Gaya Hidup

Cara Alternatif Kasih Angpao Lebaran Tanpa Keluarkan Uang Tunai

Selasa, 09 April 2024 - 12:45 | 31.36k
QRIS Code. (Dok. qris.id)
QRIS Code. (Dok. qris.id)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Budaya yang tidak luput dari Hari Raya Idul Fitri 1445H adalah membagi uang atau 'Angpao' lebaran. Tradisi ini sudah mengakar menjadi budaya yang tidak pernah hilang di setiap lebaran. Alhasil jasa penukaran uang baru selalu dicari ketika menjelang lebaran.

Lebaran 2024 tentu tidak jauh berbeda. ‘Angpao’ lebaran biasa diberikan kepada keluarga yang umurnya kerapkali masih pelajar atau remaja. Keponakan, adik, menjadi salah satu deretan penerima ‘angpao’ lebaran.

Terkini, ada beragam cara untuk membagikan ‘angpao’ lebaran tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Dompet digital, QRIS, dan sebagainya menjadi alternatif solusi bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang tunai untuk ‘angpao’ lebaran.

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, berikut ini layanan keuangan yang bisa anda manfaatkan sebagai ganti ‘angpao’ lebaran dalam bentuk uang tunai.

1. QRIS

Remaja yang telah memiliki rekening pribadi, tentu memiliki layanan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Bagi anda yang mau memberikan ‘angpao’ lebaran, anda cukup meminta barcode QRIS dari penerima. Disamping praktis dan efisien, cara ini layak dicoba bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang tunai untuk ‘angpao’ lebaran.

2. Dompet Digital

Pengguna dompet digital kini semakin massif di Indonesia, tidak terkecuali bagi kalangan remaja. Cukup bermodalkan nomor gawai, pengguna dapat memiliki dompet digital pribadinya masing-masing. Banyak aplikasi dompet digital di Indonesia, mulai dari DANA, OVO, LinkAja, Gopay, dan lain sebagai. Di samping itu, beberapa marketplace juga memiliki dompet digitalnya sendiri, semisal Shopeepay.

Keuntungan dompet digital adalah kemudahan transaksi yang disediakan. Pengisian dompet digital dikenal dengan istilah top-up. top-up bisa dilakukan dengan metode transfer bank, kirim uang antar aplikasi, hingga pembayaran tunai di toko retail. Top-up dompet digital sebagai alternatif ‘angpao’ lebaran layak dicoba bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang tunai.

3. Transfer Rekening

Transfer rekening adalah memindahkan uang dari pengirim kepada penerima dari satu bank ke bank yang lain. Cara ini cukup sederhana dengan adanya layanan perbankan mobile. Anda cukup meminta nomor rekening penerima untuk kemudian mendapatkan ‘angpao’ lebaran dari anda.

4. E-money

Angpao lebaran juga dapat diberikan melalui E-money. Anda cukup menempelkan kartu E-money anda ke gawai yang memiliki fitur NFC. Secara otomatis anda akan diarahkan untuk melakukan pengisian kartu E-money dengan jumlah yang anda inginkan.

Cara ini layak dilakukan bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang tunai untuk angpao lebaran.(*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES