Glutera News

10 Manfaat Latihan Otot Kaki untuk Wanita

Jumat, 08 Juli 2022 - 12:45 | 763.71k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga seharusnya melatih setiap bagian tubuh agar seimbang, tak terkecuali kaki. Latihan kaki adalah aspek penting dari rutinitas kebugaran tubuh yang seimbang. Ini karena dengan melatih kaki, kita juga membangun kekuatan, kecepatan, dan stabilitas.

Penting untuk konsisten dengan latihan kaki, karena otot-otot di bagian ini merupakan bagian integral dari kebugaran secara keseluruhan. Selain itu, melatih kaki juga membuat tubuh lebih mudah untuk beradaptasi dengan latihan lain, yang akan membantu mencapai tujuan kebugaran.

Pada saat berolahraga, banyak orang yang hanya memfokuskan olahraganya pada otot perut dan otot lengan. Faktanya, melatih otot kaki ternyata mampu memberikan efek yang lebih dari sekedar sehat dan bugar saja. Kaki yang kokoh akan sangat mendukungmu dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sehingga menjaga otot kaki agar tetap kokoh dan kuat perlu dilakukan. Beragam manfaat dari melatih otot kaki yang mungkin belum Anda ketahui adalah:

1. Fungsi dasar kaki menjadi lebih kuat

Otot kaki yang dilatih secara rutin akan memperkuat fungsi dasar kaki dalam berjalan, berlari, ataupun berpindah-pindah tempat. Dengan melatih otot kaki, maka fungsi kaki Anda akan lebih maksimal lagi dalam menopang tubuh dan menjadi sensor suhu tubuh. Karena otot kaki yang terlatih akan mampu meningkatkan sensor sensitifitasnya sehingga suhu tubuh akan terasa lebih aman.

2. Penyeimbang tubuh

Bayangkanlah jika otot kaki yang Anda miliki tidak teralalu kuat, maka keseimbangan tubuh akan berkurang dalam menopang tubuh. Anda akan kesulitan dalam berjalan, melangkah, terlebih lagi berlali. Tegaknya Anda berdiri dan kokohnya Anda dalam berlari karena adanya otot kaki yang kuat.

3. Merangsang pertumbuhan otot yang lainnya

Dengan melatih otot kaki, maka pertumbuhan otot yang lain pun akan berkembang. Latihan otot kaki pada dasarnya tidak hanya melibatkan otot kaki saja, namun otot-otot yang lain pun bekerja seperti otot pinggul, penggul, persendian, dan otot lainnya yang berhubungan langsung dengan kerja otot kaki. Jika otot kaki bisa dilatih semakin rutin, maka otot kaki pun akan semakin kokoh dan mampu melepaskan hormon pertumbuhan otot agar bisa merangsang pertumbuhan massa otot yang lainnya. Kondisi tersebut akan membuat otot menjadi lebih kuat dan responsif terhadap rangsangan langsung.

4. Sistem metabolisme tubuh menjadi meningkat

Fakta menunjukan bahwa setiap aktivitas otot akan mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Terlebih lagi, metabolisme tubuh akan meningkat dua kali lipat jika latihan yang dilakukan berfokus pada tubuh bagian bawah seperti latihan squat, leg extension, dan step-up. Jika metabolisme tubuh meningkat, maka yang terjadi adalah pembakaran energi akan menjadi jauh lebih cepat. Makan yang dikonsumsi pun tidak akan menjadi lemak ketika metabolisme tubuh meningkat.

5. Memiliki tubuh atletis

Manfaat dari melatih otot kaki adalah Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih atletis. Memiliki tubuh yang atletis tidak hanya dinilai dari penampilannya saja, tapi dari fungsionalnya saja seperti mampu bergerak dengan lebih fleksibel, lincah, dan akan bergerak lebih aktif dari pada mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah melatih otot kakinya.

6. Resiko sakit punggung akan terminimalisir

Otot tubuh merupkan otot yang bekerja secara terhubung, jadi ketika Anda melatih satu bagian kaki, maka otot bagian yang lainnya pun akan mendapatkan rangsangan meskipun intensitasnya tidak seperti bagian yang dilatih. Hal tersebut terjadi karena otot kaki terbuhung dengan otot yang lainnya, sehingga akan memberikan efek yang merata.

7. Membantu membakar lebih banyak kalori

Manfaat melatih kaki yang pertama adalah dapat membantu membakar kalori lebih banyak. Beberapa otot terbesar di tubuh berada di kaki, seperti Gluteus Maximus (pantat), Quadriceps (depan paha), dan Hamstring (belakang paha). Semakin besar otot, semakin banyak darah yang dibutuhkan untuk mendapatkan oksigen dan bahan bakar ke otot tersebut selama latihan.

Otot-otot ini juga terletak jauh dari jantung daripada otot-otot di tubuh bagian atas, jadi jantung harus bekerja lebih banyak agar dapat mengirimkan darah ke bagian tersebut. Kedua aktivitas ini membuat tubuh membakar lebih banyak kalori saat Anda melatih kekuatan kaki.

8. Memperbaiki ketidakseimbangan otot dan pemulihan cedera

Manfaat melatih kaki yang kelima adalah untuk memperbaiki ketidakseimbangan otot. Menambahkan latihan kaki ke rutinitas memungkinkan Anda untuk fokus pada kelompok otot yang jarang dilatih dan diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, olahraga, atau latihan lainnya.

Memperkuat otot-otot ini dapat membantu mencegah ketidakseimbangan. Jika sudah mengalami ketidakseimbangan atau cedera, menambahkan latihan kaki tertentu dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan atau cedera tersebut dan membantu memperkuat dan menstabilkan bagian tubuh yang terkena.

9. Membuat tubuh terlihat seimbang dan kencang

Manfaat melatih kaki yang terakhir yaitu menjadikan tubuh tampak seimbang dan kencang. Ini mungkin adalah manfaat yang paling dicari bagi sebagian orang. Menambahkan latihan kekuatan untuk menargetkan serat otot Tipe II yang lebih besar akan membantu Anda menjadi lebih efektif dalam mendapatkan kaki yang tampak kencang.

10. Baik untuk menyangga lutut

Seiring bertambahnya usia, persendian makin rentan mengalami cedera. Latihan otot kaki seperti squat dan lunges, jika dilakukan dengan benar akan memperbesar otot-otot yang akan menyangga salah satu sendi terpenting yakni lutut.

Itulah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melatih otot kaki. Dengan berbagai manfaat diatas, yuk mulai sekarang rutin melatih otot kaki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES