Gaya Hidup

Ban Mobil Pecah di Tol Saat Mudik Lebaran 2024? Lakukan Tips Penting Ini

Selasa, 09 April 2024 - 21:35 | 20.71k
Ilustrasi ban pecah saat perjalanan di tol (FOTO: astra)
Ilustrasi ban pecah saat perjalanan di tol (FOTO: astra)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mudik Lebaran 2024 merupakan momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang, namun kekhawatiran akan kejadian tak terduga seperti pecahnya ban mobil di tengah perjalanan tetap menjadi perhatian.

Untuk menghadapi situasi tersebut, penting bagi para pemudik untuk mengetahui langkah-langkah yang harus diambil agar perjalanan tetap berlanjut dengan aman dan lancar.

Menjelang musim mudik Lebaran 2024, risiko terjadinya kecelakaan atau kendala teknis seperti ban mobil pecah di jalan tol tetap menjadi perhatian utama bagi para pemudik.

Namun, dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat, situasi darurat seperti ini dapat diatasi dengan baik.

Langkah Darurat Ban Mobil Pecah di Tol

1. Tenang dan Tetap Fokus. Saat mengalami ban pecah, yang terpenting adalah tetap tenang dan fokus. Hindari panik dan jaga kendali atas kendaraan Anda.

2. Pindahkan Kendaraan ke Bahu Jalan. Jika ban pecah di jalan tol, segera pindahkan kendaraan ke bahu jalan atau tempat yang aman untuk menghindari risiko kecelakaan lebih lanjut.

3. Pasang Segitiga Pengaman. Setelah kendaraan diparkir dengan aman, pasang segitiga pengaman di belakang mobil untuk memberi peringatan kepada pengendara lain.

4. Hubungi Layanan Darurat. Gunakan telepon genggam Anda untuk menghubungi layanan darurat jalan tol atau layanan bantuan darurat kendaraan Anda untuk mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

4. Perbaiki atau Ganti Ban. Jika memungkinkan, coba perbaiki ban yang pecah dengan alat yang ada di dalam mobil. Jika tidak, pastikan Anda memiliki ban cadangan atau hubungi layanan bantuan untuk mengganti ban yang rusak.

Tips Penting untuk Menghindari Ban Mobil Pecah di Tol

1. Periksa Kondisi Ban secara Berkala. Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi ban secara berkala, termasuk tekanan udara dan keausan tread.

2. Jaga Beban Kendaraan. Hindari memuat kendaraan Anda dengan beban yang berlebihan, karena hal ini dapat meningkatkan risiko pecahnya ban.

3. Hindari Kecepatan Berlebihan. Selalu patuhi batas kecepatan dan hindari mengemudi terlalu cepat, karena hal ini dapat mempercepat keausan ban.

4. Siapkan Peralatan Darurat. Selalu bawa peralatan darurat seperti ban serep, dongkrak, dan alat perbaikan sederhana lainnya di dalam mobil untuk mengatasi situasi darurat seperti ban mobil pecah.

Jangan remehkan ban mobil Anda. Pastikan kondisi ban mobil Anda bagus sebelum mudik lebaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES