Glutera News

Cara Benar Turunkan Berat Badan dengan Berolahraga dan Nutrisi

Sabtu, 10 September 2022 - 10:54 | 542.34k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Padahal pada dasarnya, naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas. 

Asupan kalori berlebihan yang tidak disertai dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dapat membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Tidak perlu menerapkan diet yang terlalu ketat atau berlebihan, karena nyatanya cara seperti itu tidak efektif. Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, namun justru lebih efektif. Yang pasti, kamu butuh komitmen dan disiplin dalam menjalaninya, agar berat badanmu dapat turun dan mencapai berat badan ideal.

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara menurunkan berat badan, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah komponen apa saja yang membentuk berat badan. 

Pada dasarnya, ada 4 komponen penting dalam pembentukan tubuh manusia, yaitu air, tulang, otot, dan lemak. 

Berat tulang manusia tidak akan berbeda jauh pada setiap individu. Jumlah air yang dibutuhkan pun tidak akan berbeda jauh, karena tubuh akan meregulasi kadar air, sehingga air yang tidak dibutuhkan akan dibuang melalui keringat atau urin.  Maka dari itu, tulang dan air bukanlah faktor utama yang memengaruhi berat badan, melainkan lemak dan otot.

menurunkan-berat-badan.jpg

Kekeliruan dalam menurunkan berat badan 

Pada dasarnya, naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas.

1. Konsumsi produk pelangsing untuk mengurangi kadar air

Anda kini sudah tahu bahwa yang memengaruhi berat badan Anda adalah otot dan lemak. Dengan kata lain, menurunkan berat badan dengan mengonsumsi berbagai macam produk pelangsing yang mengandalkan kehilangan cairan bukanlah cara yang ideal. 

Yaps, karena air di dalam tubuh telah diregulasi, sehingga jumlahnya tidak akan lebih ataupun kurang. Apabila Anda mengonsumsi produk penurun berat badan yang cara kerjanya membuang air dari tubuh, maka yang terjadi adalah tubuh Anda tidak akan berfungsi secara optimal. 

Anda akan merasa mudah lelah dan tubuh Anda nantinya akan menyerap semua air yang masuk, sehingga berat badan yang telah berkurang cenderung cepat kembali seperti semula.

Hal ini juga bisa membuat Anda merasa haus berkepanjangan dan jarang bahkan tidak ada buang air kecil. Tentunya, ini dapat membahayakan kondisi ginjal Anda, karena ginjal membutuhkan air untuk beroperasi. 

Jadi, janganlah mengorbankan kesehatan Anda hanya karena ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Menurunkan massa otot

Mengurangi masa otot juga bukanlah cara yang ideal untuk menurunkan berat badan, karena nantinya tubuh Anda akan lebih mudah lelah dan tidak sehat. Kekurangan massa otot juga akan menyulitkan Anda melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Karena pada dasarnya, tubuh memanfaatkan rentang gerak otot untuk bergerak secara sempurna. 

Jadi, menurunkan massa otot juga bukanlah solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan lemak dengan cepat

Sangat penting untuk diketahui bahwa cara yang paling ideal dan tepat dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak dalam tubuh. Karena melalui dua poin sebelumnya, yaitu mengurangi kadar air dan menurunkan massa otot, adalah cara yang keliru.

Dalam poin ketiga ini, Anda pasti berpikir cara terbaik dan ideal dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak secepat mungkin. Namun ternyata, anggapan tersebut masih juga keliru, karena lemak yang ada dalam tubuh kebanyakan sudah disimpan di dalam perut ataupun otot, bukan di peredaran darah.

Jadi, jika Anda ingin memangkas lemak secepat mungkin, maka lemak yang disimpan tersebut akan dipecah dan masuk ke dalam peredaran darah. Pada akhirnya, ini hanya akan menambah tumpukan lemak Anda dan bisa berujung serangan jantung bahkan stroke.

Cara tepat dalam menurunkan berat badan 

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk menurunkan berat badan diperlukan proses, tidak ada cara yang instan kecuali Anda tidak memedulikan kesehatan Anda. 

Sederhananya, lemak yang menumpuk di dalam tubuh harus digunakan semaksimal mungkin untuk dibakar sebagai energi, bukan untuk dihancurkan begitu saja. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah “cutting”.

Nah, bagaimana cara membakar kelebihan lemak tersebut? Yaitu dengan berolahraga dan diet yang tepat. Kedua cara sehat ini harus dilakukan secara bersamaan, agar proses penurunan berat badan Anda bisa berjalan dengan ideal.

1. Defisit kalori

Anda memerlukan kalori yang cukup untuk dapat beraktivitas sehari-hari. Umumnya, kebutuhan kalori harian untuk pria adalah 2.200 kalori, sedangkan wanita membutuhkan 1.800 kalori. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus mengurangi jumlah kalori harian Anda – minimal 500 kalori per hari. 

Jadi, bila total kebutuhan kalori harian Anda adalah 2.200 kalori, maka Anda harus mencoba untuk menguranginya menjadi 1.700 kalori agar dapat menurunkan berat badan.

Tentunya, hal ini perlu dilakukan dengan pola makan yang sehat, seperti konsumsi protein tanpa lemak dan lemak sehat, serta membatasi asupan gula dan lemak (terutama lemak jenuh dan trans), karena lemak dan gula bisa membuat program diet Anda menjadi kacau. 

Yang perlu Anda perhatikan juga adalah jangan sampai Anda tidak makan sama sekali atau hanya mengonsumsi 500-1.000 kalori saja per hari hanya demi mencapai defisit kalori. Karena nantinya, tubuh Anda akan kekurangan energi dan bisa merusak fungsi normal tubuh Anda.

2. Berolahraga secara rutin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lemak dalam tubuh perlu digunakan agar tidak menumpuk. Nah, cara menggunakannya adalah dengan membakarnya melalui olahraga rutin, sehingga lemak tubuh bisa berkurang. 

Latihan olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah olahraga kardio, seperti lari, jogging, bersepeda, berenang, HIIT, dan lainnya. Namun, bukan berarti olahraga lainnya tidak efektif untuk membakar lemak.

Prinsip utamanya adalah membuat gaya hidup yang aktif dengan lebih banyak bergerak dan tidak bermalas-malasan, sehingga kalori yang Anda bakar diiringi juga dengan pengurangan lemak dalam tubuh. Usahakan untuk meluangkan waktu Anda sebanyak 10-30 menit per hari untuk berolahraga. 

Contoh dari gaya hidup aktif adalah ke kantor menggunakan sepeda atau jalan kaki, atau memperbanyak gerakan tubuh – tidak hanya duduk atau rebahan. Karena aktivitas inilah yang nantinya akan memanfaatkan lemak menjadi energi, sehingga lemak Anda akan dibakar secara sehat.

Kedua poin di atas harus dilakukan secara bersamaan sebagai cara menurunkan berat badan yang sehat dan ideal. Sebab, jika Anda hanya fokus dalam dietnya saja, akan membuat Anda bosan dan terasa sangat monoton. Anda pun jadi mudah menyerah di tengah jalan dan target Anda justru tidak tercapai. 

Sebagai contoh, ada seorang pria yang membutuhkan 2.200 kalori dalam sehari. Cara biasa yang dianjurkan untuk menurunkan berat badannya adalah dengan mengurangi ¼ porsi makan, yang artinya mengurangi 500 kalori. Namun, hal tersebut harus didukung dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. 

Nah, dengan diimbangi olahraga yang rutin untuk membantu pembakaran kalori, Anda masih bisa sesekali mengonsumsi makanan yang enak, bahkan nyaris tidak memiliki larangan untuk mengonsumsi makanan tertentu, asalkan semua kalori yang Anda makan diimbangi dengan latihan yang cukup. 
Oleh karena itu, defisit kalori dan olahraga adalah faktor terpenting untuk menurunkan berat badan Anda.

3. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang

Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. 

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori.

Selain itu Anda butuh asupan nutrisi berupa suplemen atau makanan kesehatan dari Glutera, pagi hari konsumsi Glutera NOX (pre workout), saat latihan atau setelah latihan konsumsi Glutera COL (during workout). Dan malam hari konsumsi Glutera GSH (recovery).

Untuk mencapai target berat badan ideal, dibutuhkan cara menurunkan berat badan yang benar dan disiplin dalam menjalaninya. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES