Glutera News

Pentingnya Peregangan Setelah Olahraga

Jumat, 03 Februari 2023 - 13:22 | 153.82k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manfaat pendinginan setelah olahraga ternyata sangat penting untuk tubuh. Melakukan pendinginan setelah olahraga perlu kamu lakukan agar otot tidak cedera setelah berolahraga. Selain itu, pendinginan juga bisa meningkatkan rentang gerak otot, sehingga tidak mudah cedera.

Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah 1 atau 2 hari berolahraga. Sama seperti pemanasan, melakukan gerakan pendinginan juga tidak boleh sembarangan, karena berpengaruh terhadap otot tubuh kamu.

Manfaat pendinginan setelah olahraga sangat penting untuk menghindari cedera otot. Kamu bisa menerapkan cara pendinginan yang tepat setiap berolahraga, di mana pendinginan jenis olahraga joging tentunya berbeda dengan latihan kekuatan.

Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaat pendinginan setelah olahraga?
Mari kupas lebih jauh tentang pendinginan setelah olahraga serta berbagai manfaatnya supaya Anda rangkaian olahraga menjadi sempurna.

Manfaat peregangan setelah berolahraga

Manfaat pendinginan setelah olahraga sangat penting untuk menghindari cedera otot. Kamu bisa menerapkan cara pendinginan yang tepat setiap berolahraga

1.    Mencegah stres pada tubuh

Manfaat pendinginan setelah olahraga yang pertama adalah mencegah stres pada tubuh. Gerakan dinamis yang dilakukan selama berolahraga membuat otot-otot di dalam tubuh lebih tegang.

Apabila kamu tidak melemaskan otot tubuh dengan pendinginan usai berolahraga, mungkin akan ada risiko mengalami cedera atau rasa nyeri yang parah. Dengan meregangkan tubuh sambil mengatur napas sebelum sesi olahraga benar-benar usai, otot yang tegang karena gerakan latihan dapat kembali relaks.

Kondisi otot tubuh yang sudah tidak menegang ini akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga terhindar dari perasaan stres.

2.    Mengembalikan detak jantung ke kondisi normal

Berolahraga membuat jantung terpompa lebih cepat, apalagi saat kamu melakukan jenis olahraga aerobik. Kalau kondisi jantung yang cepat tidak dikembalikan ke kondisi normal, mungkin bisa saja muncul rasa pusing atau kehilangan keseimbangan.

Oleh karena itu, manfaat pendinginan setelah olahraga ini sangat penting untuk diterapkan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari kegiatan olahraga yang dilakukan.

3.    Mengatur laju pernapasan

Jantung yang terpompa saat berolahraga berbanding lurus dengan tarikan napas yang semakin dalam. Kondisi ini normal karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih. Manfaat pendinginan setelah olahraga juga berpengaruh terhadap hal ini.

Kamu tidak bisa membiarkan laju pernapasan terus terengah-engah seperti saat sedang berolahraga. Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan setelah berolahraga agar laju napas kembali normal seperti sebelum olahraga dimulai.

4.    Mengurangi risiko kram otot

Manfaat pendinginan setelah olahraga juga mengurangi risiko kram otot. Bagi orang-orang yang tidak melakukan pendinginan usai berolahraga, risiko untuk mengalami kram otot tergolong tinggi. Kram otot biasanya terjadi akibat salah melakukan gerakan saat olahraga.

Untungnya, risiko tersebut bisa diperkecil dengan melakukan pendinginan usai olahraga. Dengan gerakan pendinginan yang tepat, otot akan lebih relaks dan sirkulasi darah pun akan menjadi lebih optimal.

5.    Mengurangi tekanan pada sendi tubuh

Setelah berolahraga, biasanya kamu akan merasa kesulitan untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh tertentu, salah satunya sendi. Untuk mengatasi hal ini, manfaat pendinginan setelah olahraga sangatlah penting. Ini dilakukan agar ketegangan pada tubuh termasuk sendi bisa mereda secara perlahan.

Dengan pendinginan, tekanan pada sendi akan sangat berkurang. Kamu akan memiliki kemampuan untuk kembali bebas mengatur pergerakan anggota tubuh termasuk persendian.

6.    Pikiran menjadi lebih relaks

Tidak hanya merelaksasi tubuh kamu, manfaat pendinginan setelah olahraga juga dapat membuat pikiran lebih relaks. Saat melakukan pendinginan, kamu akan meregangkan tubuh dan mengatur napas dengan baik.

Hal tersebut dapat membantu kamu mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga. Selain itu, akan ada peningkatan sirkulasi oksigen yang membantu memulihkan tubuh dan pikiran kamu agar menjadi lebih rileks. Pendinginan juga bisa membantu kamu untuk relaksasi dan menghilangkan stres. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES