Glutera News

6 Manfaat Niacinamide, Rahasia Kecantikan Wajah Anda

Jumat, 21 Oktober 2022 - 10:40 | 22.31k
6 Manfaat Niacinamide, Rahasia Kecantikan Wajah Anda
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang digemari oleh banyak orang karena punya manfaat yang teruji untuk kulit, khususnya mengatasi jerawat, bahkan memperkuat skin barrier. Namun, cara pakainya harus tepat demi merasakan khasiatnya secara optimal.

Apa itu niacinamide? 

Niacinamide, atau dikenal juga nicotinamide, adalah salah satu bentuk turunan vitamin B3. Meski begitu, niacinamide dan suplemen vitamin B3 adalah dua hal yang berbeda. Niacinamide adalah vitamin B3 versi topikal (oles) yang punya manfaat secara langsung untuk kulit.

Niacinamide adalah vitamin larut air yang bekerja sama dengan zat alami di kulit, untuk memperbaiki tanda-tanda kerusakan pada kulit wajah. Meskipun memiliki nama yang mirip, niacinamide tidak sama dengan niacin. Sebab, keduanya adalah bentuk lain vitamin B3 yang berasal dari jenis berbeda. 

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Niacinamide bisa memberikan beragam manfaat bila digunakan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kelembapan kulit

Penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide bisa membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat. Ini karena niacinamide dapat merangsang produksi ceramide dan elastin, sehingga mampu mengunci air di lapisan kulit dan menjaga kelembapan kulit dengan lebih baik.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan niacinamide dalam melembapkan kulit cenderung lebih baik daripada petroleum jelly.

2. Mengatasi dan mencegah jerawat

Sifat antiradang yang dimiliki niacinamide dapat mengatasi jerawat, termasuk jerawat papula dan pustula. Selain itu, niacinamide juga bisa menekan produksi minyak berlebih di wajah dan mengecilkan pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya jerawat.

manfaat-niacinamide.jpg

3. Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV

Niacinamide dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV).

Manfaat ini dapat diperoleh karena saat dioleskan ke kulit wajah, niacinamide akan berubah menjadi nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). NAD memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga mampu menangkal kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

4. Mengurangi hiperpigmentasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dapat mengurangi hiperpigmentasi atau munculnya bintik-bintik hitam di wajah. Manfaat tersebut bisa diperoleh karena vitamin ini dapat merangsang produksi kolagen.

Cara lain niacinamide dalam mengurangi hiperpigmentasi juga berasal dari kemampuannya dalam melembapkan kulit. Kelembapan kulit yang terjaga akan mendorong regenerasi kulit, sehingga sel kulit mati tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

5. Mengurangi munculnya kerutan di wajah

Paparan sinar UV bisa memicu munculnya kerutan di wajah. Nah, karena niacinamide dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide juga bisa meminimalkan munculnya garis halus atau kerutan di wajah. 

Manfaat niacinamide dalam mengurangi munculnya garis halus dan kerutan juga dapat diperoleh karena niacinamide dapat merangsang produksi kolagen dan keratin, yaitu dua protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit serta membuat kulit tetap kencang.

6. Mencegah melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin, yakni jenis pigmen pemberi warna kulit. 

Kanker kulit melanoma diyakini berkaitan erat kerusakan sel akibat paparan sinar UV. 
Selain dari penggunaan produk skincare, Anda bisa melakukan tips kesehatan kulit ini dengan konsumsi suplemen niacinamide. Suplemen niacinamide dapat meningkatkan perbaikan DNA pada kulit rusak akibat paparan sinar UV. 

Berapa kadar niacinamide yang aman untuk kulit wajah?

Kandungan niacinamide dalam suatu produk perawatan kulit tergolong bervariasi. Mulai dari 0,5%, 2%, 10%, serta mungkin paling besar adalah 12-15%.

Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa kadar atau persentase niacinamide yang aman untuk kulit? Sebenarnya, kandungan niacinamide bisa Anda sesuaikan dengan jenis serta kondisi kulit saat itu.

Semakin tinggi kadarnya, risiko iritasi kulit juga akan meningkat.

Jika Anda belum pernah menggunakan niacinamide atau punya kulit yang tergolong sensitif, pilihlah produk dengan kandungan niacinamde yang rendah, seperti 0,5% atau 2%.

Perlu Anda ingat bahwa produk skincare yang mengadung 5% niacinamide sudah cukup efektif mengatasi permasalahan kulit. Seperti mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES