Glutera News

Chair Workout, Olahraga Menyenangkan Pakai Kursi 

Minggu, 21 Agustus 2022 - 11:16 | 21.46k
Chair Workout, Olahraga Menyenangkan Pakai Kursi 
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak di antara kita yang malas melakukan aktivitas olahraga jika dilakukan di luar ruangan. Selain malas gerak (mager), berolahraga outdoor juga membutuhkan waktu yang lebih banyak. Untuk itu, solusinya bagi kamu yang ingin tetap sehat, namun terlalu mager dan tidak punya banyak waktu adalah dengan melakukan olahraga di rumah sendiri.

Dengan olahraga indoor ini, kamu bisa lebih menghemat waktu dan praktis untuk dilakukan.

Hari gini siapa sih yang pede punya perut buncit? Nggak heran banyak orang rela melakukan berbagai hal demi dapat mengecilkan perut, salah satunya adalah pergi ke gym.

Namun terkadang rutinitas yang super padat membuat banyak orang tak sempat ke gym. Belum lagi biaya pergi ke gym nggak murah bagi sebagian orang. Lah trus solusinya gimana dong? Pakai kursi! Iya, kamu nggak salah denger. Nggak perlu ke gym, cuma pakai kursi kamu sudah bisa ngecilin perut. Yang penting niat dan konsisten. Berikut variasi gerakan olahraga sederhana dengan alat bantu kursi.

1. Double knee lift
Untuk melakukan gerakan ini, duduklah dengan tegak di atas kursi, sambil kedua tangan berpegangan pada kedua sisi kursi. Lalu angkat kedua lutut kaki hingga ke dada. Lakukan secara berulang. Menurut Dr Michael, gerakan ini sangat ampuh untuk membakar lemak di area perut.

2. Knee-to-chest lift.
Hampir sama seperti gerakan pertama, bedanya gerakan ini hanya satu kaki. Caranya, duduklah di kursi dengan posisi punggung lurus, tapi jangan bersandar ke kursi. Posisi kaki dibuka selebar pinggul.
Perlahan-lahan, angkat lutut sebelah kanan hingga menyentuh dada dan punggung tetap lurus. Tahan 5-8 detik lalu kembalilah ke posisi semula dan ulangi gerakan di atas secara bergantian dengan lutut kiri sebanyak 20-30 kali.

3. Bending
Gerakan ini mengharuskan kamu menyentuh jari kaki dengan jari tangan. Caranya, duduk di kursi dengan tegap dan buka kaki selebar bahu. Kemudian rentangkan kedua tangan sejajar dengan bahu.
Selanjutnya bawa tangan kirimu menyentuh jari-jari kaki kananmu. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan yang sama bergantian dengan tangan kanan sebanyak 20-30 kali.

4. Push up
Gerakan selanjutnya adalah push up. Pada dasarnya gerakan ini sama dengan push up yang dilakukan di atas lantai. Jadi simpan kedua tangan pada pegangan kursi, lalu angkat tubuhmu ke atas dan kembali ke bawah. Lakukan gerakan push up secara berulang.

5. Triceps dips
Pastikan Anda tidak menggunakan kursi tanpa roda. Lalu miringkan tubuh sambil membelakangi kursi, dan kedua tangan memegang ujung kursi, sementara kaki menempel kuat di lantai. Tekuk siku dan turunkan tubuh Anda, luruskan lengan dan angkat tubuh ke posisi semula, lakukan secara berulang.

6. Body lift
Gerakan ini menuntut kamu untuk mengangkat tubuhmu dengan menggunakan tangan. Sebelum melakukan gerakan ini, pastikan kamu menggunakan kursi yang kuat dan aman.

Caranya, duduklah seperti biasa di kursi dengan badan tegap. Perlahan-lahan angkat badanmu hingga pinggang dan kakimu melayang di udara. Gunakan otot perutmu untuk mengangkat lutut ke dada.
Bertahanlah dalam posisi tersebut sekitar 15-20 detik kemudian secara perlahan kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 4 kali.

7. Planking
Bersandarlah pada ujung sebuah kursi lalu tegakkan badan kita sehingga membentuk sebuah garis lurus. Kurang lebih ini adalah posisi planking dengan bertumpu pada kursi. Jaga agar punggung tetap lurus tegak, tahan tubuh dalam posisi planking selama 30 detik. Berusahalah untuk menambah durasi latihan sebanyak 10 detik setiap harinya. Jadi kalau hari ini 30 detik, usahakan lusa sudah 50 detik.

Ketika kita sedang melakukan gerakan olahraga menggunakan kursi, ada baiknya, sebelum memulai kita melakukan pemanasan, dan setelah berolahraga kita melakukan gerakan pendinginan. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera pada tubuh kita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES