Glutera News

Cegah Kanker dengan Gluthatione Antioksidan Kuat dan Serat

Senin, 12 Desember 2022 - 09:38 | 70.17k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 30-40% dari semua penyakit kanker dapat dicegah dengan mengubah diet atau pola makan dan aktivitas fisik (source : who).

Kanker masih merupakan salah satu momok terbesar bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini bisa menyerang siapa saja tanpa padang bulu. Meski begitu, kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah.

Pada tahun 2018, jumlah penderita kanker di Indonesia naik dari 1,4% menjadi 1,8%. Peningkatan ini menempatkan Indonesia di urutan ke-8 dengan kasus kanker terbanyak di Asia Tenggara, dan peringkat ke-23 se-Asia. Kabar baiknya, sekitar 30–50% dari seluruh jenis penyakit kanker bisa dicegah

Penyakit kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.
Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian, karena penyakit ini umumnya tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya. Akibatnya, kondisi ini baru terdeteksi dan ditangani setelah mencapai stadium lanjut.

Penyebab kanker 

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel sehingga sel tersebut tumbuh tidak normal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Namun, bila mekanisme tersebut gagal, maka sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali.

Faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda, tergantung pada jenis kankernya. Meski demikian, tidak ada jenis kanker yang spesifik hanya dipicu oleh satu faktor.

Faktor yang diduga berisiko menyebabkan mutasi genetik pada sel-sel normal dan kegagalan tubuh untuk memperbaikinya antara lain:

• Riwayat penyakit kanker dalam keluarga
• Usia di atas 65 tahun, meski sebagian jenis kanker lebih banyak terjadi pada anak-anak 
• Kebiasaan merokok 
• Parapan radiasi, zat kimia (seperti asbes atau benzene), atau sinar matahari
• Infeksi virus, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HPV 
• Paparan hormon dalam kadar tinggi atau jangka panjang
• Obesitas
• Kurang banyak bergerak dan tidak rutin berolahraga
• Penyakit yang menyebabkan peradangan jangka panjang, seperti kolitis ulseratif.
• Daya tahan tubuh menurun, misalnya akibat menderita HIV/AIDS 

fakta-kangker.jpg

Pencegahan kanker

30-40% dari semua penyakit kanker dapat dicegah dengan mengubah diet atau pola makan dan aktivitas fisik. World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker.

1. Mencegah kanker dengan aktif bergerak

Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan banyak bergerak. Hal ini karena risiko kanker diketahui dapat meningkat jika tubuh kurang aktif digerakkan. Oleh karena itu, simak artikel ini untuk mengetahui cara mencegah kanker dengan aktif bergerak.

Pada awal tahun 2014, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Usahakan untuk berolahraga setidaknya 150 menit seminggu atau 75 menit seminggu. Kamu juga dapat melakukan kombinasi aktivitas sedang dan kuat. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian  dan lebih lama maka lebih baik.

2. Konsumsi suplemen antioksidan

Glutera GSH merupakan suplemen antioksidan yang memiliki banyak keunggulan, termasuk mencegah kanker. Bukan hanya kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dari vitamin E dan C, Glutera GSH tidak menghasilkan radikal bebas atau pro-oksidan yang baru.

Selain itu, Glutera GSH pun mempunyai keunggulan, yaitu mampu melawan berbagai jenis radikal bebas yang dapat menyerang tubuh.

Mengonsumsi suplemen Glutera GSH adalah salah satu langkah untuk menjaga tubuh supaya selalu sehat. Jadi, untuk memulai gaya hidup sehat dan dapat mencegah kanker, kamu bisa mengonsumsi Glutera GSH sebagai suplemen antioksidan tambahan. Pastikan untuk membaca informasi aturan pemakaian yang berada di kemasan untuk mengonsumsi suplemen antioksidan. Simpanlah Glutera GSH di dalam wadah tertutup dengan suhu ruangan agar tidak terkena cahaya matahari langsung.

3. Pola makan sehat

Untuk konsisten menjalankan gaya hidup sehat, setidaknya kamu berpedoman pada beberapa hal berikut:
• Makan banyak buah dan sayuran. Dasarkan diet pada buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber nabati, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
• Hindari obesitas. Makan lebih ringan dan ramping dengan memilih lebih sedikit makanan berkalori tinggi, termasuk gula halus dan lemak dari sumber hewani.
• Jika kamu harus atau sangat ingin minum alkohol, minumlah hanya dalam jumlah sedang. Risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal dan hati, meningkat dengan jumlah alkohol yang kamu minum dan lama waktu yang telah diminum secara teratur.
• Batasi daging olahan. Makan daging olahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko kanker jenis tertentu.

Lindungi Anda dan keluarga dari kanker dengan melakukan pencegahan kanker sejak dini dengan cara-cara di atas.

Penyakit kanker dapat menyerang siapa pun. Mulai dari kanker darah, seperti leukemia yang umum menyerang anak, kanker payudara yang sering menyerang wanita, dan kanker prostat pada pria. Meskipun tidak ada cara pasti yang dapat mencegah penyakit kanker, tapi beberapa pola hidup sehat dapat membantu menurunkan risiko penyakit ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES