Gaya Hidup

Tips Ampuh Mengatasi Bruntusan di Dahi

Rabu, 01 Mei 2024 - 04:31 | 39.76k
Ilustrasi - Wajah bruntusan pada dahi (Foto: milkos/@123RF)
Ilustrasi - Wajah bruntusan pada dahi (Foto: milkos/@123RF)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merawat kulit secara teratur dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) adalah salah satu metode yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari kulit berjerawat, kusam, hingga kulit yang kering, skincare membantu menjaga kesehatan kulit kita.

Dengan rutin menggunakan skincare, kita dapat memastikan kulit tetap dalam kondisi yang baik dan optimal.

Namun beberapa kasus masih terjadi yang mana saat menggunakan skincare atau make up tertentu kulit memiliki efek samping yang berbeda. Salah satu efek sampingnya yakni muncul bruntusan pada wajah terutama dahi.   Bruntusan adalah kondisi yang menggambarkan keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Berikut tips sederhana untuk hilangkan bruntusan di dahi: 

1. Hindari Skincare Beralkohol dan Berbau

Bruntusan di wajah, terutama di dahi, seringkali disebabkan oleh bahan kimia lain yang menyerap ke kulit. Kandungan alkohol dan wewangian pada skincare dapat membuat wajah terlihat tidak sehat dan bruntusan.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Merawat kulit tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya nutrisi dan mengandung vitamin E dapat membantu mengatasi bruntusan.

3. Eksfoliasi dengan AHA/BHA

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran di wajah. Kulit bruntusan seringkali disebabkan oleh penumpukan kotoran, terutama pada wajah. Lakukan eksfoliasi menggunakan produk yang mengandung AHA/BHA secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu.

4. Menggunakan pelembab non-comedognic

Pelembab non-comedogenic adalah pelembab yang ringan dan meminimalisir menempelnya kotoran dikulit wajah. Untuk enggunakannya, akan mencegah kotoran menumpuk karena penggunaan salah satu skincare yakni pelembab. 

 5. Double Cleansing

Membersihkan muka dua kali lipat sangat penting dilakukan terlebih yang punya aktivitas sangat padat dengana make up yang selalu stand by setiap momennya. Namun, setelah berusaha tampil menarik hendaknya kita harus membersihkan dua kali lipat gunamencegah menempelnya sisa kotoran dikulit wajah. 

 6. Jaga kebersihan rambut

Selain makanan dan skincare, kebersihan rambut juga haru dijaga karena rambut yang kotor juga akan menimbulkan masalah dikulit jawah. Terutama bagi yang memiliki poni, rambut harus selalu bersih dan terawat dengan rutin supaya wajah juga tetap bersih. 

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan bruntusan yang ada diwajah umumnya di dahi. Bruntusan tak hanya dari skincare namun yang penting diperhatikan, jika bruntusan juga bisa timbul akibat makanan dan pola hidup yang kurang bersih dan sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES