Glutera News

10 Alasan Anda Harus Memiliki Mentor dalam Mengembangkan Bisnis

Jumat, 10 Mei 2024 - 06:58 | 24.05k
Ilustrasi
Ilustrasi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di dunia ini ada 95% pengusaha membutuhkan mentor dan 5% lainnya tidak membutuhkan mentor. Menurutnya, pengusaha yang serius untuk berkembang akan menggunakan mentor dalam manajemen wirausahanya.

Sementara itu, 5% pengusaha yang tidak membutuhkan mentor disebutnya bukan tanpa sebab. Menurutnya, pengusaha yang tidak butuh mentor merupakan pengusaha yang tidak ingin berkembang dan asyik dengan zona nyamannya.

Sepertinya tidak ada pebisnis yang bisa sukses tanpa bantuan dari orang lain. Salah satu bantuan tersebut datang dalam bentuk mentorship. Bahkan Steve Jobs yang terkenal individualis pun masih membutuhkan masukan dan dukungan dari waktu ke waktu. Tidak peduli apa profesi Anda, dari mana Anda berasal, pencapaian yang telah Anda raih, mentorship dapat menjadi aset penting dalam mencapai kesuksesan Anda.

Apa Itu Mentor?

Seorang mentor adalah orang dengan pengetahuan khusus yang mungkin Anda minta untuk mendidik dan memotivasi Anda, baik dalam kehidupan pribadi Anda, karir Anda atau keduanya.

Mirip dengan pelatih dan guru, mentor membimbing orang yang kurang berpengalaman melalui proses pembelajaran dengan membangun kepercayaan dan mencontohkan perilaku positif. 

Mentor berbeda karena mereka umumnya tidak menerima pembayaran untuk layanan.

Banyak mentor memilih untuk membantu mendidik orang lain karena mereka memahami nilai kebijaksanaan dan pengetahuan mereka dan ingin menyebarkannya. Yang lain menikmati tantangan membantu orang mencapai tujuan mereka.

Bagaimana Cara Kerja Hubungan Mentor?

Sebuah bimbingan bekerja seperti kesepakatan. Tingkat formalitas tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Ketika Anda telah meluangkan waktu untuk memutuskan siapa yang ingin Anda perankan dalam peran ini, jadwalkan diskusi dengan mentor Anda untuk menyusun rincian kesepakatan.

Mengetahui berapa banyak waktu yang direncanakan orang ini untuk diinvestasikan dalam pendampingan Anda membantu memandu pertemuan di masa depan.

Bimbingan informal mungkin melibatkan panggilan, teks, atau email ke mentor Anda saat Anda membutuhkan bimbingan. Bimbingan formal mungkin memiliki jadwal yang ditentukan yang merinci tanggal dan waktu tertentu yang Anda rencanakan untuk bertemu. Apa yang Anda pilih tergantung pada situasi unik Anda.

Alasan Perlu Mencari Mentor

Berikut adalah 10 alasan mengapa Anda perlu mencari mentor untuk tujuan pribadi atau bisnis Anda:

1. Menambah pengetahuan

Mentor adalah sumber pengetahuan yang berharga. Baik Anda memulai bisnis, kembali ke perguruan tinggi, atau mengubah karier, para mentor telah mengalami pencapaian serupa.

Pilih mentor yang akan memberi Anda wawasan terbaik tentang fase kehidupan atau tingkat karier Anda saat ini. 

Karena mereka telah melaluinya, mereka akan memberikan saran tentang hal-hal seperti cara menghemat uang, mengurangi stres dan menjadi lebih efisien, misalnya, dan dapat menghubungkan pengalaman mereka dengan pengalaman Anda sendiri.

2. Kritik yang membangun

Teman dan anggota keluarga mungkin ragu untuk memberikan jenis umpan balik yang Anda butuhkan untuk membuat perubahan dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda.

Mentor menawarkan kritik membangun yang dirancang untuk memperkuat area kehidupan Anda yang membutuhkan perbaikan. Tanpa wawasan ini, pertumbuhan pribadi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dicapai.

Dorong mentor untuk memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat meningkatkan strategi Anda untuk mencapai tujuan Anda dengan lebih baik.

3. Pengembangan diri

Mentor mencari cara untuk mendorong pertumbuhan pribadi. Begitu mereka memahami keterampilan dan kemampuan Anda, mereka mungkin meminta Anda mengerjakan tugas tertentu untuk melihat seberapa baik kinerja Anda.

Berdasarkan kinerja Anda, mereka mungkin memberi Anda tantangan lain untuk menguji Anda atau memberi Anda umpan balik terperinci tentang apa yang Anda lakukan dengan baik dan apa yang dapat Anda tingkatkan. Mentor mencari momen mengajar yang membantu Anda tumbuh di sepanjang jalan.

4. Kata-kata penyemangat

Ketika Anda membutuhkan dorongan kepercayaan diri ekstra, mentor menawarkan dukungan dan kata-kata penyemangat untuk membuat Anda terus maju ketika hidup menjadi sulit.

Tanpa seorang mentor, pikiran negatif dapat menjadi lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari Anda, terutama ketika berhadapan dengan subjek atau masalah yang sulit. Dorongan positif membantu memotivasi Anda untuk terus mencoba yang terbaik, terlepas dari tantangan.

5. Memberikan batasan yang tegas

Bimbingan yang sukses didasarkan pada batasan yang mendefinisikan harapan sosial dan membuat Anda merasa aman. Mentor menciptakan batasan sehat yang menguntungkan Anda.

Misalnya, mentor membantu menetapkan prioritas, menentukan perilaku yang tidak dapat diterima, dan memberikan panduan mengenai penjadwalan kehidupan kerja yang seimbang.

Mentor membantu membawa kesadaran akan masalah apa pun yang mungkin memengaruhi kesejahteraan emosional Anda dan memberikan solusi untuk mengatasi hal negatif apa pun dengan batasan.

6. Pendapat yang tidak bias

Karena mentor memainkan peran netral dalam hidup Anda, mereka memiliki kemampuan untuk memberikan pendapat yang tidak bias tentang subjek yang Anda pedulikan.

Misalnya, jika Anda memiliki beberapa ide untuk usaha bisnis tetapi membutuhkan bantuan untuk memilih opsi terbaik, mentor adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan nasihat. Berdasarkan pengalaman masa lalu mereka, mentor memberikan pendapat yang mereka yakini paling sesuai dengan keadaan Anda.

7. Teman tepercaya

Hubungan antara mentor dan mentee harus dibangun di atas kepercayaan, kejujuran, dan transparansi. Ketika Anda membutuhkan seseorang yang dapat Anda percayai, memiliki mentor sebagai pihak ketiga yang objektif adalah sumber yang bagus.

Mentor bekerja untuk mendapatkan kepercayaan Anda dalam berbagai cara yang mencakup datang ke janji tepat waktu, mendengarkan cerita Anda, dan menjaga kerahasiaan informasi Anda.

8. Penetapan tujuan

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menetapkan dan mencapai tujuan, mentor adalah sekutu yang sempurna untuk membuat Anda tetap bertanggung jawab. Mentor Anda dapat membantu mengembangkan karir Anda dengan menetapkan tujuan baru untuk Anda dan memberikan kejelasan tentang cara mengambil tindakan.

Saat pertama kali memulai bimbingan, tuliskan daftar tujuan yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan cara yang positif. Ketahuilah bahwa ketidaknyamanan ini berasal dari rasa takut akan perubahan. Setelah Anda mencapai tujuan Anda, perhatikan bagaimana ketakutan ini berubah menjadi kegembiraan.

9. Mendapatkan Perspektif baru

Bekerja dengan seorang mentor mengubah hidup Anda karena membantu Anda memahami siapa diri Anda dan ingin menjadi apa Anda. Sementara mentor bukan terapis, mereka membantu mempromosikan perasaan kesadaran dan penemuan yang hanya datang melalui upaya sadar.

Setelah Anda mengalami hidup dengan seorang mentor, Anda mungkin ingin berbagi pengalaman Anda dengan orang lain juga, yang membantu Anda sendiri menjadi pemimpin yang lebih baik dan memberi Anda perspektif baru tentang kehidupan.

10. Koneksi jaringan

Mentor biasanya menawarkan untuk berbagi koneksi jaringan mereka dengan mentee mereka. Ketika Anda meminta bantuan seorang mentor, Anda meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kontak profesional baru, yang dapat membawa Anda ke peluang baru.

Jika mentor Anda berencana untuk menghadiri konferensi bisnis dan seminar dengan Anda, tunjukkan minat Anda untuk bertemu kontak baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES