Gaya Hidup

Hindari Penipu Online di Musim Liburan, Ini Tips dari Kaspersky

Sabtu, 13 April 2024 - 16:25 | 29.78k
Ilustrasi - Penipuan Online (Foto: Freepik)
Ilustrasi - Penipuan Online (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika musim liburan tiba, penjahat online juga semakin giat beraksi. Salah satu bentuk penipuan yang sering terjadi adalah saat pembelian tiket perjalanan atau reservasi hotel.

Banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan.

Kaspersky memberikan beberapa tips agar Anda terhindar dari penipuan online selama liburan dan dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman.

1. Pilih Situs Web Terpercaya: Saat membeli tiket perjalanan atau memesan hotel, gunakan hanya situs web yang memiliki reputasi baik. Jika memungkinkan, belilah tiket langsung melalui situs maskapai perjalanan terkait. Meskipun mungkin sedikit lebih mahal, ini lebih aman.

2. Waspada terhadap Tawaran yang Terlalu Menarik: Jangan mudah terkecoh oleh janji hadiah atau harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal. Selalu curiga agar Anda tidak jatuh ke dalam perangkap penipu.

3. Periksa Alamat Situs Web dengan Seksama: Sebelum memasukkan informasi penting seperti nama pengguna, kata sandi, atau nomor kartu pembayaran, periksa dengan cermat alamat situs yang Anda buka. Pastikan URL halaman tersebut benar.

4. Jaga Kerahasiaan Informasi Reservasi: Jangan pernah membagikan nomor reservasi kepada siapa pun atau mengunggah foto tiket dengan kode tertentu di media sosial.

5. Periksa Kembali Pemesanan: Beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan, periksa semua pemesanan yang telah Anda buat. Jika ada masalah dengan reservasi, selesaikan terlebih dahulu sebelum tiba di bandara atau hotel.

6. Gunakan Antivirus Terpercaya: Pastikan perangkat Anda dilindungi oleh antivirus yang andal, termasuk perlindungan terhadap penipuan online dan phishing seperti Kaspersky Premium. Ini akan memberi Anda peringatan dini tentang situs yang harus dihindari.

Semoga membantu dan selamat berlibur!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES