Glutera News

5 Hal Penyebab Tiba-Tiba Demam saat Malam Hari

Senin, 28 November 2022 - 08:58 | 1.05m
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demam adalah meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Kondisi ini bisa menandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu di dalam tubuh. Demam dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Demam adalah salah satu gejala yang dialami banyak orang ketika mereka akan terkena flu, atau ketika sistem kekebalan tubuh mulai terganggu. Demam juga bisa menjadi salah satu tanda adanya infeksi. Namun, bagaimana jika demam hanya terjadi di malam hari?

Kondisi demam merupakan suatu hal yang biasa dialami orang ketika akan terkena flu atau saat sistem kekebalan tubuh terganggu. Namun kadang kala demam yang dialami ini hanya terjadi saat malam hari.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Pada siang hari, seseorang merasa segar bugar namun tiba-tiba demam di malam hari. Selain tak sehat, demam di malam hari juga seringkali mengganggu tidur sehingga seseorang merasa lelah di pagi hari.

Gejala dan Penyebab Demam 

Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Normalnya, suhu tubuh berkisar antara 36,10C sampai 37,20C.

Demam merupakan gejala dari kondisi atau penyakit tertentu. Biasanya, demam akan disertai gejala lain dari kondisi yang mendasarinya. Beberapa gejala penyerta tersebut adalah:
•    Sakit kepala
•    Berkeringat
•    Menggigil
•    Lemas
•    Nyeri otot
•    Hilang nafsu makan

Lantas, apa yang menyebabkan demam di malam hari? Berikut adalah beberapa hal yang berkemungkinan menyebabkan demam di malam hari,

1.    Pirogen dari luar

Pirogen adalah produk bakteri yang bisa datang dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh. Pirogen bisa menyebabkan demam tinggi namun hanya di malam hari. Pirogen bisa memproduksi racun yang berbahaya untuk kesehatan kamu.

Ketika masuk ke dalam tubuh, pirogen dari luar akan membuat tubuh memproduksi pirogen sendiri. Hal inilah yang menyebabkan kondisi demam pada tubuh. Kebanyakan demam yang hanya terjadi pada malam hari disebabkan oleh pirogen ini.

2.    Infeksi saluran pernapasan atas

Pilek dan infeksi saluran pernapasan seringkali juga memiliki gejala seperti demam di malam hari. Terkadang, demam di malam hari hanya disebabkan oleh pilek biasa. Namun bisa jadi demam di malam hari juga disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan seperti laring, trakea, bronkitis, atau lainnya.

Cara untuk mengenali apakah itu hanya demam biasa atau adanya infeksi pada saluran pernapasan atas adalah dengan melihat seberapa lama demam yang dirasakan. Pilek biasa akan menyebabkan demam yang bertahan hanya beberapa hari, sementara infeksi lainnya bisa bertahan lebih lama bergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

3.    Infeksi saluran kemih

Demam juga bisa terjadi ketika kamu mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini ditandai dengan adanya rasa sakit pada saluran kemih dan adanya racun yang bisa menyebabkan demam.

Jika demam pada malam hari disebabkan oleh infeksi saluran kemih, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter. Demam karena infeksi saluran kemih tak bisa embuh begitu saja, tetapi harus diperiksakan dan disembuhkan dengan obat-obatan tertentu.

4.    Infeksi kulit

Dalam banyak kasus, demam di malam hari juga bisa disebabkan oleh infeksi kulit. Ada banyak infeksi yang bisa terjadi pada kulit dan bisa mengganggu kesehatan.

Infeksi pada kulit, misalkan dari luka dan lainnya juga biasanya menjadi penyebab demam kebanyakan orang. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera periksakan, agar infeksi segera diobati dan tidak menjadi semakin parah.

5.    Peradangan

Ketika terjadi peradangan dalam tubuh, biasanya kamu juga akan mengalami demam. Peradangan bisa terjadi sebagai reaksi alergi pada obat atau lainnya. Jika ini yang terjadi, kamu biasanya akan mengalami demam hanya di malam hari saja. Bisa jadi peradangan disebabkan oleh alergi biasa dan bukan obat.

Jika kamu mengalami demam di malam hari, kenali gejala-gejala yang menyertai. Segera periksakan diri dengan segera jika kamu merasa demam yang kamu alami tak kunjung sembuh. 

Pengobatan dan pencegahan 

Pengobatan demam disesuaikan dengan penyebabnya. Pada demam yang disebabkan oleh infeksi, dokter akan memberikan obat, seperti:
•    Obat antivirus
•    Obat antibiotik
•    Obat antijamur

Demam dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat diatasi dengan istirahat dan minum air putih yang cukup, serta mengonsumsi obat penurun demam, misalnya paracetamol.

Demam dapat dicegah hanya jika kondisi atau penyakit yang menyebabkan demam dapat dihindari. Misalnya dengan menjalani pola hidup sehat, konsumsi rutin suplemen yang lengkap dan seimbang untuk mencegah demam yang disebabkan oleh infeksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES