Glutera News

Capai Body Goals dengan Latihan Wall Sit

Senin, 18 Juli 2022 - 17:03 | 214.89k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika Anda ingin melakukan olahraga sederhana dan mudah yang mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh, maka wall sit bisa jadi salah satu pilihannya.

Olahraga ini tak jauh berbeda dengan squat, di mana tujuan gerakan wall sit adalah untuk melatih otot perut, bokong, paha, hingga betis.

Bukan cuma itu, latihan tersebut juga tidak memerlukan peralatan apapun sehingga dapat Anda lakukan walau di rumah saja.

Apa itu wall sit?

Dari gerakannya, sebenarnya wall sit hampir mirip dengan squat. Hanya saja, wall sit dilakukan dengan cara menyandarkan punggung secara tegak ke dinding sambil menekuk lutut layaknya sedang melakukan squat.

Dilansir dari Very Well Fit, wall sit adalah gerakan olahraga yang sering dilakukan untuk membentuk kekuatan isometrik (latihan otot yang dilakukan dengan statis) dan ketahanan pada bagian otot paha depan, bokong, serta betis.

Gerakan olahraga yang juga dikenal sebagai wall squat ini cocok untuk Anda yang ingin memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

Tips melakukan wall sit exercise yang benar 

Meski terlihat mudah dilakukan, Anda tidak boleh melakukan wall sit dengan sembarangan. Untuk mempraktikkan wall sit dengan benar, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.
• Pertama-tama, sandarkan punggung Anda ke dinding. Lalu posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu dan beri jarak sekitar 60 centimeter (cm) dari dinding.
• Kencangkan otot perut lalu geserlah punggung secara perlahan ke arah bawah sampai posisi tubuh Anda seperti sedang duduk di atas kursi.
• Sesuaikan kaki Anda sampai lutut berada tepat di atas pergelangan kaki, bukan di atas jari kaki.
• Jaga posisi punggung agar tetap lurus atau rata dengan dinding.
• Tahan posisi ini selama 20-60 detik.
• Jika sudah, geser punggung ke posisi berdiri secara perlahan.
• Istirahat selama 30 detik dan ulangi gerakan wall sit sebanyak tiga kali.
• Ingat, jangan memaksakan tubuh jika Anda belum kuat atau belum terbiasa melakukannya.

Jangan berkecil hati saat Anda hanya bisa mempraktikkannya sebentar. Seiring berjalannya waktu, tubuh Anda dapat beradaptasi dan bisa melakukan wall sit lebih lama lagi.

Glutera-Coll.jpg

Manfaat wall sit 

Mulai dari membentuk six pack, memperkuat otot betis, hingga meningkatkan kestabilan tubuh, berikut adalah berbagai manfaat wall sit yang tak kalah hebat dari gerakan olahraga lainnya.

1. Membentuk six pack

Tidak hanya sit up saja yang bisa membantu Anda mendapatkan six pack, wall sit pun juga bisa diandalkan untuk memperkuat otot perut.

Sebab, Anda perlu mengencangkan otot perut saat mempraktikkan wall sit. Jika perut tidak dikencangkan, maka six pack tidak dapat terbentuk.

2. Melatih konsentrasi dan fokus

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, wall squat juga bisa membantu Anda melatih konsentrasi dan fokus jika dilakukan secara rutin.

Perlu diketahui, melakukan wall sit membutuhkan tingkat fokus yang tinggi, apalagi jika dilakukan selama 30 hingga 60 detik.

Ditambah lagi, Anda perlu fokus mengatur napas secara benar, mengencangkan otot perut, dan menjaga kestabilan tubuh secara bersamaan. Jadi, tidak heran jika gerakan ini dapat melatih konsentrasi dan fokus.

3. Memperkuat otot betis

Kalau Anda ingin membentuk dan mengencangkan otot betis, wall sit exercise dapat menjadi salah satu solusinya.

Pasalnya, selama melakukan wall sit, berat badan akan ditopang oleh kaki sehingga dapat membuat otot betis semakin terbentuk dan mengencang.

4. Menjaga kestabilan tubuh

Salah satu manfaat wall sit yang utama adalah memperkuat otot kaki. Saat otot-otot di bagian kaki sudah semakin kuat, kestabilan tubuh dapat terjaga sehingga risiko terjatuh atau tergelincir semakin kecil.

5. Memperkuat otot paha

Wall sit mengharuskan bagian kaki menopang berat badan Anda. Posisi ini dapat memperkuat dan membentuk bagian otot-otot di paha. Memiliki otot paha yang kuat membantu tubuh menjadi lebih stabil.

6. Menambah stamina dan ketahanan

Dilansir dari Fit and Me, gerakan wall sit juga dipercaya bisa menambah stamina dan ketahanan fisik. Pasalnya, saat kaki dan perut semakin kuat, ketahanan tubuh juga dipercaya dapat meningkat.
Peningkatkan stamina dapat membantu Anda melakukan berbagai hal dalam durasi yang lebih lama, misalnya menaiki tangga yang panjang.

7. Membakar kalori

Jangan kira bahwa wall sit tidak bisa membakar kalori. Justru sebaliknya, gerakan olahraga ini adalah salah satu cara efektif untuk membakar kalori dan mengundang keringat, terutama jika Anda melakukannya dengan benar dengan durasi yang lama.

8. Memungkinkan tubuh menjadi fleksibel

Mengapa wallsit bisa menjadi olahraga yang memiliki manfaat untuk memungkinkan tubuh untuk menjadi fleksibel,ini dikarenakan pada gerakan wallsit juga terdapat gerakan yoga,seperti yang kita tahu dalam gerakan yoga sifatnya adalah gerakan yang lentur dan fleksibel sehingga dalam gerakan wallsit ini secara otomatis terdapat gerakan-gerakan yang fleksibel sehingga memuat tubuh menjadi lentur.

9. Tubuh menjadi seimbang

Yang dimaksud tubuh menjadi seimbang ialah tubuh memiliki kemauampuan dalam mengelola tubuh sehingga tubuh tidak gampang goyah ataupun jatuh. Dikarenakan dalam olahraga wallsit kita juga belajar seni meyeimbangkan.

Seperti gerakan menempel pada dinding ataupun gerakan duduk tanpa kursi ,gerakan-gerakan tersebut ialah gerakan yang bertujuan untul melatih atau meningkatkan keseimbangan tubuh.

10. Betis menjadi kuat

Saat kita melakukan gerakan wallsit terdapat gerakan-gerakan dimana gerakan dimana dalam gerakan tersebut terdapat penekanan otot dan juga beban pada otot terutama adalah otot betis. Jika wallsit ini dilakukan secara rutin akan membuat betis anda menjadi kuat dan kencang,apalagi jika yang melakukan wallsit ini adalah wanita,pastinya wanita tersebut akan menajadi lebih percaya diri karena betisnya menjadi kencang sehingga akan lebih nyaman ketika memakai rok pendek. Olahraga lain yang dapat membuat betis kuat antaranya meliputi manfaat skot jump dan manfaat joging.

11. Mengurangi stress

Wallsit juga bisa mempunyai manfaat dalam mengurangi stress dikarenakan biasanya dalam melakukan latihan wallsit terdapat iringan music seperti music celtic yang akan menimbulkan efek nyaman pada tubuh sehingga tubuh akan menjadi rileks dan penat-penat pada fikiran akan hilang sehingga stress akan berkuran bahkan akan hilang. Stres biasanya dapat hilang bila dapat tertawa atau pun teriak, hal ini merupakan manfaat tertawa ataupun manfaat teriak.

12. Memperkuat lima indra

Dalam melakukan gerakan wallsit ternyata juga bisa memperkuat lima indra, karena jika kita melakukan latihan yang rutin terdapat latihan olahraga wallsit terdapat peningkatan fungsi panca indra terutama lima panca indra khususnya adalah indra peraba,karena dalam melakukan olahraga wallsit indra peraba akan menjadi lebih terlatih dan fungsi kerjanya akan lebih maksimal. 

Wall sit adalah gerakan olahraga yang sederhana, tapi memiliki khasiat yang tinggi. Jika kamu ingin berolahraga di rumah tanpa menggunakan perlatan, wall sit dapat menjadi salah satu gerakan yang bisa dipraktikkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES