Hukum dan Kriminal

Orang Mengaku Jajaran Polda Jatim Coba Tipu Perwira Polres Mojokerto

Jumat, 30 September 2022 - 12:20 | 24.58k
Orang Mengaku Jajaran Polda Jatim Coba Tipu Perwira Polres Mojokerto
Mako Polresta Mojokerto. (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Sejumlah perwira Polresta Mojokerto hampir menjadi korban penipuan dari penipu yang mengatasnamakan pejabat di Polda Jatim. Aksi penipuan ini memiliki modus meminta atensi yang ujung-ujungnya meminta uang dari sejumlah calon korbannya.

Pelaku penipuan melakukan aksi penipuan terhadap jajaran Kabag, Kasi, dan Kapolsek. Perwira-perwira tersebut dihubungi oleh nomor 081322081114 yang mengaku sebagai Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim dan Dirreskrimsus Polda Jatim.

Kasi Humas Polresta Mojokerto, Iptu MK Umam mengatakan, ia yang pertama kali dihubungi pelaku penipuan tersebut pada, Jumat (23/9/2022) malam. Dalam layar Handphone (HP) miliknya, nomor pelaku percobaan aksi penipuan tersebut muncul nama 'Kode Etik Tipidter POLDA'.

"Iya benar. Pertama kali, saya dihubungi malam setelah Isya. Dan yang bersangkutan awalnya menghubungi saya, telepon tidak terjawab oleh saya. Kemudian WA (WhatsApp), mail box bahasanya. Yang bersangkutan mengaku dari pejabat Polda," ungkap Umam dikonfirmasi Sabtu, (30/9/2022).

Pelaku percobaan aksi penipuan tersebut mengaku sebagai Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim. Pelaku percobaan aksi penipuan meminta nomor telepon Kapolsek Magersari, Kompol Bambang Sugiharto, dan Kapolsek Jetis, AKP Mariyanto.

"Saya sebenarnya agak curiga sedikit. Saya memberikan nomor Magersari 1 namun kemudian telepon balik ke saya, minta nomor Kapolsek yang lain. Akhirnya tidak saya kasih, saya sudah mulai curiga. Ada apa? Kemudian besok harinya, saya konfirmasi ke Kapolsek Magersari dan Jetis," katanya.

Kedua Kapolsek tersebut membenarkan pelaku menghubungi keduanya. Dikabarkan mereka minta atensi dari orang-orang yang memiliki usaha galian C di wilayah tersebut. Hal tersebut ternyata juga dialami Kasi Propam Polresta Mojokerto, Ipda Yudo Yulianto.

"Kasi Propam juga mendapatkan WA yang sama dari yang bersangkutan. WA-nya sama (isi pesan). Dia menyebut langsung sebagai Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim. Iya menyadari perwira. Untuk saat ini yang sudah saya terima laporan ada empat perwira, termasuk saya," katanya.

Kasi Humas menjelaskan, percobaan aksi penipuan tersebut tak sampai memakan korban. Lantaran empat perwira Polresta Mojokerto yang dihubungi pelaku percobaan aksi penipuan tersebut sudah curiga sehingga tidak sampai menuruti kemauan pelaku percobaan aksi penipuan.

"Alhamdulillah dari perwira di Polres Mojokerto Kota sempat sudah curiga. Intinya meminta atensi atau jatah. Setelah ditelisik ternyata dia penipu. Pejabat yang bersangkutan tidak pernah menghubungi kami. Setelah dilakukan penyelidikan, yang bersangkutan berasal dari Bandung," ujarnya.

Pelaku percobaan aksi penipuan teridentifikasi seorang pria berinisial RC (52) warga Bandung, Jawa Barat. Pelaku percobaan aksi penipuan saat berkomunikasi logat luar Jawa. Hasil pelacakan melalui nomor telepon pelaku percobaan aksi penipuan tersebut kini tengah diselidiki.

"Pas telepon itu logatnya seperti luar Jawa. Ini sedang terus diselidiki. Jadi ditegaskan ini aksi penipuan, alhamdulillah tidak ada yang menjadi korban. Jadi perlu diwaspadai supaya tidak ada korban. Kalau masyarakat yang dihubungi oleh pelaku mohon konfirmasi dulu ke kami atau yang bersangkutan," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES