Glutera News

10 Manfaat Resistance Band, Alat Olahraga Kekinian

Rabu, 20 Juli 2022 - 12:20 | 494.51k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski terlihat simpel dan amat sederhana, faktanya resistance band memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Fungsi resistance band tidak hanya menyoal kekuatan otot saja. 

‘Pita’ elastis ini juga bisa digunakan untuk melatih fleksibilitas dan mobilitas tubuh.

Sudah bosan menggunakan dumbel, barbel, atau treadmill untuk berolahraga di rumah? Nah, alternatifnya kamu bisa menggunakan resistance band sebagai alat bantu olahraga selama berada di rumah. Fungsi resistance band ini cukup beragam. Alat yang terlihat sederhana tak hanya menguatkan masa otot saja.

Resistance band mungkin terlihat kecil dan sederhana. Namun, kekuatan yang alat tersebut miliki bisa ‘menyelinap’ pada tubuh. Hanya dengan alat sederhana ini bisa memperoleh berbagai manfaat bagi tubuh. Nah, berikut ini beberapa fungsi resistance band yang menarik untuk diketahui.

1. Alat olahraga dengan harga terjangkau 

Pengeluaran yang cukup besar seringkali menjadi salah satu alasan orang malas berolahraga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat memilih dan menggunakan resistance band sebagai alat olahraga. 

Resistance band ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau di pasaran dibandingkan alat olahraga lainnya, seperti dumbell dan barbell. 

2. Mudah Dibawa

Bayangkan kalau kamu harus membawa sebuah dumbel berukuran 2 kg saat traveling. Pastinya, kamu harus mengurangi barang lainnya supaya tidak kelebihan beban, bukan? Resistance bands bisa diselipkan di salah satu kantong tas kamu dan bisa kamu bawa ke mana-mana dengan mudah.

Pastinya, kamu tidak akan membutuhkan semua varian bobot dalam satu set resistance bands, bukan? Mungkin hanya satu atau dua varian saja yang akan kamu bawa ke ruang terbuka atau penginapan saat kamu traveling atau business trip.

Glutera-GSHH.jpg

3. Bervariasi dari Bobot dan Warna

Dalam satu set resistance bands, kamu akan mendapatkan minimal empat pilihan resistance band. Nah, setiap kain elastis tersebut memiliki bobot yang berbeda-beda. Kamu memang tidak perlu membawa semua variannya, cukup satu atau dua resistance band dengan bobot tertentu. Dengan begitu, kamu sudah bisa berolahraga di mana pun kapan pun.

Bukan hanya itu, pilihan warna yang dijual di parasan pun cukup beragam. Kamu tidak hanya akan mendapatkan satu warna hitam atau putih dan membuat latihan kamu akan membosankan. Ada beberapa pilihan warna lain yang biasanya disesuaikan dengan bobotnya.

4. Dapat digunakan di mana pun 

Resistance band sangat portabel dan mudah dibawa ke mana saja. Alat olahraga ini ringan dan mudah disimpan di ransel, dompet, atau bahkan koper Anda. Dengan alat olahraga yang praktis, Anda bisa latihan di mana pun dan kapan pun. 

5. Membuat latihan lebih variatif

Latihan dengan dumbell atau barbell membuat Anda hanya terfokus pada otot tertentu. Namun, dengan resistance band Anda bisa melakukan gerakan yang lebih variatif, seperti menggunakan resistance band secara vertikal maupun horizontal. Resistance band juga dapat digunakan untuk latihan otot kaki, punggung, maupun lengan. 

6. Minim cedera

Lain halnya dengan barbel dan dumbel, resistance band adalah alat olahraga yang sangat minim cedera. Pasalnya, alat olahraga ini tidak memiliki bobot yang terlalu berat meskipun Anda tetap diharuskan melatih keseimbangan agar tali tidak terlepas dari tubuh Anda.

7. Membuat tubuh fleksibel 

Jika Anda sering mengalami cedera otot maupun sendi karena padatnya aktivitas, latihan dengan resistance band adalah pilihan tepat. Untuk melatih kelenturan tubuh, Anda bisa memilih beberapa gerakan, seperti hamstring stretch, inner thigh stretch, dan lying hip stretch. 

Glutera-Coll.jpg

8. Mengencangkan otot 

Resistance band adalah tali elastis yang dapat digunakan oleh para pegiat olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan massa otot. Anda dapat memilih tali yang cocok untuk tujuan pengencangan otot. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jumlah resistensi yang cocok untuk diterapkan dalam gerakan Anda. 

9. Sebagai Killer Supersets

Cara lain untuk membuat latihan terasa lebih sulit tanpa menambah berat badan adalah dengan menggabungkan superset, atau berpindah dari satu latihan ke latihan berikutnya tanpa istirahat.

Nah, kamu bisa menggunakan resistance band ini sebagai killer superset bila pilihan peralatan olahraga di rumah sangat terbatas. Melatih otot yang sama secara berurutan dalam superset membantu melemaskan ototmu terlebih dahulu, dan membuatnya merasa bekerja lebih keras.

10. Meningkatkan fokus

Selain dapat membuat tubuh lebih fleksibel dan minim cedera, salah satu manfaat resistance band adalah meningkatkan fokus. Hal itu terjadi karena Anda harus berkonsentrasi agar tali resistance band tetap terkait pada tubuh Anda. 

Ada berbagai gerakan menarik yang bisa kamu lakukan dengan resistance band. Contohnya perky cheeks deadlift, kick butt extension, resisted booty bridge, atau gerakan yang paling umum seperti side step squat.

Itulah sepuluh manfaat resistance band yang harus Anda ketahui. Pastikan Anda memilih dan melakukan gerakan yang tepat agar hasil latihan lebih maksimal. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES