Gaya Hidup

Apa Saja Peralatan Bengkel Standar yang Harus Disiapkan untuk Mudik Lebaran?

Selasa, 09 April 2024 - 08:22 | 21.72k
Ilustrasi peralatan bengkel standar yang harus disiapkan untuk mudik Lebaran (FOTO: carmudi)
Ilustrasi peralatan bengkel standar yang harus disiapkan untuk mudik Lebaran (FOTO: carmudi)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mudik Lebaran 2024 dapat menjadi perjalanan yang menyenangkan, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan peralatan bengkel standar sebagai langkah preventif.

Dengan menyertakan peralatan yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah kecil di jalan dan melanjutkan perjalanan dengan lancar. Berikut adalah beberapa peralatan bengkel standar yang perlu disiapkan saat mudik Lebaran.

Perjalanan mudik Lebaran seringkali diwarnai dengan kemungkinan adanya masalah teknis pada kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan peralatan bengkel standar sebagai langkah preventif untuk mengatasi masalah kecil di jalan dan memastikan perjalanan berjalan lancar.

Peralatan Bengkel Standar yang Harus Disiapkan:

1. Kunci Roda dan Kunci Inggris. Peralatan ini sangat penting untuk mengganti ban yang bocor atau mengatasi masalah lain yang terkait dengan roda kendaraan.

2. Dongkrak. Dongkrak digunakan untuk mengangkat kendaraan sehingga Anda dapat melakukan perbaikan di bagian bawah kendaraan atau mengganti ban yang rusak.

3. Alat Perbaikan Sederhana. Sertakan alat-alat perbaikan sederhana seperti obeng, tang, dan palu kecil untuk memperbaiki masalah kecil seperti kabel yang putus atau klem yang kendur.

4. Ban Cadangan dan Alat Pengisi Angin. Pastikan untuk membawa ban cadangan dan alat pengisi angin seperti pompa angin portabel atau kompresor udara untuk mengatasi masalah ban bocor.

5. Lubricants dan Cairan Pendingin. Selalu bawa beberapa jenis pelumas dan cairan pendingin sebagai cadangan untuk mengatasi masalah mesin atau pendinginan yang mungkin terjadi di jalan.

Tips Tambahan:

1. Periksa Kendaraan Sebelum Berangkat. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan, termasuk memeriksa oli mesin, cairan pendingin, dan tekanan ban.

2. Simpan Peralatan dengan Rapi. Pastikan peralatan bengkel disimpan dengan rapi dan mudah diakses di bagasi atau ruang penyimpanan kendaraan.

3. Konsultasikan dengan Ahli. Jika Anda tidak yakin tentang cara menggunakan peralatan bengkel atau melakukan perbaikan kendaraan, lebih baik berkonsultasi dengan ahli atau mekanik terlebih dahulu.

Pastikan rasa aman Anda saat mudik lebaran dengan menyertakan peralatan bengkel standar dalam mobil Anda.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES