Glutera News

Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Kamis, 27 Oktober 2022 - 19:39 | 35.13k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak ada patokan pasti mengenai waktu olahraga yang baik. Sebab, berolahraga pada pagi, sore, atau malam hari mempunyai kelebihan masing-masing.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga semakin besar. Sekarang, makin banyak orang-orang yang mulai ingin meraih sebanyak mungkin manfaat dari olahraga, sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk olahraga agar manfaat yang diperoleh dapat lebih maksimal.

Waktu olahraga yang baik 

Hingga saat ini, belum ada bukti penelitian yang menjelaskan kapan waktu olahraga yang baik. Yang jelas berolahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan, baik di pagi, sore, atau malam hari, ketimbang tidak sama sekali.

Anda dapat menyesuaikan waktu olahraga dengan waktu yang Anda miliki. Bila Anda bukan orang yang terbiasa bangun pagi, berolahraga di sore hari bisa menjadi pilihan. 

Sementara itu, untuk Anda yang lebih sibuk di sore hari, berolahraga saat pagi hari bisa menjadi waktu yang tepat.  Oleh sebab itu, jam olahraga yang baik bergantung pada rutinitas Anda sendiri. Manfaat olahraga juga akan lebih terasa jika Anda melakukannya secara konsisten. 

Supaya bisa rutin berolahraga, pilihlah aktivitas fisik yang Anda sukai. Selain itu, jika Anda senang bersosialisasi, Anda dapat berolahraga bersama keluarga, teman, atau bergabung dengan klub.

Manfaat olahraga pagi

Tidak sedikit orang yang lebih memilih pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk olahraga. Salah satu alasan terkait pemilihan waktu ini adalah mendapatkan paparan cahaya matahari pagi saat berolahraga sehingga memberikan tubuh asupan vitamin D. 

Selain itu, udara di pagi hari juga dianggap lebih segar dan minim polusi. Di pagi hari, tubuh juga biasanya terasa lebih fit untuk mulai beraktivitas, termasuk olahraga. Tidak hanya sampai di situ, berikut adalah beberapa kelebihan olahraga di pagi hari yang bisa Anda dapatkan.

• Memulai hari dengan perasaan bahagia

Berolahraga di pagi hari memungkinkan Anda untuk memulai hari dengan perasaan bahagia karena udara masih segar dan otak bisa melepas hormon endorfin dengan baik.  Hal tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas Anda sepanjang hari karena olahraga dinilai bermanfaat untuk mengurangi stres.

• Mendukung penurunan berat badan

Pagi hari disebut sebagai waktu yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Pasalnya, olahraga pagi dapat meningkatkan metabolisme yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Proses ini berperan besar dalam menurunkan berat badan dengan sehat.

Anda juga sebaiknya berolahraga di pagi hari dengan perut kosong karena dianggap dapat membakar lebih banyak lemak, bahkan hingga 20 persen.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga pagi hari dapat menurunkan nafsu makan di sepanjang hari sehingga membantu melindungi dari penambahan berat badan.

• Waktu sore atau malam hari tidak terganggu

Alasan lain kenapa pagi hari menjadi waktu olahraga yang baik adalah membuat waktu sore atau malam hari yang Anda miliki tidak terganggu. 

Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan kegiatan lain, seperti memasak makan malam, membaca buku, atau menonton film favorit.

• Lebih mudah menjadi kebiasaan

Dilansir dari Time, sebuah penelitian pada tahun 2019 menunjukkan bahwa berolahraga pukul 7 pagi dinilai mampu menggeser jam tubuh lebih awal sehingga Anda akan merasa lebih awa di pagi hari dan cepat lelah di malam hari. 

Hal Ini membuat Anda berpotensi mendapatkan tidur yang cukup dan melakukan hal yang sama keesokan harinya.

• Penelitian lain bahkan mengungkapkan bahwa lebih mudah untuk menerapkan kebiasaan sehat yang dilakukan di pagi hari.

Manfaat olahraga sore 

Untuk Anda yang lebih memilih sore hari sebagai waktu olahraga yang baik, tidak perlu khawatir. Pasalnya, berolahraga di sore hari juga memiliki banyak manfaat.

• Kemampuan tubuh berada pada puncaknya

Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh melakukan sesuatu berada di puncaknya ketika sore hari.  Pada saat itu, suhu tubuh naik dan berada di kisaran yang tertinggi di antara pukul 2-6 sore. Waktu tersebut dianggap sebagai jam olahraga yang baik karena membuat aktivitas menjadi lebih efektif.

• Meningkatkan performa tubuh

Sore hari termasuk waktu olahraga terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh. 
Kegiatan ini dapat meningkatkan performa tubuh pada wanita, termasuk fungsi dan kekuatan otot bagian atas, aktivitas enzim, serta daya tahan otot. 

Di sisi lain, berdasarkan sebuah penelitian, pria yang berolahraga di sore hari disebut mengalami perbaikan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta peningkatan persentase lemak yang dibakar untuk dijadikan energi.  Selain itu, mereka juga merasakan rasa lelahnya berkurang.

• Mengembalikan fokus dan semangat

Waktu olahraga yang baik di sore hari juga dapat mengembalikan fokus dan semangat, bahkan jika Anda hanya melakukan jalan kaki singkat sekalipun.

Pasalnya, berolahraga di antara jam 1-4 sore dapat menggeser jam tubuh dengan cara yang sama seperti berolahraga pagi.

Manfaat olahraga malam 

Malam hari merupakan waktu yang bagus untuk olahraga jika Anda sibuk pada pagi dan sore hari. Namun, berolahraga malam dianggap dapat mengganggu jam tidur.

Sebetulnya, hal tersebut bergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan dan jarak dengan waktu tidur. Berikut adalah kelebihan olahraga di malam hari.

• Energi yang digunakan lebih efektif

Pada malam hari, oksigen dapat diserap lebih cepat ketimbang pagi hari sehingga penggunaan energi menjadi lebih efektif.

Waktu olahraga yang baik di malam hari juga mampu mengurangi kadar hormon perangsang rasa lapar (ghrelin) yang dapat membantu Anda mengendalikan berat badan.

• Waktu tidur menjadi lebih baik

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengangkat beban di malam hari bisa membuat kualitas dan waktu tidur Anda menjadi lebih baik. 

Akan tetapi, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena bisa meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh yang berakibat pada kesulitan tidur. 

Selain itu, jam olahraga yang baik di malam hari juga tidak boleh terlalu dekat dengan waktu tidur.

Tidak ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Hal ini karena setiap orang memiliki ritme sirkadian tubuh yang berbeda. Ritme sirkadian adalah ritme yang mengatur keadaan fisik, mental, dan perilaku seseorang dalam 24 jam.

Seseorang bisa saja merasa lebih energetik dan lebih kuat untuk berolahraga di sore hari dibandingkan dengan pagi hari, begitu juga sebaliknya. Anda bisa menentukan satu waktu yang tepat untuk olahraga sesuai dengan ritme sirkadian tubuh dan kenyamanan Anda dalam melakukannya.

Untuk memaksimalkan olahraga Anda di pagi maupun sore hari, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi multi vitamin dan mineral sebelum atau setelah olahraga. Mengonsumsi multi vitamin dan mineral sebelum berolahraga dipercaya mampu membakar kalori lebih banyak, bahkan setelah olahraga selesai.

Multi vitamin dan mineral juga diketahui dapat membuat Anda tahan berolahraga lebih lama dan pulih lebih cepat setelah berolahraga. Selain itu, juga bisa membuat Anda merasa lebih semangat dan berenergi untuk berolahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES