Gaya Hidup

Tips Merawat Kendaraan Setelah Mudik agar Tetap Prima dan Aman

Senin, 22 April 2024 - 11:43 | 30.22k
Foto. Komunitas motor Yamaha N Max saat melakukan touring. (Foto: Yamaha STSJ for TIMES Indonesia).
Foto. Komunitas motor Yamaha N Max saat melakukan touring. (Foto: Yamaha STSJ for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Musim mudik Lebaran baru saja usai. Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, kini saatnya memastikan kendaraan kembali prima setelah menempuh perjalanan jauh.

Perjalanan mudik yang panjang dapat memengaruhi kondisi mesin dan komponen penting lainnya pada kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan dan perawatan menyeluruh agar performa dan keamanan kendaraan tetap terjaga.

Menurut Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), William Saputra, pengecekan kendaraan pasca mudik memang perlu dilakukan. Hal ini berguna untuk mendeteksi adanya potensi kerusakan pada komponen-komponen yang penting sehingga bisa segera diganti. 

Selain itu, pengecekan tersebut juga bisa meningkatkan performa kendaraan agar tetap nyaman digunakan ketika dipakai sehari-hari. 

“Jangan sampai abai dengan perawatan kendaraan dan dapat mempengaruhi efektivitas dari berkegiatan sehari-hari,” kata William, Senin (22/4/2024).

Dia menjelaskan terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan setelah melakukan mudik atau perjalanan jauh diantaranya yaitu, melakukan pengecekan kualitas oli mesin. 

“Perjalanan yang jauh akan membuat oli mesin lebih cepat kotor maupun habis karena melumasi mesin kendaraan. Oleh karena itu, segera cek kondisi oli mesin motor anda agar kualitas oli dan mesin tetap terjaga,” ungkapnya.

Selanjutnya pengecekan kampas rem. Komponen ini berperan penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Kondisi kampas rem yang aus, tentu akan membahayakan para pengendara. Rutin melakukan pembersihan kampas rem dari tumpukan kotoran dapat membantu kinerja rem lebih optimal. 

Tidak hanya itu, pengecekan kondisi pada ban seperti tekanan angin, kondisi telapak ban, hingga velg pada ban. Apabila terdapat benjolan maupun ban yang retak, segera ganti dengan ban yang baru. Jangan sampai kondisi ban yang tidak baik, mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengendara selama dijalan. 

William menambahkan pemeriksaan pada rantai dan gir juga memiliki peran yang tak kalah penting. Pasalnya fungsi dari komponen tersebut untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda bagian belakang. 

“Segera melumasi rantai menggunakan oli khusus rantai, agar performa rantai tidak aus. Pastikan juga agar rantai tidak dalam kondisi yang kendur maupun kotor,” ujar William.

Untuk memastikan kendaraan terawat dengan baik, lakukan servis rutin di dealer resmi Yamaha terdekat. Teknisi profesional Yamaha akan melakukan pengecekan menyeluruh dan memberikan rekomendasi perawatan yang tepat untuk kendaraan Anda. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES