Di samping itu, popularitas Mangonada juga diperkuat oleh eksistensinya dalam budaya pop, dengan seringnya penampilan minuman ini di media sosial, program televisi, dan dalam berbagai acara dan festival makanan. Ini telah membantu memperluas popularitas Mangonada ke pasar yang lebih luas di seluruh dunia.

Variasi Mangonada

Seperti banyak minuman tradisional, Mangonada juga memiliki berbagai variasi sesuai dengan preferensi lokal dan kreativitas koki. Beberapa versi dapat ditambahkan dengan es krim vanilla untuk memberikan rasa manis yang lebih kaya.

Sementara yang lain mungkin mencampurkan buah-buahan lain seperti nanas atau stroberi untuk memberikan dimensi rasa yang berbeda. Beberapa juga menyajikan Mangonada dalam bentuk es krim atau eskrim mangga.

Minuman ini menyegarkan dan lezat yang menggabungkan kekayaan rasa mangga dengan keunikan sentuhan asam dan pedas. Menjadikan makanan ini salah satu takjil yang cocok didantap saar Ramadan.

Dengan popularitasnya yang terus berkembang di seluruh dunia, Mangonada tidak hanya menjadi minuman musim panas yang populer, tetapi juga menjadi bagian penting dari warisan budaya Meksiko dan Amerika Latin yang dicintai oleh banyak orang di mana pun mereka berada. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES