Gaya Hidup

Destinasi Memikat Wisatawan: Menampilkan Kekayaan Pulau Jawa Melalui Perkebunan Kopi Kawisari Hotel Tugu Malang

Senin, 10 Juni 2024 - 08:02 | 15.86k
Upacara 'Slametan' yang diadakan masyarakat lokal untuk menyambut masa panen.
Upacara 'Slametan' yang diadakan masyarakat lokal untuk menyambut masa panen.

TIMESINDONESIA, MALANG – Tidak hanya dikenal sebagai tempat menginap dengan pengalaman unik dan kuliner terbaik di Kota Malang, Hotel Tugu Malang juga merupakan destinasi wisata yang paling melekat di hati wisatawan karena kekayaan dan keindahan tanah Jawa. Salah satunya adalah Perkebunan Kopi Kawisari, perkebunan kopi tertua di Jawa Timur yang berlokasi di Desa Ngadirenggo, Wlingi-Blitar.

Mendekati suasana menyambut pesta panen akan diiringi dengan tradisi yang masih sangat kental dan dilakukan hingga saat ini oleh masyarakat lokal. Masa panen pun dirayakan dengan meriah, karena perkebunan ini dipelihara oleh penduduk desa sekitar yang kental dengan tradisi dan spiritualitas berusia ratusan tahun dan diperingati dengan ritual upacara yang biasa disebut 'selametan'.

Kopi.jpg

“Bulan Juni adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke Perkebunan Kawisari karena sedang memasuki masa panen. Terlebih lagi, pada bulan Juli dan Agustus akan dilaksanakan upacara panen yang masih kental dengan tradisi perpaduan Jawa dan Hindu seperti upacara pernikahan antara dua biji kopi yaitu Joko Gondel dan Sri Gondel yang bisa disaksikan, dan tamu dapat memetik biji kopi langsung jika berkunjung di tanggal yang tepat,” ujar Budi Sesario, Media Relations dari Hotel Tugu Malang.

Tamu akan berangkat pagi dari Hotel Tugu Malang atau Hotel Tugu Blitar dan terlebih dahulu menikmati sajian sarapan ala Kampoong breakfast di Loji, yang dulunya bernama Harmonie Te Kawisari. Loji ini merupakan bangunan yang dibangun sekitar tahun 1870 bersamaan dengan area perkebunan. Dihiasi dengan beberapa ornamen dan interior vintage peninggalan Tiongkok, sejarah perkebunan dan Loji ini terasa hidup di setiap sudut ruangan yang berhawa sejuk.

kawisari.jpg

Rasakan hawa sejuk dan indahnya pemandangan Perkebunan Kawisari, sambil mengenal lebih jauh tentang teknik penyadapan karet dan penanaman biji kopi. Mulai dari pembibitan, penanaman, mempelajari proses awal pengolahan biji kopi hingga menyangrai kopi di atas tungku kayu dengan gerabah tanah liat. Setelah itu, nikmati makan siang lezat dengan menu khas lokal seperti ayam goreng bumbu, ikan goreng, sayur lodeh, urap-urap, dan sambal.

Diiringi oleh hawa sejuk di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, diapit oleh Gunung Kelud dan Gunung Kawi, serta dihiasi oleh pohon kopi dengan buah yang matang kemerahan, suasana berlibur di Perkebunan Kawisari akan terasa semakin istimewa.

Untuk informasi dan reservasi dapat langsung menghubungi Hotel Tugu Malang di (+62341) 363 891 atau di nomor Whatsapp +62 813-3491-9097, melalui social media Instagram di @hoteltugu_malang , serta e-mail di [email protected] dan website  www.tuguhotels.com  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES