Glutera News

Olahraga Terbukti Bikin Wanita Awet Muda

Minggu, 13 Maret 2022 - 12:38 | 84.62k
ilustrasi - Gluteranews
ilustrasi - Gluteranews

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki kulit dan wajah awet muda memang menjadi impian setiap orang, terlebih wanita. Ada cara mudah dan murah sebagai dasar yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit awet muda.

Anda hanya cukup rutin berolahraga.
Studi menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat dari olahraga pada kesehatan fisik dan mental, termasuk memperlambat proses penuaan alias awet muda. 

Lalu, bagaimana olahraga membuat kulit dan wajah terlihat lebih awet muda? Berikut pembahasannya!

1. Membantu Meningkatkan Efisiensi Energi dan Nutrisi

Benarkah lari bisa membuat awet muda? Ternyata, studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Colorado berhasil membuktikan bahwa hal tersebut bisa terjadi. 

Jurnal yang dipublikasikan dalam Plos One ini menyebutkan, orang dewasa yang lebih tua yang secara teratur berpartisipasi dalam aktivitas aerobik berat memiliki metabolisme yang lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak banyak bergerak. 

Sementara itu, olahraga juga membantu meningkatkan aliran darah, memberikan lebih banyak pasokan oksigen ke seluruh tubuh, sekaligus menjaga sel kulit tetap sehat. Tidak hanya itu, ketika tubuh berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan melepaskan penumpukan sel kulit mati di dalamnya. 

Keringat akan membantu membersihkan tubuh dari racun yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan terbentuknya berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan tanda penuaan. 

2. Memperlambat Penuaan Sel

Olahraga nyata akan membuat Anda seperti kembali muda. Bagaimana caranya? Ternyata dengan mematikan proses penuaan yang terjadi pada kromosom. 

Sebab, untuk bisa tetap awet muda, Anda perlu menjaga sel dalam tubuh tetap awet muda. Nah, para peneliti telah berhasil menemukan bahwa olahraga dapat menjaga DNA tetap sehat dan awet muda. 

Studi yang dipublikasikan di Science Advances menyebutkan, Telomer, tutup di ujung kromosom yang bertanggung jawab atas proses penuaan, akan semakin pendek seiring dengan bertambahnya usia. 

Nah, olahraga rutin berhasil membuat telomer lebih panjang, yang artinya dapat membantu tubuh untuk tetap bugar lebih lama. 

3. Pereda Stres

Salah satu kunci untuk menjalani hidup yang bahagia dan sehat adalah mengurangi stres dan kecemasan. Sayangnya, tingkat stres yang tinggi berdampak besar pada usia, dan olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres, membuat hidup menjadi lebih sehat, bahagia, dan lebih panjang dari segi usia. 

4. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lain dari berolahraga secara rutin adalah membantu mengurangi risiko penyakit kanker, termasuk kanker usus dan kanker paru-paru. Bahkan, aktivitas murah meriah satu ini juga membantu mencegah terjadinya penyebaran kanker pada tubuh. 

5. Menjaga Metabolisme

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan secara alami mengalami perlambatan. Ketika berat badan bertambah, tubuh akan berisiko terserang penyakit diabetes, jantung, stroke, dan berbagai penyakit serius lainnya. 

Semakin banyak massa otot yang dimiliki tubuh, semakin cepat tubuh membakar kalori. Melalui olahraga, kita menjaga tubuh tetap kuat, mendapatkan berat badan yang sehat, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit.

Sudah bukan rahasia lagi, olahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, hingga mencegah berbagai penyakit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES