Glutera News

12 Manfaat Latihan Plate Weight bagi Wanita

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 13:55 | 19.30k
12 Manfaat Latihan Plate Weight bagi Wanita
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Weight plate merupakan peralatan fitness yang dapat digunakan untuk berlatih angkat beban dan juga functional training. Bagi anda yang suka gerakan-gerakan power lifting ataupun olympic lifting, kami sangat merekomendasikan plate ini untuk digunakan dalam menunjang latihan beban anda. 

Plate ini biasanya dipadankan dengan barbell saat ingin menggunakannya setiap anda latihan.

Weight plate terdiri dari berbagai jenis bahan, bentuk dan memiliki berat yang beragam. Selain cocok untuk digunakan latihan dirumah, plate ini juga tentunya bisa dipakai di fitness centre karena sangat tahan lama dan lebih aman untuk dilantai.

Benarkah angkat beban akan membuar wanita jadi kekar? 

Latihan beban menawarkan perempuan sejumlah manfaat termasuk penurunan berat badan, pembakaran lemak, meningkatkan massa otot, serta memerangi osteoporosis. Perlu kita ketahui bahwa peningkatan otot pada wanita hanya akan menonjolkan penampilan feminin mereka.

Wanita tidak akan memiliki otot seperti pria. Wanita tidak akan menjadi “jantan” jika mereka berlatih beban, karena wanita tidak memiliki hormon yang dapat membentuk otot-otot seperti yang ada pada pria, kecuali jika wanita tersebut diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Menurut Alexandra Rohloff, dalam karya ilmiahnya mengenai wanita dan latihan angkat beban, pria dan wanita sama-sama memiliki keinginan untuk mengencangkan otot. Namun, masing-masing memiliki anggapan yang berbeda. Wanita mungkin lebih menganggap bahwa otot-otot tidak berkaitan dengan berat badan dan bentuk tubuh, sedangkan pria menganggap hal tersebut saling berkaitan dengan kuat.

Wanita biasanya mencoba berbagai cara untuk menjadi lebih ramping, sedangkan pria memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan masa otot dan berat badan mereka. Dalam budaya pria, peningkatan massa otot merupakan hal yang paling diinginkan, sedangkan wanita merasa tertekan terhadap kenaikan berat badan dan kenaikan masa otot.

Image mengenai tubuh yang dipikirkan oleh wanita sangat membingungkan dan tidak masuk akal, bagaimana mungkin kita bisa meningkatkan massa otot tapi juga menurunkan berat badan? Inti dari peningkatan massa otot adalah dengan mengurangi jumlah lemak dalam tubuh, bukan dengan penurunan berat badan.

Manfaat plate weight exercises bagi wanita 

Ada banyak program kebugaran pada wanita. Namun, kebanyakan hanya menekankan pada pentingnya kardio untuk menurunkan berat badan. Padahal, latihan ketahanan atau kekuatan sebenarnya lebih memberikan manfaat pada kesehatan secara keseluruhan. Latihan kekuatan penting untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Salah satu latihan yang dapat memberi manfaat ini, yaitu melakukan angkat beban.

Padahal, dengan mempertahankan massa otot termasuk salah satu cara terbaik untuk menjaga lemak tubuh untuk tetap sehat. Latihan ketahanan seperti angkat beban adalah cara terbaik untuk membangun otot. Namun, tidak banyak wanita yang memilih olahraga ini sebagai rutinitas. 

Maka dari itu, untuk mengubah pandangan kamu tentang olahraga ini, ketahui beberapa manfaat dari angkat beban untuk kesehatan, antara lain:

1. Menguatkan otot

Menguatkan dan menambah ukuran otot merupakan manfaat latihan angkat beban yang populer. Saat melakukan olahraga ini, Anda akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai hal lain. Selain itu, bentuk tubuh Anda juga akan semakin terlihat menawan.

2. Mengurangi lemak

Siapa bilang latihan angkat beban tidak bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan. Faktanya, olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Bahkan, tubuh akan terus-menerus membakar

kalori seusai melakukan latihan angkat beban.
Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori yang dikonsumsi.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Saat mengangkat beban, Anda juga turut mengangkat kepercayaan diri Anda! Latihan angkat beban membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat Anda lebih bahagia. Anda akan merasa lebih baik setelah melakukan olahraga ini.

4. Mengembangkan otak

Latihan angkat beban tidak hanya berpusat pada otot tubuh saja, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi otak dengan memicu peredaran darah serta produksi hormon-hormon yang membantu meningkatkan kinerja otak, seperti hormon IGF-1.

5. Mencegah osteoporosis

Selain melatih kekuatan otot, olahraga angkat beban juga membantu mengurangi penurunan massa tulang yang dapat memicu osteoporosis, khususnya pada kaum wanita.

6. Mengurangi risiko diabetes

Latihan angkat beban dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang digeluti untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, penderita diabetes juga bisa menjadikan ini sebagai pilihan olahraganya.

7. Menambah ketahanan tubuh

Selain dijadikan latihan penambah kekuatan otot, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Saat melakukan olahraga ini, Anda semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

8. Mencegah berkurangnya massa otot

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Latihan angkat beban dapat membantu mencegah penurunan massa otot dan menguatkan tulang-tulang Anda di hari tua nanti.

9. Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga massa otot, latihan angkat beban juga membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

10. Mencegah terjadinya cedera

Saat menjalani latihan angkat beban, Anda juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini dapat mengurangi peluang Anda untuk mengalami cedera. Olahraga ini juga dapat mengurangi nyeri punggung dan artritis.

11. Mempermudah gerakan tubuh

Melalui latihan angkat beban, Anda bisa menggerakkan otot dengan sesuai dan efisien. Olahraga ini sangat membantu agar anggota tubuh bisa bergerak secara teratur tanpa memberikan tertentu pada bagian tubuh tertentu.

12. Meningkatkan keseimbangan

Penguatan otot karena latihan angkat beban berdampak pada keseimbangan tubuh Anda. Otot akan semakin baik dalam menjaga keseimbangan dan membuat Anda lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES