Glutera News

Sudah Tepatkah Cara Keramas Anda? 

Selasa, 15 Juni 2021 - 19:49 | 252.42k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keramas merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Keramas tak hanya berfungsi membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak, serpihan debu, bakteri, kotoran, serta bau lainnya. 

Keramas juga membantu agar kulit kepala tetap sehat dan bersih dari produksi minyak berlebih atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. 

Keramas dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Rambut yang terlalu lembap akan memicu kerusakan rambut serta rambut akan terlihat berminyak, lemas, dan kotor.

Kebiasaan keramas yang Anda terapkan akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. 

glutera b

Banyak orang yang keramas secara asal-asalan karena menganggap hal terpenting dari keramas adalah rambut tidak lagi kotor, lepek, berminyak, dan bau. 

Lantas apakah cara keramas Anda selama ini sudah tepat? 

Agar kesehatan rambut Anda lebih terjaga, terapkan cara keramas berikut:

1. Persiapan sebelum keramas

Sisir rambut Anda sebelum keramas. Ini mungkin terdengar tidak biasa, namun merapikan rambut yang kusut sebelum keramas akan memudahkan rambut untuk diatur setelahnya. Apabila Anda baru menyisir rambut setelah keramas, itu akan membuat rambut rontok lebih banyak. Selain itu, menyisir rambut dalam keadaan basah tidak dianjurkan karena akan menekan dan merusak rambut. 

2. Gunakan air dingin

Suhu air terbaik untuk keramas adalah yang dingin. Keramas menggunakan air panas harus dihindari karena bisa membuat rambut menjadi kering, kusut, dan rusak. Jika Anda tidak menyukai keramas dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air yang agak hangat.

3. Gunakan sampo secukupnya

Tuangkan sampo ke telapak tangan secukupnya sekitar ukuran satu sendok teh atau sesuaikan dengan ketebalan dan panjangnya rambut Anda. Jangan menuangkan sampo langsung ke kepala karena Anda akan menuangkannya berlebihan dan merusak kutikula rambut, membuat rambut lebih kering serta kusut.

4. Teknik keramas yang baik dan benar

Anda mungkin berpikir bahwa keramas tidak memerlukan teknik apa-apa, namun ada beberapa cara keramas yang baik dan benar yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

• Tuang sampo ke telapak tangan.

• Oleskan sampo dari atas kepala ke bagian belakang kepala.

• Usapkan sampo dengan lembut melalui sisa rambut Anda ke seluruh bagian rambut.

• Pijat kepala dengan lembut dari akar rambut menggunakan jari-jari selama 1-2 menit, bukan kuku Anda karena mungkin akan melukai kulit kepala. Setelah Anda rasa cukup dan memberikan relaksasi, hentikan.

• Bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Teknik terpenting saat keramas adalah saat Anda memijat kepala karena pada tahap itu Anda tidak hanya membersihkan kulit kepala, namun juga meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

5. Teknik membilas rambut

Anda tidak perlu keramas sampai dua kali dalam satu waktu kecuali jika rambut Anda sangat kotor. Setelah satu kali keramas, bilas dengan air dingin untuk mengunci kelembapan rambut. Jangan membilas dengan air hangat karena akan membuat rambut kering. Bilas hingga sisa-sisa sampo hingga bersih.

6. Setelah Keramas

Rambut basah memiliki sifat sensitif. Hindari menggosokkan rambut dengan handuk sampai kering. Anda cukup membasuhnya dengan handuk karena handuk sudah menyerap air tanpa Anda harus membungkus dan memeras rambut bolak-balik. 

Anda boleh menyisir rambut dengan lembut dalam keadaan setengah basah, namun jangan menarik atau menyisir paksa rambut yang basah karena akan memicu kerontokan lebih banyak daripada rambut dalam keadaan kering. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan vitamin rambut untuk mendukung kecantikan rambut. 

Itulah cara keramas yang benar agar rambut indah dan sehat. Beberapa orang mungkin terlalu menggosok atau menarik rambut saat keramas sehingga merusak kutikula kulit kepala dan memicu kerusakan rambut.

Itulah tips dan cara keramas yang benar. Mencuci rambut secara berkala sangat penting untuk kesehatan dan penampilan Anda. Anda dapat menggunakan sampo dan menentukan kapan Anda harus keramas berdasarkan jenis, gaya, dan usia Anda. 

Mencuci rambut sangat penting untuk penampilan keseluruhan Anda, tetapi juga merupakan praktik perawatan diri. Anda mungkin perlu mencuci rambut setiap hari, beberapa kali per minggu, atau beberapa kali per bulan. Itu semua tergantung pada jenis rambut, gaya, dan usia Anda.(*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES