Glutera News

Kulit Ketiak Hitam? Ini Solusi Mencerahkan Ketiak

Rabu, 25 Juli 2018 - 09:09 | 43.72k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTAKulit ketiak hitam kadang menyebabkan rendahnya rasa percaya diri. Berbeda dengan kulit lain pada tubuh yang biasanya menghitam karena bekas luka atau terbakar matahari, penyebab kulit ketiak menghitam ternyata tidak sama. Apa saja penyebab Kulit ketiak hitam? Dan bagaimana cara mengatasi kulit ketiak hitam?

1. Beberapa Deodoran dan Antiperspirant

Beberapa orang mengemukakan bahwa terdapat deodoran dan antiperspirant yang menyebabkan menghitamnya kulit ketiak. Faktanya, ketika mereka berhenti menggunakan deodoran tersebut, terjadi perubahan warna pada ketiak mereka. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, namun ada kemungkinan terdapat beberapa komposisi yang menyebabkan menghitamnya kulit ketiak.

2. Acanthonis Nigricans

Acanthonis nigricans dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun kondisi ini kebanyakan terjadi pada orang yang berkulit gelap dan memiliki obesitas. Hal tersebut berkaitan dengan gangguan produksi insulin dan kelenjar yang mempengaruhi penderita pra-diabetes, diabetes, ataupun mereka yang memiliki kemungkinan diabetes.

3. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi bisa membuat perubahan warna pada ketiak, pangkal paha, selangkangan, dan area leher menghitam. Hal tersebut terjadi ketika kulit Anda memproduksi melanin, meski biasanya cukup jarang mempengaruhi ketiak.

4. Infeksi Bakteri

Erythrasma, infeksi bakteri yang disebabkan oleh corynebacterium minutissimum, menyebabkan adanya bercak coklat kemerahan yang sedikit besisik dengan batas yang tegas. Bercak tersebut terasa agak gatal dan umumnya muncul saat cuaca hangat. Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar menderita infeksi ini jika memiliki berat berlebih atau diabetes.

5. Masa Kehamilan

Beberapa wanita mengalami ketiak menghitam ketika hamil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang dapat meningkatkan produksi melanin, khususnya estrogen yang meningkatkan produksi melanosit, sel yang memproduksi melanin.

6. Pakaian Ketat, Banyaknya Sentuhan dan Gesekan

Ketika ketiak menggesek sesuatu, hyperkeratosis atau kulit menebal mungkin terjadi sebagai sarana pencegahan tubuh terhadap iritasi gesekan, yaitu hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

7. Mencukur Rambut Ketiak

Mencukur merupakan penyebab umum ketiak menghitam. Mencukur tidak bisa mencabut rambut ketiak dari akarnya. Folikel rambut tetap masih terlihat di bawah permukaan ketiak ketika bercukur. Rambut di bawah permukaan kulit akan membuat kulit seolah-olah terlihat lebih gelap, mirip seperti pria yang mencukur wajah mereka.

8. Kumpulan Sel Kulit Mati

Terdapat ribuan lipatan kulit di ketiak yang dikenal sebagai “bukit dan lembah”. Oleh karena itu, ketiak biasanya terlihat dalam. Selain itu, karena kurangnya perawatan, sel-sel kulit ketiak akan kering, pecah-pecah atau mati. Kulit yang mati akan terlihat lebih gelap.

9. Smoker's Melanosis

Ini adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh merokok tembakau. Dalam kasus ini, hiperpigmentasi disebabkan oleh rokok. Bercak hitam muncul di area ketiak selama merokok berlanjut. Ketika Anda berhenti merokok, bercak tersebut akan hilang dengan sendirinya.

10. Krim Pencukur Rambut

Krim pencukur rambut cenderung dipakai untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan secara halus. Namun, krim ini juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan menghitamnya ketiak.

Bagaimana Cara Mengatasi Ketiak Hitam?

1. Waxing

Pencabutan bulu dengan cara waxing adalah cara menghilangkan ketiak hitam. Waxing akan mengangkat rambut-rambut kehitaman yang membuat ketiak tampak gelap dan mengangkat sel kulit mati. Sementara menghilangkan rambut halus di ketiak dengan cukuran justru dapat merusak kulit ketiak.

2. Exfoliating

Melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati atau exfoliating secara teratur bisa membuang pigmen kulit ketiak hitam. Cara mengatasi kulit ketiak hitam adalah menggunakan body scrub saat mandi secara rutin, minimal 1-2 minggu sekalai. Dengan perlahan akan tumbuh kulit baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES