Glutera News

10 Manfaat Detoksifikasi bagi Tubuh

Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:22 | 225.14k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai manfaat detox bagi tubuh ini sangat menarik untuk Anda ketahui. Detox adalah salah satu cara untuk membersihkan tubuh Anda dari racun. 

Detox biasanya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat.

Beberapa kalangan mengasosiasikan detox dengan diet atau mengonsumsi suplemen kesehatan atau minuman-minuman herbal yang dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun. Racun-racun tersebut biasanya mencakup polutan, bahan kimia sintetis, logam berat, dan makanan olahan yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Detox adalah salah satu cara yang dipercaya dapat membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dan tak diinginkan dari dalam tubuh. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari memerhatikan asupan makanan dan minuman, hingga olahraga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya mengenai manfaat detox tubuh bagi kesehatan yang penting diketahui.

Detokfikasi-tubuh.jpg

1. Membersihkan racun dalam tubuh

Tanpa Anda sadari, setiap hari Anda terekspos oleh berbagai zat beracun secara terus menerus dari lingkungan. Zat polutan, bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker, hingga bahan pengawet dan pestisida dalam makanan yang Anda konsumsi memengaruhi metabolisme, kekebalan tubuh, hingga perilaku. 

Racun tersebut tersimpan dalam jaringan sel-sel tubuh Anda, tidak terkecuali otak. Cobalah detoks buah anggur kaya kandungan resveratol, potasium, serta vitamin C sebagai antioksidan yang mampu membersihkan racun dalam tubuh. Makanlah buah anggur selama 3-5 hari berturut-turut selama seminggu.

2. Mencegah penyakit kronis

Racun dalam udara adalah faktor penyebab kanker, serangan jantung, stroke, penyakit saraf, dan masih banyak lagi. Tubuh Anda memang sudah dilengkapi mekanisme untuk menyaring racun, misalnya saja organ hati dan ginjal. 

Namun, apabila kerja mereka terlalu berat karena pola hidup Anda yang tidak sehat, tubuh Anda akan mudah dilumpuhkan oleh racun. Makanlah buah-buahan jeruk yang memiliki kekuatan mendetoksifikasi paling tinggi, selama seminggu penuh. 

Pilih jeruk manis, jeruk lemon, jeruk ponkam, atau jeruk nipis. Selain kaya vitamin C, jeruk mengandung protein sekaligus serat tinggi. Dengan begitu Anda bisa terhindari dari penyakit stroke, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah kanker.

3. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Daya tahan tubuh yang rendah membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu dan demam. Adanya proses detoksifikasi secara teratur turut membantu memperkuat kekebalan tubuh sekaligus melawan infeksi. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, atau pilihlah detoksifikasi air jeruk lemon. Tambahkan perasan jeruk manis atau jeruk nipis ke dalam air putih untuk diminum sepanjang hari. Tambahan rasa jeruk di dalam air juga memudahkan Anda untuk minum air putih 8 gelas sehari. Tercukupinya cairan memberikan dampak positif sebagai peningkatan kekebalan tubuh Anda.

4. Menjaga sistem pencernaan

Kinerja sistem pencernaan sangat rumit dan cukup menyita energi tubuh dalam jumlah yang besar. Sistem ini mengolah makanan dan minuman yang masuk, memisahkan substansi berguna bagi tubuh, hingga membuang sisa yang tidak diperlukan. Sistem pencernaan juga kerap menjadi lokasi hidup beragam bakteri berfungsi untuk tubuh. Sistem pencernaan tidak sehat menjadikan tubuh tidak optimal.

Lakukan detoksifikasi dengan mengatur konsumsi gula berlebihan. Tak hanya dapat menimbulkan gangguan pencernaan, Anda juga berpeluang lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker dalam jangka panjang. Bacalah terlebih dahulu label nutrisi pada produk makanan. Waspadalah terhadap gula tambahan pada produk roti dan aneka saus.

5. Mencegah penuaan dini

Detoksifikasi membantu membasmi radikal bebas dan kadar besi yang terserap dalam tubuh sebagai faktor penyebab penuaan. Di sisi lain, membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, termasuk vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh agar hormon tetap seimbang. Lakukan detoksifikasi dengan cara membatasi paparan racun yang membahayakan. Cegah penuaan dini dengan mengurangi kebiasaan merokok yang menimbulkan banyak racun, dan kurangi konsumsi alkohol berlebihan sekarang juga.

Sistem pencernaan, saraf, sampai hormon Anda didesain untuk saling bekerja sama, sehingga bisa mencapai kesehatan yang optimal. Apabila salah satu tidak bisa berfungsi, Anda tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari bahkan jatuh sakit dan terkena penyakit berbahaya. Menjaga kesehatan sama artinya menjaga keseluruhan jiwa Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

6. Tingkatkan energi

Manfaat detox tubuh yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan energi. Kelesuan, kekurangan energi atau kelelahan merupakan gejala ketidakmampuan tubuh untuk memproses, menyerap, dan memanfaatkan nutrisi dari makanan. Ketika racun telah terakumulasi dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan pengurangan energi seluler.

Program detoksifikasi yang baik yang mencakup nutrisi yang cukup dalam makanan dapat membantu melancarkan pencernaan yang efisien selain meningkatkan produksi energi pada tingkat sel. Periode pembersihan atau masa detox ini dapat membantu memulihkan vitalitas dan energi sehingga Anda akan merasa lebih ringan dan lebih hidup.

7. Dukung fungsi hati

Manfaat detox tubuh yang ketiga adalah untuk mendukung fungsi hati. Hati adalah salah satu organ detoksifikasi utama yang tanpa lelah bekerja untuk menghilangkan zat berbahaya dari tubuh. Namun, hati juga dapat memperoleh manfaat dari detox/pembersihan karena pada dasarnya hati dapat 'beristirahat' dari bekerja lembur.

Detox membantu memulihkan kesehatan hati sehingga organ vital ini dapat melakukan proses metabolisme dan detoksifikasi vital secara efisien.

8. Membuat kulit lebih sehat dan bersih

Manfaat detox tubuh yang kelima adalah untuk membuat kulit tampil lebih sehat dan bersih. Kulit bukan hanya organ terbesar di tubuh manusia, tetapi juga salah satu organ detoksifikasi utama.

Setiap akumulasi racun atau ketidakseimbangan dalam tubuh dengan cepat terwujud di kulit. Hal tersebut biasanya nampak dalam bentuk masalah kulit kusam dan pucat yang rentan terhadap jerawat dan ruam. Setelah menjalani detoksifikasi, Anda bisa mendapatkan kesehatan kulit yang lebih baik.

9. Kurangi peradangan

Manfaat detox tubuh yang berikutnya adalah untuk membantu mengurangi peradangan. Diet memainkan peran utama dalam kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Detoksifikasi membutuhkan konsumsi keseimbangan yang sehat dari makanan utuh yang penuh nutrisi dan alami.

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari pengurangan peradangan setelah racun dihilangkan dan sistem tubuh diatur ulang untuk fungsi optimal.

10. Seimbangkan emosi dan tingkatkan suasana hati

Manfaat detox tubuh yang terakhir adalah untuk menyeimbangkan emosi dan membantu meningkatkan suasana hati. Karena beban racun yang tinggi memengaruhi otak, hal itu pasti memengaruhi cara Anda mengalami peristiwa dan perasaan atau emosi yang terkait dengannya.

Setelah periode pembersihan atau detox, begitu akumulasi racun dikeluarkan, Anda dapat mengalami peningkatan kondisi mental dan emosional yang lebih baik. Ini tidak hanya berarti Anda secara umum akan merasa lebih baik tentang diri sendiri, tetapi Anda juga akan mulai mengalami waktu istirahat atau tidur yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES