Glutera News

Mengenal Citrulline, yang Ampuh Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah dan Tingkatkan Kesehatan Jantung 

Rabu, 05 Januari 2022 - 10:35 | 199.40k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Belakangan ini, citrulline atau sitrulina semakin populer digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja olahraga. Faktanya, asam amino ini bisa disintesis dalam tubuh dan bisa pula Anda dapatkan dari makanan, seperti semangka. 

Namun, dalam kondisi tertentu, misalnya atlet, kebutuhan asam amino ini bisa meningkat untuk mendukung performa dan kinerja atletiknya, sehingga perlu tambahan suplemen untuk memenuhinya secara cukup. 

Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak tentang citrulline, manfaat, dosis, serta efek samping yang dapat ditimbulkannya.

Apa itu citrulline (sitrulina)? 

Citrulline adalah salah satu jenis asam amino non-esensial, yang artinya tubuh dapat memproduksinya sendiri, tepatnya di hati dan usus. Selain itu, sitrulin adalah asam amino yang pertama ditemukan dalam buah semangka. 

Seperti yang sudah dijelaskan, citrulline mampu menghasilkan suatu efek yang penting untuk tubuh.

Salah satu cara kerja Citrulline adalah dengan meningkatkan vasodilatasi. Vasodilatasi mengacu pada pelebaran pembuluh darah arteri atau vena sehingga mampu memperlancar aliran darah. Sesaat setelah citrulline masuk ke tubuh, sebagian yang lainnya diproses menjadi asam amino lain yang dikenal dengan arginin. Selanjutnya, Arginin dikonversi menjadi molekul yang dikenal dengan Nitric Oxide (N.O), sehingga terjadi vasodilatasi pembuluh darah dengan cara melemaskkan berbagai sel otot yang sebelumnya menyempit.

Manfaat L-citrulline

Fungsi utama citrulline di dalam tubuh adalah mendetoksifikasi amonia (produk akhir dari siklus urea), bertindak sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah), dan berperan dalam pembentukan otot.

Beberapa manfaat lainnya yang dapat diberikan oleh citrulline adalah:
• Meningkatkan latihan fisik.
• Meningkatkan kinerja atletik.
• Membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi.
• Menurunkan tekanan darah.
• Membantu mengobati anemia sel sabit.

Cara kerjanya

Tubuh mengubah L-citrulline menjadi asam amino yang berbeda, yaitu L-arginin, yang kemudian diubah menjadi bahan kimia yang disebut oksida nitrat. Senyawa ini membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menurunkan tekanan darah, karena kemampuan vasodilatornya.

Menariknya lagi, mengonsumsi suplemen citrulline dapat meningkatkan kadar arginin di dalam tubuh lebih banyak daripada mengonsumsi arginin itu sendiri. Hal ini karena adanya perbedaan dalam cara tubuh memproses dan menyerap keduanya.

Di sisi lain, peningkatan kadar oksida nitrat dan aliran darah di dalam tubuh juga dianggap berperan dalam efek menguntungkan citrulline pada kinerja olahraga atlet.

Meskipun bukan asam amino yang digunakan secara langsung untuk membangun protein, citrulline telah terbukti dapat meningkatkan sintesis protein dengan merangsang jalur sinyal penting yang terlibat dalam pembentukan otot. Terlebih lagi, citrulline dapat mengurangi penyerapan asam amino tertentu oleh hati dan mencegah kerusakan hati. (*)

Be Everlasting with Glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES