Glutera News

5 Manfaat Latihan Body Workout untuk Wanita

Jumat, 08 Juli 2022 - 17:20 | 293.83k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bodyweight training menjadi salah satu jenis olahraga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak berbeda dengan jenis olahraga lainnya, latihan yang satu ini juga memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Bodyweight training merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan memanfaatkan berat badan dan gravitasi. 

Dengan kata lain, latihan fisik yang satu ini bisa dilakukan tanpa menggunakan alat bantu khusus serta bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari bodyweight training. Jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran alias gym, bodyweight training bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Manfaat Full-Body Workout

Full body workout mempunyai volume latihan yang lebih rendah namun mempunyai frekuensi latihan yang lebih tinggi. 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat melakukan full body workout yang wajib anda ketahui :

1. Akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Dengan melatih seluruh serat otot setiap hari melalui Full Body Workout, Anda akan secara tidak sadar telah menjaga proses metabolism tubuh berjalan dengan baik. Ini sangat berperan penting untuk mencegah berbagai ancaman gangguan metabolic. FBW ini cocok dilakukan oleh berapapun usia anda (muda maupun tua selama masih sanggup berolahraga).

2. Mengalami peningkatan kekuatan yang lebih besar

Ada 2 jenis individu yaitu kelompok individu yang lebih kuat dan lebih lemah dilihat dari kemampuan dalam melakukan gerakan squat. Kelompok kuat ini dibagi menjadi 2, yang pertama menjalankan FBW, dan lainnya menjalankan Split training. Berdasarkan penelitian kesehatan, didapatkan fakta bahwa mereka yang melakukan full body workout bisa mengalami peningkatan kekuatan yang lebih besar dibanding dengan kelompok split training. Bisa disimpulkan bahwa FBW sangat berpengaruh terhadap peningkatan kekuatan tubuh si pelakunya.

3. Meningkatkan massa otot lebih banyak

Berdasarkan studi yang dilakukan peneliti kesehatan fisik, ditemukan fakta bahwa mereka yang menjalani FBW juga akan mengalami penambahan massa otot lebih banyak dibanding mereka yang melakukan split traning. Apa alasannya? Karena Full body training akan membuat rasio testosterone meningkat dibanding kortisol. Semakin tinggi kadar testosterone tubuh, semakin renah kortisol, maka tubuh anda akan semakin bersifat anabolic. Dengan mengaktifkan rasio anabolic yang ideal melalui FBW, potensi pembentukan protein otot anda juga akan lebih maksimal.

4. Akan lebih cepat dalam mengurangi lemak tubuh

FBW akan mempercepat proses pembakaran lemak tubuh. Full body workout bisa pengaruhi pengurangan lemak dengan melakukan aktivasi gen tubuh. Aktivasi gen ini sangat penting untuk menentukan hasil latihan, baik perkembangan otot maupun pengurangan lemak tubuh anda. 

5. Hasil yang Terlihat 

Hasil yang didapat dari overweight training juga lebih terlihat dibanding jenis olahraga lain. Jika dilakukan dengan rutin dan benar, jenis olahraga ini bisa membantu membentuk tubuh dengan otot-otot yang sehat dan kuat.

Selain itu, penurunan berat badan dan kekuatan tubuh secara keseluruhan juga bisa didapat sebagai manfaat dari bodyweight training. 

Biar hasil dari olahraga ini maksimal, pastikan untuk membarenginya dengan gaya hidup sehat.

Rutin berolahraga yang dikombinasikan dengan konsumsi makanan sehat bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Tidak hanya itu, kesehatan dan kebugaran tubuh juga lebih terjaga sehingga tidak mudah sakit. 

Nah itu adalah informasi tentang pengertian dan manfaat dari full body workout yang telah anda ketahui, Berminat untuk melakukan full body workout sekarang? Ayo lakukan dan dapatkan banyak manfaat untuk kebugaran tubuh anda pastinya. 

Selamat mencoba dan salam olaharaga! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES