Glutera News

Yuk Mulai Olahraga Lagi Setelah Lebaran

Jumat, 28 April 2023 - 13:16 | 97.25k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membantu proses penurunan berat badan. Olahraga membantu membuat tubuh tetap sehat dan bugar, dan terbukti membawa banyak manfaat positif jika dilakukan dengan rutin.

Di bulan puasa hingga momen lebaran seperti ini, tak sedikit orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena biasanya, pada saat berpuasa kebanyakan orang lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah sehingga tubuh menjadi kurang bergerak.

Pada saat berpuasa, orang-orang juga cenderung tidak ingin berolahraga karena dapat membuat tubuh menjadi lemas. Hingga puncaknya pada saat lebaran, di mana makanan-makanan enak melimpah dan membuat lupa diri hingga makan berlebih dan menambah timbunan lemak di tubuh.

Untuk itu, ada baiknya untuk melakukan aktivitas fisik yang akan membantu membakar kalori dan menyingkirkan lemak perut yang berlebihan ini. Namun saat akan mulai berolahraga lagi pasca lebaran,

Pastinya, jeda waktu satu bulan tanpa olahraga membuat kamu malas-malasan untuk memulainya kembali. Nah, bagaimana memulai lagi dan mengatur waktu olahraga setelah lebaran? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Pagi menjadi waktu olahraga terbaik

Mengatur waktu olahraga penting dilakukan untuk memulai lagi aktivitas satu ini. Pagi hari selalu menjadi waktu yang paling baik untuk melakukan berbagai aktivitas fisik di luar rumah, termasuk berolahraga. Udara pagi yang masih segar dan belum banyak terkontaminasi asap kendaraan akan membuat olahraga yang kamu lakukan semakin maksimal. Tak hanya itu, kamu pun akan semakin semangat dalam menjalani rutinitas dengan kondisi tubuh yang segar dan bugar.

2. Mulailah dengan melakukan olahraga ringan

Untuk mengusir rasa malas berolahraga yang sering kali muncul, kamu bisa memulai kembali dengan melakukan olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak gerakan fisik, seperti misalnya berjalan kaki, berlari, atau bersepeda.

Olahraga murah meriah ini sangat tepat dilakukan sebagai permulaan. Kalau kamu tidak sempat, lakukan lompat tali atau skipping dan treadmill di rumah. Melakukan olahraga ringan ini bisa membantu membakar kalori yang menumpuk di bagian lengan, paha, perut, dan betis kamu.

3. Buat jadwal olahraga

Nah, tips satu ini penting untuk kamu lakukan. biasanya, tidak adanya jadwal akan membuat kamu malas-malasan dan masih setengah hati saat memulai olahraga setelah lama tidak melakukannya. Dengan adanya jadwal, kamu akan lebih bisa mengatur waktu olahraga sekaligus lebih disiplin dalam menjalankannya. Tempelkan jadwal yang kamu buat di tempat yang mudah kamu lihat. 

4. Tentukan target yang ingin dicapai

Olahraga tak hanya sebatas menggerakkan anggota tubuh. Kamu juga harus punya target yang ingin kamu capai, sehingga kamu akan lebih semangat dan termotivasi saat melakukannya. Misalnya, kamu ingin menurunkan berat badan sebanyak satu kilogram setiap minggu atau dalam waktu satu bulan. Tulis pula jenis olahraga apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai target itu.

Itu tadi beberapa cara mudah memulai lagi sekaligus mengatur waktu olahraga setelah lebaran. Supaya kesehatan dan daya tahan tubuh kamu tetap terjaga, imbangi dengan asupan makanan yang kaya akan nutrisi, ya. Jangan lupa konsumsi nutrisi yang lengkap dan seimbang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES