Gaya Hidup

Bijak Memilih Makanan Berbuka Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Maret 2024 - 09:59 | 24.18k
Masyarakat saat berburu takjil di Kampung Madinah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Masyarakat saat berburu takjil di Kampung Madinah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak pilihan hidangan tersedia untuk berbuka puasa dan sahur, baik di pasaran maupun yang dimasak di rumah. Namun, memilih makanan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda selama bulan Ramadan.

Disarikan dari Antara, ikan gabus pucung khas Betawi adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan. Selain lezat, ikan gabus juga kaya akan protein dengan kandungan lemak yang rendah, membuatnya ideal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setelah seharian berpuasa.

Mengonsumsi ikan gabus pucung dengan tambahan sumber karbohidrat seperti nasi dan sayur, serta buah-buahan setelahnya, akan memastikan bahwa hidangan tersebut memenuhi prinsip gizi seimbang.

Namun, selama berpuasa, penting untuk memperhatikan asupan karbohidrat yang sehat untuk mengembalikan cadangan glukosa di hati. Karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah adalah pilihan terbaik.

Sementara itu, asupan protein yang cukup juga penting untuk mempertahankan massa otot dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Selain itu, masyarakat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti gula, serta makanan yang digoreng dengan lemak jenuh tinggi.

Hal tersebut bertentangan dengan manfaat baik dari puasa, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bagi mereka yang memiliki kondisi khusus seperti penyakit refluks asam lambung (GERD), penting untuk mengenali makanan dan minuman yang memicu gejala GERD.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam subspesialis gastroenterologi hepatologi dr. Lianda Siregar, Sp. P. D., Subsp. G. E. H, FINASIM, asupan makanan yang aman untuk lambung, seperti karbohidrat kompleks, sayuran, buah-buahan, serta protein nabati dan hewani, adalah pilihan yang tepat.

GERD merupakan gangguan pencernaan yang ditandai naiknya cairan asam lambung dari lambung ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan bagian dalam saluran pernapasan tersebut.

Meskipun puasa Ramadan dapat membawa manfaat bagi penderita GERD, tetap penting untuk memperhatikan pola makan yang teratur, menghindari camilan tidak sehat, dan menjaga emosi agar stres dapat dikelola dengan baik. (*)

 

 

 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES