Glutera News

6 Penyebab Lutut Hitam

Minggu, 09 Oktober 2022 - 09:17 | 354.07k
Ilustrasi - Glutera Indonesia
Ilustrasi - Glutera Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seperti wajah dan leher, kulit pada bagian lutut memerlukan perhatian lebih supaya warnanya tidak menghitam. Meski terlihat sepele, lutut hitam bisa menurunkan rasa kepercayaan diri ketika bepergian ke luar rumah mengenakan celana pendek.

Lutut hitam bagi sebagian orang bisa mengganggu penampilan, terlebih untuk Anda yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya hal yang normal.  

Beberapa proses alami dari dalam tubuh atau faktor lingkungan bisa menyebabkan dengkul berubah gelap. Jika ingin mencerahkan lutut kembali, Anda bisa melakukan sejumlah perawatan kulit.

Gluteranews-1.jpg

Apa penyebab lutut hitam?

Kulit lutut memang cenderung tampak lebih gelap daripada bagian tubuh lain karena ada beberapa faktor yang memengaruhi.  Berikut beberapa kemungkinan penyebab dengkul menjadi hitam.

1. Penuaan kulit
Efek penuaan kulit biasa terjadi pada orang dewasa dan lansia. Timbulnya bintik gelap pada lutut dan siku berhubungan dengan penuaan.
Begitu struktur kulit mulai menua, lapisan terluar kulit (epidermis) akan menipis.
Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit teratas akan semakin menipis. 

Hal tersebut mengakibatkan melanosit, yaitu sel yang menghasilkan pigmen (warna kulit) melanin, yang tersisa akan bertambah besar dan terlihat jelas. Alhasil, kulit tampak lebih gelap. 

2. Gesekan
Dalam aktivitas sehari-hari, lutut kaki bisa sering mengalami gesekan, seperti gesekan dari bahan celana atau ketika Anda terjatuh. 
Gesekan tersebut dapat menyebabkan cedera atau luka kecil pada kulit dan hampir tidak menimbulkan rasa sakit. 
Nah, cedera kecil ini bisa memicu terjadinya hiperpigmentasi pada dengkul. Proses hiperpigmentasi ini pada akhirnya akan membuat warna kulit dengkul jadi lebih gelap. 

3. Faktor genetik
Dengkul hitam juga bisa menjadi suatu kondisi yang diturunkan karena faktor genetik keluarga. 
Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki lutut hitam tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut diwariskan dari mereka.  Obesitas genetik juga ikut menyebabkan kondisi ini.

4. Penumpukan sel kulit mati
Lutut atau dengkul harus rutin dibersihkan setiap hari menggunakan produk perawatan kulit dan eksfoliasi. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat penumpukan sel kulit pada lutut.  Penumpukan sel kulit mati sendiri bisa mengakibatkan kulit kusam dan kulit kering pada dengkul.

5. Paparan matahari
Gunakan tabir surya pada kulit Anda jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.  Paparan sinar matahari dapat menyebabkan dengkul hitam lantaran memicu produksi melanin berlebih sehingga menimbulkan hiperpigmentasi. 

6. Penyebab lainnya
Ada beberapa hal lain yang dapat berkontribusi pada pembentukan lutut hitam di antaranya: 
- mengonsumsi obat-obat tertentu, 
- gejala penyakit tertentu (seperti sindrom Addison), 
- ketidakseimbangan hormon, dan 
- hiperpigmentasi kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES