Glutera News

7 Manfaat Latihan Dumbell, Alat Olahraga Yunani Kuno

Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:16 | 215.44k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda suka berolahraga di rumah? Sepertinya Anda perlu menghadirkan alat olahraga seperti dumbbell yang umum ditemui di gym untuk latihan beban. Dumbell umumnya memiliki variasi bebannya berkisar mulai 1-5 kg hingga mencapai angka 20 kg.

Dilansir dari Weightwatchers, dumbbell dapat melatih sistem otot untuk meningkatkan massa tanpa lemak, metabolisme dan menyeimbangkan kekuatan pada kedua sisi tubuh.

Untuk melakukan latihan fitnes seringkali kita lihat banyak sekali jenis alat fitnes yang bisa dipergunakan dalam program fitnes anda. Dengan melihat banyaknya jenis yang ada itu berarti memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda pula, mungkin bagi anda seorang pemula, akan bertanya, bagaimanan cara memilih alat fitnes untuk program anda, tapi tenang, sekarang di sini author akan memberikan informasi tentang manfaat latihan dengan dumbbell yang bisa anda lakukan dan yang sering orang gunakan, entah itu bagi pemula, maupun profesional.

Sejarah dumbbel

Pendahulu dumbel adalah halteres, yang digunakan pada masa Yunani Kuno sebagai alat angkat berat dan juga sebagai pemberat dalam lomba loncat jauh versi Yunani kuno. Sejenis dumbel juga digunakan di India selama lebih dari seribu tahun, berwujud seperti gada – sehingga dinamakan "Gada India". 

Meskipun nama ini menyiratkan asal-usulnya dari India, kemungkinan gada pertama kali diciptakan di Timur Tengah. Mungkin disebut sebagai meels, yang pertama kali digunakan pegulat dari Persia kuno, Mesir dan Timur Tengah. 

Praktik ini berlangsung hingga kini, terutama dalam tradisi The Varzesh-e Bastan yang dipraktikan di Zurkaneh, Iran, dari Persia, kekaisaran Mughal membawa alat ini ke Asia Selatan di mana kini masih digunakan oleh pehlwan (pegulat). 

Kolonial Inggris pertama kali menemukan alat ini di India dan menyebutnya sebagai gada India. Rancangan Nal dapat dianggap sebagai persilangan antara barbel dan dumbel. Kebanyakan digunakan berpasangan, dalam latihan fisik para wrestlers, binaragawan, olahragawan, dan mereka yang ingin melatih kekuatan otot.

Manfaat latihan dengan dumbbel

Latihan dengan menggunakan dumbbell sering kali banyak digunakan oleh para fitnes mania yang profesional, maupun bagi pemula, karena memiliki kelebihan yang bermanfaat dalam program pembentukan otot. 

Selain itu dumbbell lebih flexsible, entah itu mudah di bawa kemanan saja dan dalam melakukannyapun lebih banyak dalam program pembentukan otot lengan dan lainnya.

Dalam menggunakan berat Dumbbell itu sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dari mulai dengan memiliki berat yang kecil hingga memiliki berat yang besar, dan biasanya bagi para kaum pria bagi pemula menggunakan dumbbell ukuran 5 kilo gram dan untuk yang profesinal berat beban dumbbellnya sekitar 5 kilo ke atas.

1. Dapat digunakan seluruh otot

Alat fitnes biasanya memiliki cara tertentu untuk melakukannya dan biasanya hanya dilakukan dengan beberapa gerakan saja dan otot yang di bentuknyapun dibagian tertentu saja, yang sesuai dengan tujuan alat itu di buat. Untuk dumbbell itu sendiri lebih fleksibel dan hampir bisa digunakan dalam pembentukan setiap otot, bisa digunakan dari pembentukan otot bagian atas hingga otot bagian bawah.

2. Melatih keseimbangan otot

Seperti yang telah disampaikan di atas, latihan dengan menggunakan dumbbell bisa digunakan dalam pembentukan setiap otot, dengan begitu, jika setiap otot tubuh terlatih, maka keseimbangan otot akan terbentuk dengan baik, makanya dengan melakukan latihan dumbbell ini membantu anda dalam setiap program pembentukan otot.

3. Banyak variasi gerakan

Selain bisa digunakan setiap bentuk otot, dengan melakukan latihan dumbbell ini bisa dugunakan dengan banyak variasi, misalkan ingin membentuk bagian lengan, maka banyak variasi gerakan untuk di aplikasikan, sehingga banyak otot di bagian lengan yang telatih. Contoh gerakan yang bisa dilakukan dengan menggunakan dumbbell ini seperti bicep curl, hammer curl dan masih masih digunakan dengan gerakan lainnya , kurang lebih sekitar 30 gerakan fitnes dari atas hingga bawah.

4. Lebih praktis

Selain bisa digunakan dalam setiap pembentukan otot, alat fitnes yang satu ini lebih praktis yang bisa digunakan dimana saja, entah itu di tempat gym , maupun di rumah. Untuk melakukannya tidak memerlukan banyak tempat dan biasa dilakukan di tempat kecil.

5. Lebih ekonomis
Pada umumnya, kebanyakan alat fitnes memiliki harga yang mahal-mahal tentunya itu menjadi salah satu kendala, kenapa orang tidak memilikinya secara pribadi. Namun berbeda sekali dengan alat fitnes dumbbell ini bisa dibeli dengan harga yang murah dan anda bisa memilih sesuai minat, entah itu dari besi, maupun dari plastik yang  sekaligus bisa disesuaikan berat dumbbellnya yang ingin dibeli.

6. Lebih aman

Di tempat gym mungkin sebagian dari anda , belum pernah mencoba semua alat fitnes, karena memang tidak semua alat fitnes bisa digunakan begitu saja, perlu teknik yang harus di pelajari terlebih dahulu, dan biasanya harus di dampingi dengan personal trainer untuk menggunakan alat tertentu. 

Untuk melakukan dengan menggunakan Dumbbell bisa dilakukan oleh siapapun , bahkan yang belum pernah sama sekali dan tanpa perlu didampingi oleh personal trainer , karena lebih mudah dan aman untuk digunakan.

7. Memberikan keleluasaan dalam bergerak

Ketika latihan bench press dengan barbell, lengan dan bahumu “terkunci” dalam seperangkat pola gerakan. Kalau salah satu area lengan atau bahumu sedang sakit, kemungkinan besar kamu tidak bisa latihan hari itu. Harus menunggu sampai sakitnya reda.

Situasinya berbeda dengan dumbbell. Dengan dumbbell, kamu bisa memodifikasi latihanmu. Kamu bisa membuat gerakan yang tidak “menyentuh” bagian yang cedera.

Bagaimana? Sudah tahukan keunggulan dumbbell dibandingkan mesin atau barbell? Jadi, jangan remehkan peralatan fitness yang satu ini. Meski tampak sederhana, dumbbell memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang tidak bisa diberikan oleh alat lainnya. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES