Glutera News

Cara dan Syarat Live di TikTok, Bisa Interaksi Langsung Lho!

Jumat, 10 Juni 2022 - 13:25 | 171.70k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – TikTok menjadi aplikasi yang banyak digunakan dan mencuri perhatian. Tiktok memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Karena banyak digunakan oleh berbagai kalangan, tidak mengherankan jika kini banyak pelaku bisnis menggunakan Tiktok untuk mempromosikan produk/jasanya.

Tidak hanya anak muda, orang dewasa dan orang tua juga menyukai aplikasi yang satu ini. TikTok sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016 namun belum banyak yang menggunakan aplikasi ini pada saat itu. 

Para pengguna TikTok dulunya hanya menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan pribadi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak fitur TikTok yang mendukung kegiatan bisnis. 

Penggunaan TikTok untuk promosi bisnis ini berjalan dengan cukup cepat seiring dengan pertumbuhan konten video dan foto. TikTok menjadi aplikasi yang menyediakan fitur sehingga video dan fitur tampak lebih menarik. 

Apa itu TikTok Live?

Bersumber dari laman TikTok, TikTok Live adalah fitur yang dimiliki oleh TikTok yang memungkinkan pengguna dan Content Creator untuk berinteraksi secara real-time. TikTok Live juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan engagement dan menjangkau audience baru.

Selain bisa dimanfaatkan oleh Content Creator untuk berinteraksi dengan pengikutnya secara real-time, TikTok Live juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan yang diperoleh dari gift yang diberikan oleh pengikut atau berasal dari brand yang masuk dan melakukan endorsement.

Time-to-tiktok.jpg

Berikut ini beberapa alasan untuk live di TikTok:

1. Membagikan passion yang dimiliki
2. Menunjukkan bakat
3. Membuka sarana untuk Q&A
4. Melakukan perform tertentu atas permintaan
5. Meluncurkan sebuah produk
6. Mengumpulkan uang untuk amal melalui stiker donasi

Syarat dan cara live di TikTok 

Syarat utama agar kamu bisa live di TikTok adalah kamu harus berusia 16 tahun ke atas dan memiliki 1000+ pengikut. Sedangkan syarat agar bisa mengirim atau menerima hadiah selama live adalah harus berusia minimal 18 tahun.

Jika kamu telah berusia di atas 16 tahun dan memiliki 1000+ pengikut, berikut ini adalah beberapa langkah atau cara live di TikTok:

• Buka aplikasi dan ketuk ikon buat (+) di bagian bawah layar.
• Pilih LIVE dari menu.
• Setelah kamu memilih LIVE, kamu dapat melihat pratinjau bagaimana video kamu akan ditampilkan. Di pratinjau ini, kamu dapat menambahkan judul live stream, mengaktifkan atau menonaktifkan komentar, menambahkan efek atau filter, memilih charity untuk didukung, dan membagikan live stream melalui platform media sosial yang terhubung.
• Saat kamu sudah siap, ketuk Go LIVE untuk memulai live di TikTok.
• Setelah mengikuti cara live di TikTok di atas dan selesai melakukan live, ketuk tombol daya di bagian bawah layar menu untuk mengakhiri live di TikTok.

Tios agar bisa live di TikTok

Kamu dapat live di TikTok setelah memperoleh 1000+ pengikut pada akun TikTok-mu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar segera mencapai persyaratan live di TikTok tersebut.

• Buatlah konten secara konsisten

Tips pertama untuk memperoleh 1000+ followers di TikTok adalah mengunggah konten secara konsisten. Kamu dapat menggaris bawahi konsisten di sini sebagai konsisten dalam waktu dan topik atau tema tertentu. Dengan membuat video secara konsisten dan menarik akan memperbesar peluang kontenmu untuk masuk FYP dan dilihat banyak pengguna lain.

Masuk ke FYP adalah salah satu tips ampuh untuk mulai membangun followers. Jika konten yang kamu buat menarik untuk mereka, maka mereka tidak akan ragu untuk menjadi follower-mu atau bahkan membagikan konten tersebut di luar platform TikTok.

• Gunakan hashtag secara strategis

Tips selanjutnya adalah menggunakan hashtag atau tagar. TikTok memudahkan penggunanya untuk menemukan hashtag yang relevan dengan menyarankan tagar saat kamu mulai mengetiknya. Kamu bahkan dapat melihat berapa banyak tampilan yang dikaitkan dengan setiap hashtag.

Untuk itu, kamu bisa menyertakan hashtag pada setiap video yang kamu miliki dengan tujuan agar video kamu mudah ditemukan oleh pengguna lainnya.

• Promosikan konten lintas platform

Kamu mungkin sering melihat konten video TikTok muncul di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp. Mempromosikan konten video TikTok yang kamu miliki merupakan salah satu cara ampuh untuk menarik audience.

Untuk benar-benar membuat mereka mengikuti kamu di TikTok, kamu harus sering membagikan kontenmu lintas platform. Selain bisa membuat para pengguna internet yang belum menggunakan TikTok agar tertarik dengan konten-konten TikTok, cara ini juga dapat meningkatkan followers dari berbagai platform untuk mengenal sisi personal kamu selaku pembuat konten.

• Membalas komentar di video TikTok

Saat kamu mulai memposting di TikTok, kamu akan mulai menarik orang ke profil TikTok-mu karena TikTok mencoba mencari tahu seperti apa niche akun TikTok milikmu dan siapa yang akan tertarik dengan videomu. Hal itu akan mulai mendorong konten videomu ke pengguna lainnya.

Saat orang-orang menemukan konten videomu dan mulai berkomentar, maka sebaiknya kamu membalas komentar-komentar tersebut. Hal ini akan meningkatkan engagement videomu dan menarik lebih banyak lagi orang untuk menontonnya atau bahkan mengikutimu di TikTok.

Aturab live di TikTok 

Salah satu cara live di TikTok yang aman adalah dengan mematuhi aturan live yang telah ditentukan. Berikut ini adalah beberapa aturan live di TikTok yang harus kamu ketahui dan patuhi agar akun TikTok milikmu tidak diblokir.

• Dilarang menyiarkan konten kebencian yang menargetkan komunitas tertentu.
• Dilarang menyiarkan konten penuh teror.
• Dilarang menampilkan konten dengan unsur pornografi atau konten seksual eksplisit.
• Dilarang melakukan kekerasan pada manusia atau hewan selama live di TikTok.
• Dilarang melakukan tindakan pembunuhan saat live.
• Dilarang melakukan tindakan asusila dibawah umur. 
• Dilarang melakukan penipuan, kejahatan dunia maya, atau pencucian uang.
• Dilarang melakukan penculikan atau pemerasan.
• Dilarang melakukan perdagangan atau konsumsi narkoba.
• Dilarang melakukan perdagangan manusia atau organ.
• Dilarang menampilkan tindakan melukai diri sendiri atau bunuh diri.

Sekian penjelasan cara live di TikTok lengkap dengan syarat, tips, dan aturan live di TikTok yang wajib kamu ketahui. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, diharapkan kamu dapat memanfaatkan platform media sosial TikTok sesuai dengan tujuan dan tetap bijak dalam penggunaannya. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES