Hukum dan Kriminal

Belasan Motor Hilang, Polisi Ringkus Empat Pelaku Curanmor Jelang Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 17:58 | 16.17k
Konferensi pers pengungkapan kasus curanmor di Jember. (FOTO: M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Konferensi pers pengungkapan kasus curanmor di Jember. (FOTO: M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Empat pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibekuk polisi dari jajaran Satreskrim Polres Jember.

Keempatnya diringkus aparat tepat sehari sebelum Hari Raya Idulfitri atau Selasa, 9 April 2024 lalu.

Berdasarkan keterangan polisi, sindikat curanmor tersebut sudah beraksi di sebanyak 21 lokasi di wilayah Jember.

Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan bahwa dari empat pelaku yang berhasil diamankan, dua orang di antaranya merupakan residivis dalam kasus yang sama.

"Ada 4 pelaku yang berhasil diamankan, dimana 2 di antaranya yang juga pelaku utama, merupakan residivis yakni AH warga Bangsalsari 8 kali masuk LP, da JN warga Sumbersari sudah 3 kali masuk LP," rinci Bayu dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Jember, Rabu (17/4/2024).

Bayu juga menjelaskan, dari penangkapan para pelaku polisi mengamankan 18 unit kendaraan bermotor yang diduga hasil dari aksi pencurian.

Sebagian kendaraan bermotor tersebut, lanjut Bayu, telah dijual ke luar Jember seperti Pasuruan dan Probolinggo. 

Bayu juga meminta masyarakat yang merasa kehilangan kendaraannya untuk melakukan konfirmasi ke Polres Jember dan mencocokkan kendaraan yang hilang dengan yang berhasil diamankan.

"Kepada masyarakat Jember yang merasa kehilangan sepeda motor, bisa melakukan konfirmasi ke kami di Mapolres Jember. Dengan membawa bukti-bukti kepemilikan seperti STNK dan BPKB. Nanti akan kami bantu proses pengurusannya, semua gratis," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga mengapresiasi anggotanya dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat selama lebaran.

"Indikator keberhasilan dalam menjaga Kamtibmas, dilihat dari angka kriminal yang terjadi selama puasa dan lebaran, dimana angka kriminal turun. Jika tahun lalu ada 78 kasus, tahun ini turun menjadi 74 kasus," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES