Glutera News

6 Nutrisi Tepat untuk Kesehatan Mata

Rabu, 14 September 2022 - 10:40 | 21.01k
6 Nutrisi Tepat untuk Kesehatan Mata
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Fungsi mata sangatlah penting bagi manusia. Oleh karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. 

Dengan mata yang sehat, Anda pun dapat melihat dengan jelas dan melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Meski fungsinya bisa menurun seiring pertambahan usia, tetapi Anda tetap bisa melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata.

Glutathione, omega-3, vitamin C, vitamin E, zinc, adalah sebagian nutrisi yang dibutuhkan oleh mata selain vitamin A. Memenuhi asupan nutrisi dan vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan mata secara optimal. Jika kebutuhan nutrisi ini terpenuhi, kamu bisa terhindar dari penyakit mata, seperti rabun senja, mata kering, dan lainnya.

1. Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan rantai panjang EPA dan DHA yang penting untuk kesehatan mata. DHA ditemukan dalam jumlah tinggi di retina yang dapat membantu menjaga fungsi mata. DHA juga penting untuk perkembangan otak dan mata selama masa bayi. 

Jadi, kekurangan DHA dapat mengganggu penglihatan, terutama pada anak-anak. 

Bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami penyakit mata kering. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya. 

2. Vitamin A

Sejak kecil tentu Anda sudah familier bahwa vitamin A merupakan vitamin untuk mata yang utama. Mengapa vitamin A menjadi nutrisi yang penting pada mata? Vitamin untuk mata ini berfungsi untuk menjaga sel-sel pendeteksi cahaya di mata atau photoreceptors. Apabila mengalami defisiensi vitamin A, Anda bisa mengalami rabun senja, mata kering, hingga kondisi yang lebih serius.

3. Vitamin C

Mata membutuhkan antioksidan dalam jumlah lebih banyak daripada banyak organ tubuh lainnya. Vitamin C merupakan antioksidan yang penting. Konsentrasi vitamin C lebih tinggi di aqueous humor mata daripada di cairan tubuh lainnya. 

Tingkat vitamin C dalam aqueous humor berbanding lurus dengan asupan makanannya. Dengan kata lain, kamu dapat meningkatkan konsentrasinya dengan mengonsumsi suplemen atau makanan kaya vitamin C. 

Pengidap katarak cenderung memiliki status antioksidan yang rendah. Dan ditemukan fakta kalau orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C lebih kecil kemungkinannya terkena katarak. 

4. Vitamin E

Vitamin E adalah sekelompok antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya. Retina memiliki konsentrasi asam lemak yang tinggi, sehingga vitamin E menjadi asupan yang cukup penting untuk mendapatkan kesehatan mata optimal. 

5. Zinc

Zinc terlibat dalam pembentukan pigmen visual di retina. Itulah sebabnya kekurangan zinc dapat menyebabkan rabun senja. 
Zinc merupakan nutrisi yang cukup banyak terdapat di mata. Salah satu perannya adalah membentuk pigmen visual di retina. Itulah mengapa, kekurangan zinc bisa menyebabkan rabun senja.

Sementara pada orang berusia lanjut yang mengalami degenerasi makula, konsumsi suplemen zinc bisa mencegah kondisinya kian parah. Bahkan, ketajaman penglihatan bisa terjaga lebih lama.

6. Glutathione

Stres oksidatif merupakan kondisi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh lebih banyak dibandingkan kadar antioksidan (yang bisa mencegah kerusakan sel karena radikal bebas). Kondisi ini yang kemudian akan menyebabkan terjadinya kerusakan sel dalam tubuh.

Tingkat stres oksidatif yang terlalu tinggi bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit misalnya mata rabun, diabetes, kanker, dan rematik. Apalagi dampak dari diabetes yang berpengaruh sekali pada mata.

Penelitian dari Journal of Cancer Science and Therapy mengungkapkan bahwa kadar glutathione yang tinggi bisa mencegah terjadinya radikal bebas, sehingga mencegah penyakit kronis terjadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES