Glutera News

7 Ciri-Ciri Kulit Sehat, Bagaimana Kulit Anda?

Kamis, 30 Juni 2022 - 18:16 | 112.16k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang tentu mendambakan kulit sehat. Namun, apakah Anda tahu seperti apa ciri kulit sehat? Benarkah kulit yang sehat ditandai dengan bersih dan putih merona?

Untuk mengetahui jawabannya, simak perbedaan ciri-ciri kulit sehat terawat dan yang tidak sehat dalam artikel berikut ini.

Ciri-ciri kulit sehat 

Pada dasarnya, kulit yang sehat itu bebas dari berbagai masalah kulit seperti gatal, ruam, atau penyakit kulit panu.  Penting untuk tahu apakah kulit Anda sehat atau tidak karena informasi ini membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Acne-Series.jpg

Beberapa kondisi kulit di bawah ini bisa menjadi patokan dalam mengukur kesehatan kulit Anda.

1. Warna kulit merata

Setiap orang memiliki tipe kulit yang beragam. Itulah mengapa warna kulit jadi tolok ukur kesehatan kulit.  Kulit yang sehat memiliki ciri warna kulit—baik hitam, putih, kuning langsat, maupun sawo matang—yang merata. 

Artinya, tidak ada perbedaan warna yang kontras di bagian tubuh Anda, misalnya salah satu bagian kulit wajah yang terlihat kemerahan dan gelap (hiperpigmentasi), sedangkan warna asli kulit adalah sawo matang.
Anda dapat merawat warna kulit agar merata dengan rutin menggunakan sunscreen. Selain itu, gunakan skincare yang mengandung glycolic acid dan vitamin C. 

Kedua bahan tersebut berfungsi menghambat produksi melanin yang menyebabkan pigmentasi (perbedaan warna) kulit akibat bekas jerawat atau sinar ultraviolet matahari.

2. Tekstur kulit kenyal

Ciri-ciri kulit sehat berikutnya adalah terasa kenyal. Anda bisa mengecek kekenyalan kulit dengan mencubit pipi perlahan. Jika kenyal, kulit pipi terasa lembut dan elastis.

Elastisitas kulit ini bisa muncul jika kulit terhidrasi dengan baik, serta dijaga kelembapannya. Anda bisa menjaga kelembapan kulit menggunakan skincare yang mengandung vitamin E atau omega-3. 

Selain itu, penuhi kebutuhan air tubuh, dengan meminum setidaknya 1,5 liter air per hari. Konsumsi juga buah dan sayur yang tinggi beta-karoten, seperti wortel, labu kuning, ubi jalar, mangga, dan pepaya.

3. Kulit terhidrasi dengan baik

Kulit yang sehat semestinya terasa lembap karena artinya asupan air untuk kulit terpenuhi. 

Air menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak, serta berperan penting dalam produksi kolagen.

Kulit yang terhidrasi dengan baik juga mampu memaksimalkan penyerapan zat aktif dari skincare. 

Hal ini bisa terlihat dari produk skincare yang mudah menyerap ke dalam kulit. 

Untuk memiliki kulit wajah yang terasa lembap dan terhidrasi, gunakan pelembap secara rutin setiap pagi dan malam hari dan konsumsi air putih delapan gelas per hari. 

Whitening-Series.jpg

4. Tidak merasakan sensasi pada kulit

Ciri-ciri kulit sehat berikutnya adalah tidak muncul sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. 

Anda perlu memperhatikan produk perawatan kulit yang digunakan. Tanda produk perawatan kulit tidak cocok, mungkin akan menimbulkan sensasi seperti gatal, rasa panas terbakar, atau kencang seperti tertarik.

Jika zat yang yang terkandung dalam produk perawatan kulit menimbulkan reaksi demikian, sebaiknya hentikan pemakaian produk agar kulit tidak semakin rusak.

5. Tidak berjerawat dan garis halus

Kulit sehat tidak memiliki jerawat, bekas luka, komedo, garis-garis halus, atau iritasi. Untuk menjaga kulit wajah agar bebas kerutan adalah dengan rutin menggunakan tabir surya.

Menurut jurnal BMJ clinical evidence (2014) bahaya paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari bisa mengakibatkan radikal bebas yang merupakan penyebab keriput dan garis-garis halus wajah.

Oleh karena itu, Anda dapat mencegah terjadinya keriput atau penuaan dini dengan melindungi kulit dari sinar ultraviolet atau UV.

6. Bercahaya dan segar

Glowing skin atau kulit bercahaya adalah ciri-ciri kulit wajah sehat berikutnya. Kulit ini bebas dari sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. 

Rutin mencuci wajah dengan cara double cleansing akan membantu wajah menjadi terlihat lebih segar dan cerah menawan.

Teknik double cleansing juga mengurangi minyak berlebih serta membantu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

7. Kulit terasa lembut dan halus

Ciri-ciri kulit wajah sehat selanjutnya adalah wajah lembut dan halus saat disentuh. Untuk mendapatkan kulit halus dan lembut, Anda perlu eksfoliasi wajah secara rutin dan tepat. 

Eksfoliasi bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, begitu pun dengan mengontrol dan mengobati jerawat yang parah secara efektif. 

Perawatan kulit ini juga menghilangkan atau membuat tanda-tanda penuaan dini dan garis halus. 

Serta meningkatkan tekstur kulit secara signifikan dan perubahan warna kulit memberikan tampilan yang sangat baik.

Ciri-ciri kulit sehat adalah warna kulit merata, tekstur kulit halus dan lembut, kulit terasa lembap, serta tidak ada sensasi aneh yang dirasakan pada kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk melakukan berbagai cara menjaga kesehatan kulit dengan tepat. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES