Gaya Hidup

Tips Sederhana Atasi Rasa Insecure

Selasa, 18 Juni 2024 - 04:27 | 20.19k
Ilustrasi - Stres karena insecure. (Foto: Pexels.com/Andrea)
Ilustrasi - Stres karena insecure. (Foto: Pexels.com/Andrea)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernah mengalami perasaan cemas, khawatir, dan sering membandingkan diri dengan orang lain? Bisa jadi, itu adalah gejala insecure. Perasaan insecure seringkali menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman dalam menjalani kehidupan.

Singkatnya, insecure adalah kondisi yang bisa membuat seseorang merasa takut, gelisah, serta kurang percaya diri terhadap sesuatu yang dicapainya. Alih-alih bersyukur, orang yang mengalami insecure seringkali merasa iri dan suka membanding-bandingkan. Bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, rasa insecure bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk atasi rasa insecure yang mulai bisa kalian coba.

1. Selalu berpikir positif

Beberapa penyebab rasa insecure biasanya karena trauma, mengalami tekanan, serta mendapat perlakuan kurang enak dari orang lain. Cobalah buang pikiran negatif dan mulai berpikiran positif. Berpikiran negatif secara terus menerus akan sangat menguras energi kamu dan bisa menyebabkan stres.

2. Menerima diri apa adanya

Setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, belajarlah untuk menerima kekurangan diri sendiri dengan cara mengatahui siapa dirimu sebenarnya. Janganlah terlalu fokus pada kekuranganmu.

3. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Penyebab kebanyakan rasa insecure berasal dari perasaan suka membandingkan diri dengan orang lain. Perilaku ini sangat bersifat toxic dan bisa menyebabkan seseorang takut untuk keluar dari zona nyaman, dan bahkan menghambat potensi diri. Jadikanlah pencapaian orang lain sebagai suatu motivasi terhadap sesuatu yang ingin kamu lakukan ke depannya. 

4. Bersyukur

Pada dasarnya, insecure pasti pernah dirasakan oleh siapapun, dan itu sangat manusiawi dan wajar. Belajarlah menerima garis takdir dan hal-hal yang Tuhan berikan kepada kamu. Bersikap rendah hati, dan mengapresiasi diri sendiri adalah beberapa bentuk bersyukur terhadap Tuhan.

5. Hindari lingkungan toxic

Lingkungan pergaulan biasanya memengaruhi bagaimana seseorang bersikap dan bertindak. Tanpa disadari, pasti ada saja teman toxic di sekitar kita. Teman jenis ini sangat berpengaruh buruk terhadap mentalmu. Mereka biasanya suka melontarkan hal-hal kurang baik yang bisa membuatmu insecure. Untuk itu, jauhilah mereka dan cari lingkungan baru yang positif. Di lingkungan yang baru, kamu bisa meminta saran yang membangun kepada mereka sekaligus menjadi support system untuk kamu.

6. Cari suasana yang menyenangkan

Bahagia itu gratis, kok! Mengapresiasi diri sendiri dengan self reward itu perlu. Lakukanlah kegiatan yang membuat kamu bahagia dan merasa puas. Dengan begitu, beban dan rasa penatmu akan terlupakan.

Itu adalah beberapa cara untuk atasi insecure kamu. Tetap melakukan hal positif, dan jangan lupa bahagia, ya! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES