Gaya Hidup

9 Aktivitas Keluarga yang Bisa Dilakukan Selama Libur Lebaran

Rabu, 10 April 2024 - 15:34 | 27.22k
Ilustrasi. Aktivitas keluarga selama libur lebaran. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. Aktivitas keluarga selama libur lebaran. (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANGLibur Lebaran adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang, terutama untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga tercinta. Namun, terkadang muncul kebingungan dalam menentukan aktivitas apa yang ingin dilakukan bersama keluarga selama masa liburan. 

Berikut ini berbagai aktivitas keluarga yang dapat dinikmati baik di rumah maupun di luar.

Aktivitas Libur Lebaran di Rumah

1. Berbagi Waktu di Dapur.

Ajak seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam proses memasak makanan khas Lebaran. Ini tidak hanya akan menciptakan momen berharga, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kerjasama dan kebersamaan.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Gelar sesi kreatif untuk membuat kerajinan tangan bersama seperti kartu ucapan Lebaran, hiasan dinding, atau mainan dari barang bekas. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kreativitas dan kebersamaan.

3. Menonton Film atau Membaca Buku Bersama

Pilih film-film atau buku-buku yang cocok untuk semua anggota keluarga, lalu nikmati waktu bersama sambil menonton atau membaca.

4. Permainan Keluarga

Mainkan berbagai permainan keluarga seperti papan permainan, permainan kartu, atau permainan tradisional Indonesia. Ini akan menjadi kesempatan yang tepat untuk meningkatkan ikatan keluarga dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Aktivitas Libur Lebaran di Luar Rumah

5. Piknik

Rencanakan piknik keluarga ke taman atau tempat wisata alam terdekat. Bawa makanan, mainan outdoor, dan peralatan piknik untuk menikmati waktu bersama di alam terbuka.

6. Berwisata Sejarah

Kunjungi tempat-tempat bersejarah atau museum lokal untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan sejarah Indonesia. Ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk memberikan pengetahuan kepada anggota keluarga.

7. Bermain di Taman Bermain

Ajak anak-anak untuk bermain di taman bermain atau taman rekreasi. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga baik untuk kesehatan fisik dan sosial anak-anak.

8. Makan di Luar

Nikmati waktu bersama keluarga dengan makan di restoran favorit atau mencoba makanan baru di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

9. Pesta Bersama Keluarga dan Tetangga

Ajak keluarga dan tetangga untuk mengadakan pesta kecil di rumah atau halaman. Bersantai, berbagi makanan, dan bermain bersama akan meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas.

Itulah ragam aktivitas yang bisa dilakukan selama libur Lebaran, Anda dapat menjadikan libur Lebaran sebagai waktu yang bermakna dan penuh kebahagiaan bersama keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES