Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

Kamis, 11 April 2024 - 00:06 | 32.63k
Ilustrasi. Menjaga kesehatan selama libur lebaran. (Foto: Shutterstock/Kzenon)
Ilustrasi. Menjaga kesehatan selama libur lebaran. (Foto: Shutterstock/Kzenon)

TIMESINDONESIA, MALANGLibur Lebaran seringkali menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan moment penting dalam agama Islam ini. Namun, di tengah kesenangan dan kegembiraan, tidak jarang kesehatan menjadi hal yang terlupakan. Mari kita bahas beberapa tips penting untuk tetap menjaga kesehatan selama libur Lebaran.

1. Tetap Teratur dalam Pola Makan
Makanan lezat dan khas Lebaran seringkali melimpah ruah di meja makan. Namun, tetaplah memperhatikan keseimbangan nutrisi dan porsi yang sehat. Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi lemak dan gula. Pilihlah makanan yang kaya serat, protein, dan vitamin untuk menjaga energi dan kesehatan tubuh.

2. Minum Air Putih Secukupnya
Dalam suasana perayaan, seringkali minum air putih terlupakan. Tetaplah terhidrasi dengan meminum air putih secukupnya, terutama di tengah cuaca yang mungkin panas dan aktivitas yang meningkat selama liburan.

3. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak
Kue kering, makanan manis, dan hidangan berlemak seringkali menjadi menu utama selama liburan Lebaran. Meskipun menggugah selera, konsumsi berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Batasilah jumlah konsumsi makanan manis dan berlemak, dan perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

4. Tetap Aktif Fisik
Meskipun sedang liburan, tetaplah aktif secara fisik. Luangkan waktu untuk berolahraga ringan seperti jalan-jalan santai, bersepeda, atau melakukan aktivitas fisik lainnya yang disukai bersama keluarga. Aktivitas fisik membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan energi, dan meningkatkan suasana hati.

5. Istirahat yang Cukup
Dalam antusiasme menyambut liburan, seringkali waktu istirahat menjadi berkurang. Tetaplah menjaga pola tidur yang teratur dan cukup selama liburan. Istirahat yang cukup membantu tubuh untuk pulih dan mempersiapkan energi untuk aktivitas selanjutnya.

6. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Meskipun sedang merayakan liburan, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Gunakan masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa tips sederhana menjaga kesehatan selama libur Lebaran 2024. Selamat merayakan Lebaran dengan sehat dan bahagia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES