Glutera News

8 Ciri Investasi Bodong (Money Games)

Sabtu, 26 Februari 2022 - 12:14 | 120.10k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak tergoda penawaran investasi dengan keuntungan fantastis? Sebagian besar orang bakal gatal untuk langsung menggelutinya. 

Tapi, ada baiknya mencermati kembali apakah investasi tersebut benar-benar memberikan keuntungan yang sah, atau justru hanya penipuan money game (permainan uang) lainnya.

Berbicara tentang investasi memang selalu menarik. Terlebih saat ini isu mengenai investasi sedang naik daun, artinya banyak orang yang mulai melek investasi dengan harapan memiliki kebebasan finansial di masa depan.

Tentunya setiap orang ingin berinvestasi secara aman serta memberikan return atau imbal hasil yang menguntungkan dan stabil di masa depan.

Tapi, jangan asal investasi, pasalnya ada oknum yang menawarkan investasi bodong demi keuntungannya sendiri. Umumnya investasi bodong memberikan iming-iming berupa return yang sangat besar dan instan. Investasi bodong tersebut jelas merugikan investor karena modal utama berisiko hilang dan ujungnya buntung. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri investasi bodong agar tidak mudah tertipu.

Apa itu investasi bodong?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri investasi bodong, kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa itu investasi bodong.

Investasi bodong merupakan investasi yang meminta sejumlah uang kepada investor untuk menanamkan modal pada bisnis atau kegiatan tertentu yang sebenarnya tidak pernah ada. 

Nantinya uang dari investor akan dibawa kabur oleh oknum tersebut. Umumnya investasi bodong memberikan iming-iming bahkan paksaan agar calon investor mau menanamkan modal. 

Investasi bodong memanfaatkan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap investasi dengan menjanjikan keuntungan yang besar.

Ciri-ciri investasi bodong?

Anda perlu tahu apa saja ciri-ciri investasi yang tidak aman alias bodong. Hal ini diperlukan untuk mengamankan aset dan uang anda. 

Jangan sampai hasil kerja kerasmu selama ini lenyap begitu saja hanya karena mengikuti investasi yang tidak jelas. 

Berikut ini beberapa ciri-ciri investasi bodong yang perlu anda tahu.

1. Menawarkan Keuntungan Terlampau Tinggi

Ciri-ciri investasi bodong yang pertama adalah menawarkan keuntungan atau return yang terlalu tinggi. Memang tujuan dari investasi adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, namun keuntungan tersebut harus logis.

Umumnya, keuntungan dari investasi jangka panjang adalah sekitar 15 hingga 20%. Jika keuntungan yang ditawarkan dari investasi lebih dari itu, maka kamu patut curiga.Terlebih jika jangka waktunya sangat singkat.

Untuk membedakan ciri-ciri investasi yang baik dengan investasi bodong, Anda perlu membandingkan return atau keuntungan yang ditawarkan dengan suku bunga bank atau deposito. 

Jika keuntungan investasi jauh melebihi bunga serta deposito, maka bisa jadi penawaran tersebut merupakan investasi bodong. Ingat, investasi yang wajar tidak menawarkan keuntungan yang terlampau tinggi.

2. Keuntungan Dalam Waktu Singkat

Ciri-ciri investasi bodong berikutnya adalah adanya iming-iming keuntungan dalam waktu singkat. Prinsip dasar investasi adalah semakin pendek jangka waktu investasi dan semakin kecil risiko, maka kemungkinan return atau keuntungan yang didapat akan semakin rendah. 

Sebaliknya, semakin panjang jangka waktu investasi dan semakin besar risiko, maka kemungkinan untuk untung semakin besar.

Nah, pada investasi bodong, anda akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu sesingkat-singkatnya dengan risiko yang minim. Waspadai jika anda mendapatkan penawaran investasi dengan iming-iming keuntungan instan tersebut.

3. Perizinan Bermasalah

Perizinan merupakan syarat mutlak dari investasi legal. Perizinan yang dimaksud didapat dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Pada investasi bodong, tidak terdapat izin resmi dari OJK. 

Oleh karena itu, sebelum berinvestasi, kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah investasi tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK atau belum. Jika perizinan  bermasalah, maka jangan sia-siakan waktu dan uang anda untuk menyimpan uang pada investasi tersebut.

4. Cara Penjualan Tidak Resmi

Ciri berikutnya, investasi bodong juga memiliki ciri-ciri berupa penjualan yang tidak resmi. Investasi legal akan melakukan penjualan baik berupa saham, reksadana, emas, dan lain sebagainya secara resmi. 

Baik melalui website resmi atau cara penjualan resmi lainnya. Saat kamu berhadapan dengan investasi bodong, kamu akan melihat cara penjualan investasi tersebut yang terkesan abal-abal dan tidak resmi.

5. Diminta Mencari Nasabah Baru

Diminta mencari nasabah baru juga merupakan ciri-ciri investasi bodong berikutnya. Investasi bodong biasanya akan meminta investor untuk mencari nasabah baru. 

Jadi kamu akan dijebak dan didesak untuk merekrut anggota atau nasabah baru. Jika perekrutan nasabah baru sifatnya wajib dan memaksa, maka bisa dipastikan investasi yang ditawarkan tersebut sifatnya bodong.

Segera hindari dan putus kontak dengan agen agar anda tidak terjebak di dalamnya.

6. Perusahaan dan Produk Tidak Jelas

Berinvestasilah pada perusahaan atau produk yang jelas, karena ciri-ciri investasi bodong berikutnya adalah adanya ketidakjelasan produk dan perusahaan. 

Produk yang ditawarkan serta perusahaan investasi tidak bisa kamu temukan infonya secara valid dan jelas melalui website resmi. Bahkan ketika anda meminta penjelasan produk dan pengelolaan dana secara detail, mereka akan memberikan jawaban yang tidak jelas dan berputar-putar.

Intinya, anda akan didesak untuk segera menyerahkan dana dan setelah itu tidak ada kabarnya. 

Untuk menghindarinya, anda bisa mengakses website OJK untuk mengetahui apakah produk dan perusahaan investasi tersebut terdaftar atau tidak.

7. Pengelolaan Sumber Dana Tidak Transparan

Investasi yang sehat dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya dengan pengelolaan sumber dana yang jelas dan transparan. 

Sebaliknya, investasi bodong memiliki pengelolaan dana yang tidak jelas dan saat dipertanyakan, mereka tidak memiliki jawaban. 

Anda wajib curiga jika investasi yang ditawarkan tidak jelas cara pengelolaan dananya, karena ini adalah ciri-ciri investasi bodong.

8. Keuntungan Macet

Ciri-ciri investasi bodong yang lain adalah keuntungan yang macet. Ada investasi bodong yang memberikan return di awal sesuai dengan penawaran (bahkan lebih tinggi) dengan harapan calon investor akan menambahkan dana yang lebih besar. 

Namun setelah dana kembali disetor, keuntungan yang seharusnya dibagi mendadak macet. Uang anda dibawa kabur tanpa bara yang jelas. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES