Hukum dan Kriminal

Siapkan 13 Pos Pengamanan Mudik Lebaran, Polisi Juga Antisipasi Pencurian Rumah Kosong

Jumat, 05 April 2024 - 19:57 | 15.85k
Apel kesiagaan di Pos pengamanan mudik lebaran 2024. Polres Malang mensiapkan 13 pos pengamanan dan pelayanan selama masa mudik lebaran. (Foto: Humas Polres)
Apel kesiagaan di Pos pengamanan mudik lebaran 2024. Polres Malang mensiapkan 13 pos pengamanan dan pelayanan selama masa mudik lebaran. (Foto: Humas Polres)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pos pengamanan dan layanan untuk mengntisipasi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024, telah disiagakan Polres Malang

"Sejumlah 11 pos pengamanan dan layanan sudah didirikan. Langkah ini untuk memastikan keamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat di wilayah Kabupaten Malang," terang Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, Jum'at (5/4/2024). 

Dikatakan, pos-pos tersebut didirikan tersebar strategis dekat pusat mobilitas masyarakat serta titik rawan, termasuk pengamanan tempat ibadah dan tempat wisata.  

Sebanyak 11 Pos pelayanan dan pos pengamanan tersebut, diantaranya Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan (Pos Yan) Lawang, Pos Pam Kepuharjo Karangoloso, Pos Pam Tumpang, Pos Pam Pakis, Pos Pam Jalibar Kepanjen, Pos Pam Slorok Kromengan, Pos Pam Dampit, Pos Pam Bantur.

Selain itu, juga terdapat Pos Pantau Karangkates, dan Pos Pantau Kendalpayak, dan Pos Pantau Kebonagung.

"Pos pengamanan ini dibentuk untuk mengamankan perjalanan masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri di kampung halaman," kata Ipda Dicka. 

Ia menambahkan, Polres Malang juga menyiapkan mobil Pos Polisi Bergerak yang akan membantu pelayanan masyarakat dan mengatasi peningkatan volume kendaraan.

Mobil ini dilengkapi dengan perangkat modern seperti komputer, alat bantu intervensi lalu lintas, monitor CCTV, serta peralatan pemberi isyarat lalu lintas.

"Dengan mobil Pos Polisi Bergerak ini, kami dapat memberikan layanan yang dinamis dan cepat dalam mengatasi kemacetan serta memberikan informasi kepada masyarakat," tambah Ipda Dicka.

Pihak kepolisian juga telah melakukan pemetaan daerah rawan kecelakaan, kemacetan, pelanggaran lalu lintas, serta bencana. Personel ditempatkan secara strategis, guna memastikan keamanan dan ketertiban selama mudik lebaran.

"Koordinasi dengan instansi terkait juga dilakukan, dan mengerahkan Bhabinkamtibmas pada setiap desa di seluruh Kabupaten Malang untuk meningkatkan pengamanan," imbuhnya.

Dengan melibatkan Polsek jajaran beserta elemen masyarakat, kami akan melakukan patroli rutin untuk mencegah kasus pencurian di rumah kosong yang ditinggalkan pemudik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES