Glutera News

Galactomyces, Rahasia Kulit Awet Muda Asal Jepang 

Minggu, 07 Agustus 2022 - 12:25 | 72.67k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahukah Anda bahwa salah satu kandungan skincare yang dapat mencegah tanda penuaan ternyata berasal dari jamur, yaitu galactomyces?

Galactomyces adalah sejenis jamur yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan produk-produk kecantikan kulit. Beberapa manfaat galactomyces telah terbukti secara ilmiah, di antaranya mengatasi flek hitam hingga mengontrol produksi sebum (minyak) di wajah.

Apa itu galactomyces?
Galactomyces adalah sejenis jamur yang termasuk dalam famili Dipodascaceae. Jamur ini biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan produk kecantikan kulit dalam bentuk galactomyces ferment filtrate (GFF), yakni ragi padat nutrisi yang dihasilkan dari proses fermentasi sake.

Galactomyces ditemukan secara tidak sengaja di tempat pembuatan sake di Jepang. Kulit tangan para pembuat sake yang tampak sehat dan awet muda, mendorong para ahli kecantikan melakukan penelitian terhadap bahan-bahan dan kandungan sake, hingga akhirnya ditemukan GFF. 

Saat ini, galactomyces banyak digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit dari Jepang atau Korea Selatan.

Manfaat galactomyces bagi kulit
Galactomyces dianggap mampu meningkatkan penyerapan produk ke dalam kulit dan membuat bahan-bahan lainnya memiliki efek yang lebih kuat. Pada produk-produk kosmetik, manfaat galactomyces adalah sebagai agen pelembap dan memiliki efek antioksidan.

Penggunaan galactomyces mendorong sel-sel epidermis memproduksi asam hialuronat dan membantu melindungi kulit dari berbagai polutan di sekitarnya.
Berikut adalah sejumlah manfaat galactomyces yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat wajah tampak lebih muda
Penggunaan rutin produk kecantikan yang memiliki kandungan galactomyces dipercaya dapat membantu menyamarkan kerutan, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Alhasil, kulit menjadi terlihat lebih muda dan menghambat proses penuaan.

2. Mencerahkan kulit dan mengatasi flek hitam
Sebuah studi pada tahun 2014 yang dirilis dalam Journal of the American Academy of Dermatology mencoba meneliti manfaat galactomyces bagi kulit.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa essence yang mengandung 10 persen galactomyces dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi munculnya bintik hitam hingga 60 persen hanya dalam 12 hari.

Selain itu, penggunaan essence tersebut juga mampu menurunkan produksi melanin hingga 55 persen. Kondisi ini dapat membuat flek hitam tersamarkan dan membuat kulit lebih cerah secara merata.

3. Mengecilkan pori-pori
Sebuah penelitian yang dirilis dalam Asian Journal of Beauty and Cosmetology menunjukkan bahwa penggunaan essence mengandung 97 persen galactomyces dapat membantu mengurangi jumlah pori-pori besar yang terbuka.

Selain itu, manfaat galactomyces lainnya yang bisa didapatkan adalah berkurangnya komedo hitam. Penurunan jumlah pori-pori besar dan komedo hitam ini mencapai 15,66 persen hingga 21,84 persen pada 20 peserta penelitian yang terlibat.

4. Mengontrol produksi sebum
Produksi minyak alami kulit (sebum) berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Penggunaan galactomyces diklaim mampu membantu mengurangi produksi sebum hingga 64,17 persen berdasarkan studi yang sama pada poin sebelumnya. Manfaat galactomyces ini dapat membantu meningkatkan kondisi kulit secara keseluruhan.

5. Melindungi dan menghidrasi kulit
Berdasarkan sebuah studi yang diselenggarakan di Jepang pada tahun 2015, galactomyces juga terbukti mampu membantu memperkuat lapisan pelindung kulit. Manfaat galactomyces ini dapat membantu melindungi kulit dari berbagai racun yang ada di lingkungan sekaligus menjaga kelembapannya.

6. Memelihara dan merevitalisasi kulit
Galactomyces dinilai bermanfaat dalam membantu menghilangkan jerawat, bintik hitam, kulit kering mengelupas, dan memberikan kelembapan yang penting bagi kulit. Sebagai hasilnya, kulit bisa mendapatkan nutrisi yang cukup, lebih kencang, dan cerah.

7. Membantu mengatasi jerawat
Manfaat galactomyces berikutnya adalah mencegah dan mengobati jerawat berkat sifat antiradang yang dimilikinya. Selain itu, kemampuan galactomyces dalam mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum juga dapat menurunkan risiko munculnya jerawat.
Manfaat galactomyces lainnya adalah membantu melindungi jaringan kulit yang rusak sehingga memungkinkan kulit untuk kembali pulih setelah jerawat muncul. (*)

Be Everlasting with Glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES