Glutera News

Deretan Vitamin yang Bikin Kulit Makin Cantik

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:56 | 134.36k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejarah penemuan vitamin dimulai oleh Eijkman yang pertama kali mengemukakanadanya zat yang bertindak sebagai faktor diet esensial dalam kasus penyakit beri-beri. 

Pada tahun1897 ia memberikan gambaran adanya suatu penyakit yang diderita oleh anak ayam yang serupadengan beri-beri pada manusia. Gejala penyakit tersebut terjadi setelah binatang diberi makananyang terdiri atas`beras giling murni. Ternyata penyakit ini dapat disembuhkan denganmemberikan makanan sisa gilingan beras yang berupa serbuk.

Hasil penemuan yang menyatakan bahwa dalam makanan ada faktor lain yang penting selain kabohidrat, lemak dan protein sebagai energy, mendorong para ahli untuk meneliti lebih lanjut tentang vitamin, sehinggadiperoleh konsep tentang vitamin yang kita kenal sekarang. 

Pada saat ini terdapat lebih dari 20macam vitamin. Polish kemudian member nama faktor diet esensial ini dengan vitamin.Selanjutnya hasil pekerjaan Warburg tentang koenzim (1932-1935) dan kemudian penyelidikanR Kuhn dan P Kerrer menunjukkan adanya hubungan antara struktur kimia viatamin dengan koenzim.

Pengertian vitamin

Vitamin adalah sebuah zat senyawa yang kompleks yang sangat berguna dalam proses metabolisme tubuh kita. Vitamin membantu proses pengaturan kegiatan pada tubuh kita. Tanpa vitamin, maka makhluk hidup tidak bisa melakukan aktivitas serta kemungkinan untuk terserang penyakit akan sangat tinggi. 

Ada macam-macam vitamin, dan semuanya merupakan nutrisi penting yang harus Anda dapatkan setiap hari. Vitamin yang berbeda diperoleh dari jenis makanan yang berbeda pula. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi beragam makanan agar kebutuhan vitamin tetap terpenuhi. 

Berbagai jenis vitamin untuk kulit 

Ada banyak sekali vitamin kulit yang bisa didapatkan di apotek maupun toko kecantikan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, Anda perlu mengetahui vitamin apa saja yang bermanfaat untuk kulit. Berikut adalah beberapa jenis vitamin yang memiliki peran penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

Vitamin A 

Vitamin A berperan dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencegah dan membantu mengurangi kerutan di kulit, mencegah penuaan dini, dan mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV.

Jumlah asupan vitamin A yang perlu dipenuhi oleh orang dewasa adalah sekitar 600 hingga 650 mikrogram per harinya. Untuk mendapatkan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti ubi, bayam, wortel, labu, brokoli, tomat, telur, keju, yoghurt, dan hati ayam atau sapi.

Jika dirasa perlu, Anda juga bisa mencukupi asupan vitamin A dari suplemen nutrisi tambahan sesuai rekomendasi dokter.

Vitamin B

Vitamin B kompleks, seperti nicotinamide (vitamin B3) dan biotin (vitamin B7), juga tergolong sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin B berperan dalam menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, hingga memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Vitamin ini juga baik untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Guna mencukupi asupan vitamin B harian, Anda bisa mengonsumi makanan bergizi, seperti daging ayam, telur, susu, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan seafood. Selain itu, Anda juga bisa mencukupi asupan vitamin B dari suplemen nutrisi tambahan.

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan terbaik untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas, polusi, dan sinar UV. Vitamin untuk kulit ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker kulit serta penuaan dini.

Selain mengonsumsi makanan sumber vitamin C, seperti jeruk, cabe, dan brokoli, Anda juga bisa memperoleh vitamin C dari suplemen vitamin C. Jumlah asupan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 75–90 miligram.

Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan memperkuat jaringan tulang dan gigi.

Selain itu, vitamin D juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan kulit, termasuk untuk mendukung pengobatan psoriasis, mencegah jerawat, dan mengatasi peradangan atau iritasi di kulit.

Jumlah asupan vitamin D harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram. Sedangkan untuk lansia adalah sekitar 20 mikrogram.

Salah satu cara paling sederhana untuk memenuhi asupan vitamin D harian tubuh adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, vitamin untuk kulit ini juga bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Vitamin E

Hampir sama dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E diketahui bermanfaat untuk mengurangi keriput, mengatasi kulit kering, meredakan peradangan di kulit, serta mencegah dan menghilangkan bintik hitam pada kulit.

Vitamin untuk kulit ini biasanya mudah ditemukan dalam beberapa produk perawatan atau skincare kulit, baik dalam bentuk losion, krim, atau serum.

Umumnya jumlah asupan vitamin E yang perlu dipenuhi oleh orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram per hari. Vitamin untuk kulit ini bisa Anda peroleh dari berbagai makanan, seperti kacang, biji-bijian, gandum, serta minyak nabati yang sehat, seperti minyak kedelai dan minyak zaitun.

Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang berperan penting dalam membantu proses pembekuan darah dan pemulihan luka atau lebam di kulit. Selain itu, vitamin K diketahui dapat membantu berbagai kondisi kulit, termasuk bintik hitam, kantung di bawah mata, bekas luka, dan stretch mark.

Jumlah asupan vitamin K harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 55–65 mikrogram. Sedangkan untuk remaja adalah 35–55 mikrogram. Selain pada sayuran, kacang, biji-bijian, dan sereal yang diperkaya vitamin K, vitamin untuk kulit ini bisa Anda temukan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kulit dan merawat kesehatannya dengan menjauhi paparan sinar matahari berlebihan, menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di bawah terik matahari, minum air putih yang cukup, dan menggunakan pelembap serta skincare. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES