Glutera News

12 Manfaat Bodyweight Training

Selasa, 20 September 2022 - 09:46 | 26.09k
12 Manfaat Bodyweight Training
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTABodyweight training atau bodyweight exercise adalah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan berat badan sendiri sebagai sarana untuk melatih kekuatan otot-otot di tubuh. 

Biasanya, orang akan melakukan ini dengan bantuan dumbell atau alat berat lainnya. Namun dengan latihan bodyweight, Anda bisa berolahraga di rumah tanpa alat.

Olahraga yang menggunakan tubuh sendiri melawan gravitasi sebagai beban ini, sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Bodyweight training, telah ditekuni ribuan tahun lalu pada jaman Greek, Roman, dan Egyptian. 

Dalam pengaplikasiannya, banyak tipe yang dapat dilakukan dengan menggunakan badan sendiri, antara lain: calisthenics, yoga, latihan melompat (plyometric) untuk meningkatkan power, dan gimnastik.

Walaupun latihan ini dapat dilakukan dimana saja dengan alat yang sangat minimal, adaptasi yang diberikan pastinya berbeda dengan latihan yang menggunakan beban eksternal seperti mesin, barbell, dan dumbbell.

Dengan perbedaan adaptasi ini, seseorang harus mengerti apa saja yang dapat diharapkan dari bodyweight training terlebih dari sisi komposisi tubuh, seperti berat badan, masa otot, atau persentase lemak. 

Selanjutnya seseorang juga dapat mengharapkan adaptasi performa tubuh yang berdampak terhadap komponen kebugaran seperti fleksibilitas, stabilitas, kekuatan, kecepatan, atau power.

Manfaat latihan dengan berat beban sendiri (bodyweight training)

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bodyweight training, antara lain:

1.    Sangat efisien

Bodyweight training sangat efisien karena latihan ini meningkatkan kebugaran secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Latihan ini tidak memerlukan alat, sehingga mudah untuk berubah dari suatu gerakan ke lainya hanya dengan sedikit waktu istirahat. Selain itu anda mungkin telah mendengar mengenai HIIT workouts, yaitu latihan dalah jangka waktu pendek tapi menghasilkan hasil yang signifikan.

2.    Menggabungkan latihan kardio dan kekuatan

Perubahan antar gerakan yang mudah membuat latihan kardio dan kekuatan dapat dilakukan secara bersamaan.

Melakukan latihan kardio diantara gerakan untuk melatih kekuatan akan membuat jantung tetap terpompa ketika melakukan pembentukan otot dan kekuatan sehingga manfaat kedua latihan tersebut bisa didapatkan secara bersamaan.

3.    Membakar kalori lebih banyak

Ketika Anda melakukan latihan kekuatan, beban, atau ketahanan, tubuh Anda menuntut lebih banyak energi berdasarkan seberapa banyak energi yang dikeluarkan (artinya semakin keras Anda bekerja, semakin banyak energi yang dibutuhkan). Itu berarti akan banyak kalori yang terbakar selama latihan.

4.    Membakar lemak secara cepat

Dengan bodyweight training yang dilakukan secara intense selama beberapa menit akan berpengaruh besar pada kerja metabolisme tubuh.

Hal ini akan menimbulkan afterburn effect, yaitu pembakaran yang terjadi didalam tubuh selama beberapa jam setelah latihan sehingga hasil yang didapatkan oleh latihan ini yang dilakukan dalam waktu singkat akan lebih terasa dibanding latihan jenis lain yang dilakukan dalam rentang waktu yang sama.

5.    Latihan yang menantang

Jika latihan terasa terlalu mudah anda tinggal menambahkan teperisi, lakukan lebih cepat atau lebih lambat, kurangi waktu istirahat, atau menambah kekuatan pada gerakan.

Hal-hal tersebut dapat dilakukan untuk membuat latihan yang sederhana ini menjadi lebih menantang. Setiap penambahan tantangan pada latihan kita tentu saja akan dapat meningkatkan hasil yang kita dapatkan.

6.    Melatih kekuatan otot inti

Otot inti lebih dari sekedar otot perut. Ada 29 otot yang menyusunnya dan banyak dari gerakan bodyweight training sederhana dapat melatih kesemuanya.

Latihan-latihan tersebut tidak hanya membuat anda memiliki otot perut yang ideal, tetapi juga memperbaiki postur tubuh, menghilangkan ketegangan pada otot punggung, dan meningkatkan performa secara umum.

7.    Meningkatkan kelenturan tubuh

Tidak semua orang yang berlatih fisik akan memiliki otot yang kencang dan sendi yang lentur. Bodyweight training dapat melatih keduanya sekaligus.

Melakukan latihan dengan tubuh kita dengan gerakan yang benar akan memastikan bahwa sendi kita bergerak secara bebas.

Selain itu, hal ini juga meningkatkan pembentukan postur tubuh dan mengurangi cidera akibat latihan. Yoga adalah contoh dari latihan yang meningkatkan kelenturan dan kekuatan secara signifikan.

8.    Meningkatkan keseimbangan

Ketika kita membahas mengenai jenis latihan, maka latihan menggunakan tubuh kita adalah jenis latihan akan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Sebagai contoh kita bisa merubah latihan squat menjadi squat dengan satu kaki. Keseimbangan yang kita dapatkan dari latihan ini dapat meningkatkan kontrol terhadap tubuh kita.

9.    Membuat tubuh lebih mudah bergerak

Saat otot-otot di tubuh terlatih, maka Anda akan lebih segar dan mudah beraktivitas. Stamina, kelenturan tubuh, kecepatan, dan koordinasi pun akan lebih baik sehingga membuat Anda jarang mengalami sakit atau cedera akibat sendi yang kaku.

10.    Baik untuk jantung

Saat melakukan bodyweight training, detak jantung akan naik dan melatih otot-otot di jantung untuk bekerja lebih optimal. Hal ini dapat menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.

11.    Meningkatkan kepadatan tulang 

Penelitian membuktikan bahwa dengan rajin melakukan latihan beban, kepadatan tulang akan tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga berlaku jika Anda rajin melakukan bodyweight training. Menurunnya tingkat kepadatan tulang merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis

12.    Tubuh lebih kencang dan ideal 

Tahukah Anda bahwa tubuh membutuhkan latihan beban untuk dapat terlihat ramping dan kencang? dengan latihan bodyweight training dapat memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pembakaran kalori dan pembentukan otot untuk tubuh lebih kencang dan ideal

Bodyweight training adalah salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa alat di rumah. Latihan ini mengedepankan penggunaan berat badan untuk memberikan tarikan atau tekanan pada otot, sehingga bisa terlatih dan sekaligus memicu pembakaran kalori.

Sebelum melakukan latihan menggunakan berat badan sendiri, ada baiknya Anda melihat tutorial yang tepat dari ahli ataupun dari berbagai kanal yang tersedia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES