Glutera News

4 Vitamin untuk Atasi Darah Rendah

Senin, 07 Maret 2022 - 12:11 | 315.45k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda mengalami mata yang berkunang-kunang, pusing tujuh keliling, lalu jatuh pingsan akibat berdiri terlalu lama? 

Sebagian orang bilang hal itu disebabkan karena belum sarapan pagi atau tidak makan seharian.

Sebenarnya, pernyataan itu tidak salah karena tidak makan seharian bisa menimbulkan gejala yang mengarah pada tekanan darah rendah atau hipotensi. Hipotensi terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. 

Namun, terkadang penyebab hipotensi tidak hanya sesederhana belum makan saja, melainkan juga ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Berikut ulasannya. 

Memahami tekanan darah rendah

Ketika darah mengalir lewat arteri, otomatis dinding arteri akan menerima tekanan. Tekanan ini yang menjadi ukuran kekuatan aliran darah atau yang sering kita sebut dengan tekanan darah.
Terdapat dua ukuran yang digunakan untuk mengukur tekanan darah, yakni tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). 

Dilansir dalam laman WebMD, tekanan darah normal memiliki ukuran berkisar antara <120 dan <80. Sedangkan hipotensi mempunyai tekanan darah di bawah 90/60.

Namun, sebenarnya, tekanan darah seseorang bisa berubah-ubah sepanjang hari. 

Hal itu tergantung pada posisi tubuh, irama pernapasan, tingkat stres, kondisi fisik, obat yang kamu minum, makanan dan minuman yang kamu konsumsi, dan waktu. Tekanan darah biasanya paling rendah di malam hari, lalu meningkat tajam saat bangun tidur.

Konsumsi vitamin

Darah rendah dapat diatasi dengan beragam cara dan salah satunya adalah konsumsi vitamin untuk darah rendah. Asupan vitamin ini dapat Anda peroleh, baik dari makanan maupun suplemen. Dengan begitu, tekanan darah dapat terkendali dan Anda pun terhindar dari komplikasi yang dapat terjadi.

Darah rendah atau hipotensi terjadi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg, sedangkan tekanan darah normal pada orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg.

Darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan salah satunya adalah kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut dengan cara mengonsumsi beragam vitamin yang bisa diperoleh melalui makanan maupun suplemen atau multivitamin.

Darah rendah memang tidak berbahaya apabila terjadi sesekali, tetapi kondisi ini tidak boleh dianggap sepele sama sekali karena dapat menimbulkan komplikasi apabila tidak terkendali dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Vitamin yang tepat untuk darah rendah 

Ada beragam vitamin untuk darah rendah yang perlu Anda penuhi asupannya sehari-hari, di antaranya:

1. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Apabila kadarnya dalam tubuh tercukupi, hipotensi pun dapat dicegah atau diatasi.

Orang dewasa umumnya memerlukan asupan vitamin ini rata-rata sebanyak 2,4 mg per hari. 

2. Asam folat

Tak hanya vitamin B12, asam folat atau vitamin B9 juga berperan penting dalam proses produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, mencukupi asupan vitamin ini juga dapat menurunkan risiko Anda mengalami hipotensi yang disebabkan anemia defisiensi folat dan vitamin B12.

Untuk orang dewasa, Anda disarankan untuk memenuhi 400 mcg asam folat setiap harinya. 

3. Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang berfungsi dalam produksi sel darah merah, sehingga asupannya juga penting dalam menangani darah rendah akibat anemia defisiensi zat besi. 

4. Vitamin C 

Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi yang dapat meningkatkan kadar sel darah merah. Oleh karena itu, selain memenuhi asupan zat besi untuk mengatasi darah rendah, sebaiknya Anda juga memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Jumlah asupan vitamin C untuk orang dewasa adalah sekitar 50–200 mg setiap harinya.

Selain konsumsi suplemen, Anda pun disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup dan menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, mencukupi waktu tidur, serta mengendalikan stres. (*)

Be Everlasting with Glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES