Glutera News

12 Keunggulan TikTok Shop dalam menjual Produk

Selasa, 15 Agustus 2023 - 07:54 | 630.39k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perusahaan TikTok mengeluarkan fitur belanja online yang dinamakan TikTok Shop. Melalui fitur yang dirilis sejak April 2021 itu, para pengguna dapat berbelanja lewat aplikasi TikTok langsung tanpa harus beralih ke aplikasi lainnya. 

Hadirnya fitur terbaru ini membuat TikTok semakin menarik karena pengguna dapat menikmati hiburan dengan menonton video singkat sambil berbelanja online.

Advertisement

Jualan online kini tidak terbatas hanya via e-commerce saja, tapi bisa juga lewat platform non e-commerce. Apa sih platform non e-commerce dengan tingkat penjualan tertinggi di Indonesia? Saat ini peringkat atas dipegang oleh TikTok Shop. Platform ini dinilai sebagai potensi yang sangat besar untuk meningkatkan bisnis dan penjualan bisnis kamu. Sebenarnya apa saja keunggulan TikTok Shop?

1.    Bisa Berjualan Live

Pengguna TikTok di Indonesia sangat banyak. Menurut survei yang dilakukan oleh Populix, 46% pengguna TikTok pernah belanja di TikTok Shop. TikTok merupakan aplikasi media sosial yang saat ini populer banget di Indonesia, karena itu potensi untuk meningkatkan bisnis pun sangat besar di sini. 

Penjual bisa berjualan secara live sehingga bisa berinteraksi langsung dengan pengguna yang lagi aktif. Calon pembeli bisa langsung bertanya tentang produknya, jadi hampir sama dengan berbelanja di toko offline. Minat beli pun lebih meningkat. 

2.    Banyak Pengguna TikTok Aktif

Seperti yang disebutkan di atas, pengguna TikTok di Indonesia saat ini sangat banyak. Bahkan pengguna TikTok di Indonesia mencapai peringkat ke-2 terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Pengguna TikTok di Indonesia bukan sekedar pengguna pasif yang buat akun lalu tidak pernah membuka aplikasinya lagi. Tapi banyak sekali pengguna aktif yang masuk ke TikTok hampir setiap hari. 

Inilah yang membuat TikTok menjadi platform social commerce yang sangat potensial untuk jualan. Banyak bisnis yang bisa mencari target market mereka di TikTok. Memang pengguna TikTok kebanyakan adalah anak muda, usia 18 tahun ke atas. 

Tapi bukan berarti tidak ada tingkat usia lainnya. Banyak pengguna yang usianya sudah lebih dewasa dari itu. Yang pasti kebanyakan penggunanya adalah usia aktif yang sudah memiliki penghasilan sendiri. jadi potensi pengguna untuk berbelanja di TikTok Shop pun lebih besar. 

3.    Ada Voucher Buat Pelanggan

TikTok Shop juga memberikan voucher belanja untuk penggunanya. Lalu apa bedanya dengan platform e-commerce yang juga pasti bagi-bagi voucher belanja? Ternyata setelah dihitung-hitung, beberapa voucher belanja di TikTok Shop potongannya lebih banyak, jadi lebih menguntungkan. Apalagi juga ada kupon gratis ongkir.

Jadi kalau di platform e-commerce hanya ada voucher gratis ongkir saja atau bisa digabungkan dengan cashback, di TikTok Shop penggunanya bisa menggabungkan voucher gratis ongkir dan voucher diskon. Kalau ditotal, jumlah diskonnya ini jadi lebih banyak dibandingkan e-commerce.

Ditambah lagi, di TikTok Shop tidak diberlakukan biaya layanan. Meskipun biaya layanan nominalnya relatif tidak seberapa, tapi tetap menambah total belanja. Nah, di TikTok Shop tak perlu khawatir soal ini karena sama sekali tidak ada biaya khusus di bagian ini. 

4.    Bisa Buat Konten Sambil Jualan

Tak bisa dipungkiri bahwa TikTok adalah aplikasi yang seru. Penggunanya yang aktif dituntut untuk selalu kreatif kalau kepingin kontennya masuk FYP. Kita bisa buat konten dengan aneka filter, suara, efek musik dan teks yang membuat eksperimen makin asyik. Trennya cepat berganti, jadi penggunanya tak sempat bosan karena selalu ada hal baru bermunculan. 

TikTok sangat sesuai dengan tren masa kini di mana orang makin ingin berekspresi dan menunjukkan karya mereka. Selain membuat konten, pengguna TikTok bisa sekalian berjualan. Jadi aktivitas jualan bisa tetap dilakukan dengan seru. 

5.    Kemudahan Pengguna 

TikTok Shop menawarkan platform yang mudah digunakan bagi para penggunanya. Dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, TikTok shop memiliki tampilan yang lebih sederhana dan ramah pengguna

Hal ini tentu Ini membuat pengguna baru lebih mudah memahami cara menggunakan platform, serta membuat pengalaman pengguna yang lebih lancar dan menyenangkan.

6.    Jangkauan Yang Lebih Besar

TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.
Dengan jangkauan yang begitu luas, TikTok shop memberikan kesempatan bagi para penjual untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Selain itu, TikTok shop juga memungkinkan penjual untuk menggunakan fitur-fitur promosi dan iklan untuk menargetkan pengguna yang lebih spesifik, sehingga memungkinkan mereka menjangkau target pasar yang lebih tepat sasaran.

7.    Faktor Viralitas

TikTok shop mengambil keuntungan dari faktor viralitas yang ada di TikTok. 
Konten TikTok yang menarik seringkali menyebar dengan cepat di platform, dan hal ini juga berlaku untuk produk yang dijual di TikTok shop.

Jika produk yang dijual di TikTok shop cukup menarik, maka peluang untuk menjadi viral di TikTok jauh lebih besar. 

Viralitas ini bisa menjadi keuntungan besar bagi penjual, karena dapat meningkatkan kesadaran merek dan membawa lebih banyak potensi pembeli ke toko mereka.

8.    Keunikan Yang Khas 

TikTok shop memungkinkan penjual untuk menampilkan produk mereka dengan cara yang unik dan mudah. 

Sebagai platform yang fokus pada video pendek, TikTok shop memungkinkan penjual untuk membuat video iklan yang menarik dan kreatif.

Dengan gaya iklan yang unik dan kreatif, produk dapat menjadi lebih menarik bagi pengguna TikTok, dan dapat membawa keuntungan yang lebih besar bagi penjual

9.    Jualan Online Lebih Mudah dengan Sistem Operasional yang Lengkap

Seller maupun digital agency Indonesia yang menangani suatu brand dapat berjualan dan mengelola bisnis kapanpun dimanapun menggunakan TikTok Shop. Dengan sistem yang informatif dan fitur promosi plus analisa bisnis yang lengkap, penggiat bisnis online bisa dengan mudah mengatur kebutuhan operasional dan evaluasi kerja bisnis di TikTok Shop.

10.    Jual-Beli Secara Aman

Alasan berikutnya mengapa Anda harus berjualan di TikTok Shop yaitu dapat melakukan transaksi jual beli secara aman. Satu hal yang penting untuk Anda ketahui mengenai TikTok Shop yaitu proses jual beli dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Karena TikTok telah menyiapkan filtrasi sendiri untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Meskipun demikian Anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan pemasaran atau pembelian produk dimanapun.   

11.    Melihat Review Produk dari Video TikTok

Ketika kamu membeli barang melalui e-commerce atau media sosial lain, biasanya kamu hanya bisa melihat review dalam bentuk foto atau tulisan. Namun dengan menggunakan TikTok Shop, kamu bisa melihat review yang sudah dibuat dalam bentuk video testimoni yang sudah dibuat oleh orang lain. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin untuk memilih sebuah produk.

12.    Menawarkan Banyak Promo Belanja

Selain irit kapasitas penyimpanan, berbelanja di TikTok Shop juga bisa membuat kamu lebih irit pengeluaran untuk berbelanja. Karena TikTok Shop menawarkan banyak sekali promo belanja sampai promo gratis ongkir yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli berbagai macam produk seperti alat olahraga, perlengkapan rumah, tas, sepatu, make up, dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES